Tweet |
SMP :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/1
Tahun Pelajaran :
Waktu : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
Reading
5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk
descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar :
5.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat,
lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks
berbentuk descriptive dan recount
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Menentukan gambaran umum dari teks
b. Menentukan informasi yg tersurat
c. Menentukan makna kata dari teks
d. Menentukan tujuan komunikasi dari teks
11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary berkaitan dengan Shanty’s diary
2. Spelling & Prononciation
3. Tujuan Komunikasi dari teks
4. Past Tense : I got a new friend.
5. Contoh teks
Langkah Retorika Contoh Teks
Orientation August 22nd, 2007
I got a new friend. Her name is lulu.
Event 1 I met her in my classmate’s house,Tari. She is her cousin.
Lulu is twelve years old. She has twin sister. Her name is lala. Both of them are
smart and beautiful. They can sing and dance beautifully. They also good in
playing music instruments especially organ.
Event 2 I also talked to her mother. She is the best music teacher. She has popular music
Event 2 I also talked to her mother. She is the best music teacher. She has popular music
studio. Actually I want to be singer too.
Re orientation I was very happy they become my friends because I can learn singing, dancing and
playing organ from them.Re orientation I was very happy they become my friends because I can learn singing, dancing and
III. Metode Pembelajaran
a. Tanya jawab
b. Diskusi
c. P-P-P
IV. Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta suasana kekeluargaan
2. Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
3. Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
4. Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan dipelajari
5. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
6. Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
b.Kegiatan Inti
1. Siswa membaca teks deskripsi selama 15 menit
2. Siswa mencari kata-kata yang sulit dalam teks
3. Siswa menemukan arti kata yang sulit
4. Siswa mempelajari tujuan komunikatif dan langkah retorika teks recount
5. Siswa membahas kalimat past tense
6. Siswa menjawab pertanyaan bacaan
c. Kegiatan Akhir
1. Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang diajarkan guru
2. Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal dan telah dipahami maupun
hal2 yang dipelajari baik yg menyenangkan atau tidak menyenangkan
3. Siswa diberi tugas terstruktur untuk memamtapkan kompetensi
4. Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg disampaikan guru
5. Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan ( LKS + English in Focus 2 )
b. Gambar yang relevan
c. Kamus
VI. Tugas terstruktur
Siswa mengindetifikasi langkah retorika dari buku B.Inggris di perpustakaan
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi Penilaian
Teknik : Tes Tertulis
Bentuk : Uraian
Instrumen
a. Menentukan gambaran umum dari teks
What is the teks talk about?
b. Menentukan informasi yg tersurat
Who is Santi ?
Who is Lulu ?
c. Menentukan makna kata dari teks
She has popular music ...
The underlined words mean...
d. Menentukan tujuan komunikasi dari teks
What is the purpose of the text?
f. Rubrik Penilaian
Score Penilaian
2 Isi benar, tata bahasa benar
1 Isi benar, tata bahasa kurang tepat
0,5 Isi kurang tepat, tata bahasa kurang tepat
0 Isi salah, tata bahasa salah
g. Pedoman Penilaian
1, Tiap nomor yang benar diberi nilai 2
2. Jumlah score maksimal 2 x 5 = 10
3. Perhitungan nilai akhir adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = Perolehan score x score ideal (10)
Total score maks
thanks for sharing your knowledge
ReplyDeleteMy pleasure....smg bermanfaat
ReplyDelete