| Tweet | 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP                                                  :
SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran                               : Bahasa Inggris
Kelas     /
Semester                         : VIII/2
Tahun Pelajaran                              : 2012-2013
Waktu                                               :
2 x 40’ (1 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
    Reading
11.         
Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount,
dan narrative  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar :
11.1       Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek
sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan
sekitar berupa pengumuman
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a.      
Menentukan gambaran umum dari teks`pengumuman
b.     
Menentukan informasi  rinci
c.      
Menentukan makna kata dari teks
d.     
Menentukan tujuan komunikasi dari teks
Karakter siswa yang
diharapkan:
1.      
Dapat di percaya ( Trustworthines)
2.      
Rasa Hormat dan Perhatian (Respect)
3.      
Tekun (Diligence)
4.      
Bertanggung Jawab (Responsibility)
5.      
Berani (Courage)
11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary berkaitan dengan School Competition Announcement
| 
   
Noun 
 | 
  
   
Adjectives 
 | 
  
   
adverb 
 | 
 
| 
   
Sport, English, art, Arabic Kaligrafi, basketball,
  competition, futsal, 
 | 
  
   
Beautifully, strong, best, colorful, original, 
 | 
  
   
Place, time, date, day, tomorrow,  
 | 
 
| 
   
Winner, students,class, activity 
 | 
  
   
Verb 
Winner, held, represent, send, follow,participate, open,
  play, 
 | 
  
   | 
 
3. Tujuan Komunikasi dari teks : To infrom/ to announce
4. Present Tense
5. Contoh teks pengumuman
| 
   
For all Junior high school students 
 | 
 
| 
   
POSTER
  COMPETITION 
Friday, May 21-23 2013 
1324 School Hall , 11 a.m – 1.p.m 
 | 
 
| 
   
Your Poster must be : 
-         
  Original 
-         
  Colorful 
Theme: 
·        
  Say
  No to Drug 
·        
  Live
  in Healthy Living 
Judegest: 
Miss. Susi Hanara 
Miss. Dede Smith 
Mr. Ken Watanabe 
 | 
 
III. Metode
Pembelajaran
a.      
Tanya jawab
b.     
Diskusi
c.      
P-P-P
IV.  Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.      
Kegiatan Pendahuluan (Eksplorasi)
1.      
Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta
suasana kekeluargaan
2.      
Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
3.      
Berpartisipasi aktif dalam proses  pembelajaran
4.      
Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
5.      
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang
akan dicapai
6.      
Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
b.     
Kegiatan Inti ( Elaborasi)
1.      
Siswa membaca teks  pengumuman selama 15 menit
2.      
Siswa mempelajari tujuan komunikatif dan langkah
retorika teks pengumuman yang dijelaskan oleh guru
3.      
Siswa mempelajari kalimat2 dalam teks pengumuman
4.      
Siswa mempelajari kata-kata yang kunci dalam
teks untuk menentukan gambaran umum,dan  informasi rinci 
5.      
Siswa mencari kata-kata yang sulit dalam teks
6.      
Siswa menemukan arti kata yang sulit
7.      
Siswa menjawab pertanyaan bacaan
c.      
        Kegiatan Akhir (Konfirmasi)
1.      
Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang
diajarkan guru
2.      
Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal
dan telah dipahami maupun hal2 yang dipelajari baik yg menyenangkan atau tidak
menyenangkan
3.      
Siswa diberi tugas terstruktur untuk memamtapkan
kompetensi 
4.      
Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg
disampaikan guru
5.      
Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada pertemuan
berikutnya.
V.    Sumber dan Media Pembelajaran
       a. Buku teks relevan ( LKS
+ English in Focus 2 )
       b. Kamus
VI.  Tugas terstruktur
        Siswa menentukan gambaran
umum , informasi rinci, tujuan komunikasi, dan makna kata dari teks Announcement
( English in Focus)
VII. Penilaian
| 
   
Indikator Pencapaian 
Kompetensi 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk 
 | 
  
   
Instrumen 
 | 
 |
| 
   
a.      
  Menentukan gambaran umum dari teks 
b.     
   Menentukan informasi rinci 
c.      
  Menentukan tujuan komunikasi 
d.     
  Menentukan informasi tersirat 
 | 
  
   
Tes Tulis 
 | 
  
   
Essay 
 | 
  
   
1.      
  What is the text
  talk about? 
2.      
  Who is Mr. Ken
  Watanabe? 
3.      
  How must be your
  poster? 
4.      
  What are the theme?\ 
5.      
  When the competition
  will be held? 
6.      
  What is the purpose
  of the text 
7.      
  How long the
  competition will be held? 
8.      
  Can the senior high
  school participate in the competition? 
 | 
 
- Pedoman Penilaian
 
1, Tiap nomor yang
benar diberi nilai 12,5
2. Jumlah score
maksimal 12,5 x 8 = 100
3. Perhitungan
nilai akhir adalah sebagai berikut:
    Nilai akhir =  Perolehan score  x score ideal (10)
                               Total score maks
                                                                                Created by   Susilowati
Handayani,S.Pd
I'm a college student who is practicing teaching in a village. Well... I'm really glad to see your teachng plan. If you dont mind, I wanna copy yours for teaching plan sample. so, I just edit it a bit ^_^.
ReplyDeletethank you for sharing. . .