RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/1
Tahun Pelajaran :
Waktu : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
Reading
5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk
descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar :
5.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat,
lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks
berbentuk descriptive dan recount
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Mengidentifikasi gagasan utama dari teks berbentuk deskripsi
b. Menentukan gambaran umum dari teks
c. Menentukan informasi yg tersurat
d. Menentukan makna kata dari teks
e. Menentukan tujuan komunikasi dari teks
11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary berkaitan dengan girrafe : mammal, tall,spots,horn,
lash,head,gallop,strong,legs
2. Spelling & Prononciation
3. Tujuan Komunikasi dari teks
4. Present Tense : A girrafe is a mammal
5. Contoh teks Deskripsi
Langkah Retorika Contoh Teks
Identification A giraffe is a mammal.
Description It’s about six meters tall. It eats leaves. It has a big brown eyes.
III. Metode Pembelajaran
a. Tanya jawab
b. Diskusi
c. P-P-P
IV. Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta suasana kekeluargaan
2. Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
3. Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
4. Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan dipelajari
5. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
6. Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
b. Kegiatan Inti (Download Power Point Teks Deskripsi KLIK DISINI)
1. Siswa membaca teks deskripsi selama 15 menit
2. Siswa mencari kata-kata yang sulit dalam teks
3. Siswa menemukan arti kata yang sulit
4. Siswa mempelajari tujuan komunikatif dan langkah retorika teks deskripsi
5. Siswa membahas kalimat present tense
6. Siswa menjawab pertanyaan bacaan
c. Kegiatan Akhir
1. Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang diajarkan guru
2. Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal dan telah dipahami maupun
hal2 yang dipelajari baik yg menyenangkan atau tidak menyenangkan
3. Siswa diberi tugas terstruktur untuk memamtapkan kompetensi
4. Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg disampaikan guru
5. Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan ( LKS + English in Focus 2 )
b. Gambar Animal Body Part---- KLIK DISINI
c. Kamus
VI. Tugas terstruktur
Siswa mengindetifikasi langkah retorika dari buku B.Inggris di perpustakaan
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik : Tes Tulis
Bentuk : Uraian Instrumen
a. Mengidentifikasi gagasan utama dari teks berbentuk deskripsi
What is the main idea of the second paragraph
b. Menentukan gambaran umum dari teks
What is the text talk about?
c. Menentukan informasi yg tersurat
What is the colour of the girrafe's spot?
d. Menentukan makna kata dari teks
It can gallops away at...
The underlined word means......
e. Menentukan tujuan komunikasi dari teks
What is the purpose of the text?
a. Rubrik Penilaian
Score Penilaian
2 Isi benar, tata bahasa benar
1 Isi benar, tata bahasa kurang tepat
0,5 Isi kurang tepat, tata bahasa kurang tepat
0 Isi salah, tata bahasa salah
b. Pedoman Penilaian
1, Tiap nomor yang benar diberi nilai 2
2. Jumlah score maksimal 2 x 5 = 10
3. Perhitungan nilai akhir adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = Perolehan score x score ideal (10)
Total score maks
createb by Susilowati Handayani
INGIN MEMBACA RPP BAHASA INGGRIS BERKARAKTER LAINNYA DENGAN BERBAGAI TEMA DAN ASPEK KEAHLIAN DIKEMAS DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG MENARIK DAN KREATIF klik disini
SMP :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/1
Tahun Pelajaran :
Waktu : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
Reading
5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk
descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar :
5.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat,
lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks
berbentuk descriptive dan recount
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Mengidentifikasi gagasan utama dari teks berbentuk deskripsi
b. Menentukan gambaran umum dari teks
c. Menentukan informasi yg tersurat
d. Menentukan makna kata dari teks
e. Menentukan tujuan komunikasi dari teks
11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary berkaitan dengan girrafe : mammal, tall,spots,horn,
lash,head,gallop,strong,legs
2. Spelling & Prononciation
3. Tujuan Komunikasi dari teks
4. Present Tense : A girrafe is a mammal
5. Contoh teks Deskripsi
Langkah Retorika Contoh Teks
Identification A giraffe is a mammal.
