Tweet |
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester :
VIII/1
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Topik : mengajak/
Mengundang
A.
KOMPETENSI INTI
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli(
toleransi,gotong royong), santun,percaya diri, dalam
berinteraksi secara
efekt dengan lingkungan social dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 :
Memahami pengetahuan (factual,konseptual, dan procedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 :
Mencoba,mengolah dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, Mengurai, merangkai, memodifikasi dan
membuat) ranah abstrak ( menulis, Membaca,menghitung,
menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang
Dipelajari disekolah dan sumber
lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR
1. KOMPETENSI DASAR
3.3 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial dari ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, meminta
ijin, serta cara responnya sesuai dengan konteks penggunaannya.
INDIKATOR:
3.3.1 menyebutkan fungsi social teks undangan
3.3.2 menyebutkan unsur kebahasaan teks undangan
3.3.3 menyebutkan struktur teks teks undangan
2.1 Menghargai perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi antar pribadi degan guru dan teman.
INDIKATOR
2.1.1 menunjukkan sikap perilaku santun dan peduli
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Diberikan teks
lisan berbentuk undangan peserta didik dapat menyebutkan secara lisan fungsi social
2.
Diberikan teks
lisan berbentuk undangan peserta didik dapat menyebutkan secara lisan unsur
kebahasaan
3.
Diberikan teks
lisan berbentuk undangan peserta didik dapat menyebutkan secara lisan struktur
teks
4.
Diberikan teks
lisan berbentuk undangan peserta didik dapat mengundang dan merespon undangan
dengan santun dan peduli
C.
MATERI
PEMBELAJARAN
Fungsi
sosial
Menjaga hubungan interpersonal
dengan guru dan teman.
Struktur
teks
Teks lisan dan tulis untuk
(b)ungkapan mengajak/mengundang
Expression to invite someone
|
Expression to accept invitation
|
Expressioon to decline invitation
|
·
Will you join
us for….?
·
Can you come to my party?
·
Could you
come to my birthday party tomorrow?
·
Would you like to come to my party?
·
Shall we have
a party?
|
· Yes certainly, I
will come
· Absolutely,
count me in
· I would very
much
· Yes, I’d love too
· Thanks!, that sounds like fun
· Sure. Thank you for
the invitation
|
· I’m sorry, I don’t think I can
· I’m very sorry.
I can’t
· Thank you very
much, but....
· I’m sorry, but…
· Thanks, but…
The
Reason
-
I must go to
the hospital
-
I have
another appoinment
|
Unsur
kebahasaan
Vocabulary : invite, come, party, dinner, lunch, tonight,
tomorrow, birthday, must, have,
Ucapan, tekanan kata, intonasi
Ejaan dan tanda baca
Tulisan tangan
Topik
Berbagai hal terkait dengan
interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran didalam maupun di
luar kelas, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin,
percaya diri dan bertanggung jawab.
E. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pendahuluan
-
Mengucapkan salam
dan berdoa
-
Memberikan
motivasi dan apersepsi
-
Menginformasi
tujuan pembelajaran
-
Menyampaikan
skenario pembelajaran
Kegiatan inti
1.
Mengamati
·
Siswa menyimak
tayangan dari video, gambar atau ungkapan yang diberikan oleh guru tentang
kalimat – kalimat instruksi.
Tahapan:
·
Siswa menemukan
kalimat – kalimat mengajak/mengundang.
·
Siswa menirukan
ungkapan kalimat – kalimat mengajak/mengundang.
·
Dengan bimbingan
dan arahan guru, siswa mempelajari kalimat – kalimat mengajak/mengundang ke
dalam kalimat (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
2.
Menanya
·
Siswa membuat
pertanyaan berkaitan dengan contoh ungkapan kalimat – kalimat
mengajak/mengundang yang disimak.
·
Guru menyampaikan
pertanyaan penuntun (leading question)
untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa tentang kalimat – kalimat
mengajak/mengundang secara kontekstual.
3.
Mengeksplor
·
Siswa mengungkapkan
kalimat – kalimat mengajak/mengundang dalam konteks role-play sesuai
dengan kartu yang diterima
·
Siswa berusaha mengungkapkan
kalimat – kalimat mengajak/mengundang dalam bahasa Inggris pada proses pembelajaran.
4.
Mengasosiasi
·
Siswa
membandingkan ungkapan kalimat – kalimat mengajak/mengundang dalam bahasa ibu
atau bahasa Indonesia.
5.
Mengomunikasikan
·
Siswa menggunakan
ungkapan kalimat – kalimat instruksi yang sudah dipelajari secara wajar setiap
bertemu dengan guru dan teman dalam kegiatan sehari-hari di dalam maupun di
luar kelas.
·
melakukan
evaluasi diri dengan menulis kendala-kendala dan hal-hal yang telah dikuasai
dalam reflektif journal.
Penutup
-
Guru dan siswa
membuat rangkuman kalimat yang telah dihasilkan
-
Melakukan
penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram
-
Memberi umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
-
Memberikan tugas,
baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil peserta didik
-
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
F. MEDIA
PEMBELAJARAN
LCD, Computer, video, cards, pictures,powerpoint
G. SUMBER BELAJAR
-
Contoh peragaan dalam bentuk powerpoint, CD
- Buku
Bahasa Inggris : When English Rings the Bell
-
Sumber dari internet : www.esllibrary.com
www.youtube , www.googleimages, www.123rf
H. PENILAIAN HASIL
BELAJAR
1. Tehnik Penilaian Sikap : Non test berupa pengamatan
langsung
2. Pengetahuan : Cloze test
3. Keterampilan : Unjuk kerja (performance)
Kemampuan Berbicara (Speaking Skill)
|
|||
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Pengucapan (Pronounciation)
|
Excellent
|
5
|
Very Good
|
4
|
||
Good
|
3
|
||
Fair
|
2
|
||
Poor
|
1
|
||
2
|
Intonasi (Intonation)
|
Excellent
|
5
|
Very Good
|
4
|
||
Good
|
3
|
||
Fair
|
2
|
||
Poor
|
1
|
||
3
|
Kelancaran (Fluency)
|
Excellent
|
5
|
Very Good
|
4
|
||
Good
|
3
|
||
Fair
|
2
|
||
Poor
|
1
|
||
4
|
Ketelitian (Accuracy)
|
Excellent
|
5
|
Very Good
|
4
|
||
Good
|
3
|
||
Fair
|
2
|
||
Poor
|
1
|
||
Cipeundeuy,
Cipeundeuy Juli 2014
Mengetahui,
Guru Bahasa Inggris
Susilowati Handayani,S.Pd
NIP
19760604200012001
No comments:
Post a Comment