RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP : SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/2
Tahun Pelajaran : 2009-2010
Waktu : 2 x 40’ (1 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
11. Membaca
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk
descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar :
11.1. Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat
sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat (Teks Deskriptif)
I. Tujuan Pembelajaran :
Menentukan berbagai informasi dari teks deskripsi
11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary berkaitan dengan my family: parents, elder sister, traveling,
place,often,ets
2. Spelling & Prononciation
3. Tujuan Komunikasi dari teks
4. Present Tense : Taken from english in focus 1,page 94 Practice 94
5. Contoh teks Deskripsi
Langkah Retorika Contoh Teks
Identification My name is Kevin, My parent’s names are Mr. and Mrs. Steward.
I have two elder sister. Their names are Jesica and Hanna.
Description We like traveling. The place that we often visit is Bali.
Almost every holiday, we go to my grandparent’s house in Bali.
He has a restaurant near Kuta Beach.
The restaurant faces directly to the beach so that the people in the
restaurant can see the sunset. The tourists like to visit my grandfather’s
restaurant.
III. Metode Pembelajaran
a. Tanya jawab
b. Diskusi
c. P-P-P
IV. Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta suasana kekeluargaan
2. Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
3. Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
4. Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan dipelajari
5. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
6. Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
b. Kegiatan Inti
1. Siswa membaca teks deskripsi selama 15 menit
2. Siswa mencari kata-kata yang sulit dalam teks
3. Siswa menemukan arti kata yang sulit
4. Siswa mempelajari tujuan komunikatif dan langkah retorika teks deskripsi
5. Siswa membahas kalimat present tense
6. Siswa menjawab pertanyaan bacaan
c. Kegiatan Akhir
1. Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang diajarkan guru
2. Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal dan telah dipahami maupun
hal2 yang dipelajari baik yg menyenangkan atau tidak menyenangkan
3. Siswa diberi tugas terstruktur untuk memamtapkan kompetensi
4. Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg disampaikan guru
5. Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan ( LKS + English in Focus 2 )
b. Gambar yang relevan
c. Kamus
VI. Tugas terstruktur
Siswa mengindetifikasi langkah retorika dari buku B.Inggris di perpustakaan
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi Penilaian
Teknik : Tes Tulis
Bentuk : Uraian
Instrumen
Menentukan berbagai informasi dari dalam teks
Answer the questions based on the text
1. What is the writer’s name?
2. How many sisters does he have?
3. What place that Kevin and his family often visit when holiday?
4. Who like traveling?
5. Where does the restaurant face directly to?
a. Rubrik Penilaian
Score Penilaian
2 Isi benar, tata bahasa benar
1 Isi benar, tata bahasa kurang tepat
0,5 Isi kurang tepat, tata bahasa kurang tepat
0 Isi salah, tata bahasa salah
b. Pedoman Penilaian
1, Tiap nomor yang benar diberi nilai 2
2. Jumlah score maksimal 2 x 5 = 10
3. Perhitungan nilai akhir adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = Perolehan score x score ideal (10)
Total score maks
No comments:
Post a Comment