Description It’s about six meters tall. It eats leaves. It has a big brown eyes.
They are protected by very thick lashes. The skin has many
spots. The spots are brown. This coloring helps the giraffe from
its enemy. It also has two short horns on its head.
The giraffe has two methods of self protection. If something
The giraffe has two methods of self protection. If something
frightens an adult giraffe, it can gallop away at about fifty
kilometer per hour or stay to fight with its strong legsIII. Metode Pembelajaran
a. Tanya jawab
b. Diskusi
c. P-P-P
IV. Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta suasana kekeluargaan
2. Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
3. Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
4. Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan dipelajari
5. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
6. Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
b. Kegiatan Inti (Download Power Point Teks Deskripsi KLIK DISINI)
1. Siswa membaca teks deskripsi selama 15 menit
2. Siswa mencari kata-kata yang sulit dalam teks
3. Siswa menemukan arti kata yang sulit
4. Siswa mempelajari tujuan komunikatif dan langkah retorika teks deskripsi
5. Siswa membahas kalimat present tense
6. Siswa menjawab pertanyaan bacaan
c. Kegiatan Akhir
1. Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang diajarkan guru
2. Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal dan telah dipahami maupun
hal2 yang dipelajari baik yg menyenangkan atau tidak menyenangkan
3. Siswa diberi tugas terstruktur untuk memamtapkan kompetensi
4. Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg disampaikan guru
5. Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan ( LKS + English in Focus 2 )
b. Gambar Animal Body Part---- KLIK DISINI
c. Kamus
VI. Tugas terstruktur
Siswa mengindetifikasi langkah retorika dari buku B.Inggris di perpustakaan
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik : Tes Tulis
Bentuk : Uraian Instrumen
a. Mengidentifikasi gagasan utama dari teks berbentuk deskripsi
What is the main idea of the second paragraph
b. Menentukan gambaran umum dari teks
What is the text talk about?
c. Menentukan informasi yg tersurat
What is the colour of the girrafe's spot?
d. Menentukan makna kata dari teks
It can gallops away at...
The underlined word means......
e. Menentukan tujuan komunikasi dari teks
What is the purpose of the text?
a. Rubrik Penilaian
Score Penilaian
2 Isi benar, tata bahasa benar
1 Isi benar, tata bahasa kurang tepat
0,5 Isi kurang tepat, tata bahasa kurang tepat
0 Isi salah, tata bahasa salah
b. Pedoman Penilaian
1, Tiap nomor yang benar diberi nilai 2
2. Jumlah score maksimal 2 x 5 = 10
3. Perhitungan nilai akhir adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = Perolehan score x score ideal (10)
Total score maks
createb by Susilowati Handayani
INGIN MEMBACA RPP BAHASA INGGRIS BERKARAKTER LAINNYA DENGAN BERBAGAI TEMA DAN ASPEK KEAHLIAN DIKEMAS DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG MENARIK DAN KREATIF klik disini
Semoga bermanfaat...
ReplyDeleteBisa minta kuncinya kk?
DeleteBisa minta kuncinya kk?
DeleteMba ko ga ada kunci jawabannya ya?
ReplyDeleteKk bisa minta kunci jawabannya?
ReplyDeleteKk bisa minta kunci jawabannya?
ReplyDeleteKk bisa minta kunci jawabannya?
ReplyDeleteKk bisa minta kunci jawabannya?
ReplyDeleteKk bisa minta kunci jawabannya?
ReplyDeleteKk bisa minta kunci jawabannya?
ReplyDeleteHy kk..
ReplyDeleteBisa saya minta kunci jawabannya?
Kk bisa sy minta kunci jwbannya?
ReplyDeleteKk bisa sy minta kunci jwbannya?
ReplyDelete