RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP :
SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas /
Semester : VIII/2
Tahun Pelajaran : 2013-2014
Waktu :
2 x 40’ (1 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
Speaking
10. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar :
10.1
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berupa notice.
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a.
Mengungkapkan
tujuan komunikasi dari teks
1.
Dapat di percaya ( Trustworthines)
2.
Rasa Hormat dan Perhatian (Respect)
3.
Tekun (Diligence)
4.
Bertanggung Jawab (Responsibility)
5.
Berani (Courage)
11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary yang berkaitan :
Contoh Notice prohibited (-)
|
kosakata
|
kosakata
|
kosakata
|
|||||||||
No Smoking
No Parking
Do not enter
Do not touch
No littering
Keep silent,
Flash after use
|
Public places, hospital, school, street,
garden, mountain, beach, forest, zoo, etc
People, Visitor, driver, student,Pedestrian
|
Prohibited
Forbidden
May not
Can not
Don’t allow
Don’t permitted
|
Should
Must be
Ought to
Need to
Have to
careful
|
3. Tujuan Komunikasi dari teks
4. Present Tense
People
don’t allow to smoke, drivers
forbidden to stop
People should throw the rubbish into the dustbin
Student must be silent during the
examination
III. Metode
Pembelajaran
a.
Tanya jawab
b.
Diskusi
c.
P-P-P
IV. Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan (Eksplorasi)
1.
Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta
suasana kekeluargaan
2.
Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
3.
Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
4.
Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
5.
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang
akan dicapai
6.
Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
b.
Kegiatan Inti ( Elaborasi)
1.
Siswa dibagi menjadi 8 kelompok
2.
Siswa mendengarkan aturan main selama KBM
berlangsung
3.
Tiap kelompok menyebutkan contoh notice
sebanyak2nya
4.
Siswa mendengarkan penjelasan guru cara menentukan
tujuan komunikasi notice prohibited /warning(-)
5.
Tiap kelompok menyebutkan kosakata tempat dan
target dari notice/warning
6.
Tiap kelompok menyebutkan kosakata untuk notice
prohibited (-)
7.
Tiap kelompok mendapat satu gambar notice
prohibited
8.
Tiap kelompok mengungkapkan kalimat
tujuan komunikasi
9.
Siswa mendengarkan penjelasan guru cara
menentukan tujuan komunikasi notice (+)
10.
Tiap kelompok menyebutkan kosakata untuk notice
/caution(+)
11.
Tiap kelompok mendapat satu gambar notice
/caution (+)
12.
Tiap kelompok mengungkapkan kalimat
tujuan komunikasi
13.
Tiap kelompok membuat kesimpulan
c.
Kegiatan Akhir (Konfirmasi)
1.
Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang
diajarkan guru
2.
Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal
dan telah dipahami maupun hal2 yang dipelajari baik yg menyenangkan atau tidak
menyenangkan
3.
Siswa diberi tugas terstruktur untuk memamtapkan
kompetensi
4.
Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg
disampaikan guru
5.
Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya.
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan ( LKS
+ English in Focus 2 )
b. Kamus
c. 16 gambar
notice
VI. Tugas terstruktur
Siswa menentukan tujuan komunikasi notice/warning (terlampir)
Aspek
|
Skor
|
Uraian
|
Pengucapan
Tata Bahasa
Kosakata
Kelancaran
Pemahaman
|
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
|
Mudah dipahami walaupun dengan aksen tertentu
Ada masalah pengucapan yang membuat pendengar
harus konsentrasi penuh dan kadang-kadang ada kesalahpahaman
Sulit dipahami karena ada masalah pengucapan,
sering diminta mengulang.
Sering terdapat masalah pengucapan sehingga
tidak dapat dipahami
Kadang-kadang membuat kesalahan tata bahasa
tetapi tidak mempengaruhi makna.
Sering membuat kesalahan tata bahasa yang
mempengaruhi makna.
Banyak kesalahan tata bahasa yang menghambat
makna dan sering menata ulang kalimat.
Kesalahan tata bahasa begitu parah sehingga
sulit dipahami.
Kadang-kadang mengucapkan kosa kata yang tidak
tepat dan harus menjelaskan gagasan karena kosa kata tidak memadai.
Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
percakapan menjadi terbatas karena keterbatasan kosa kata.
Menggunakan kosakata secara salah dan kosakata
terbatas sehingga sulit dipahami.
Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan
tidak mungkin terjadi.
Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah
bahasa.
Kesalahan agak banyak terganggu oleh masalah bahasa.
Sering ragu-ragu dan terhenti karena
keterbatasan bahasa.
Terputus-putus dan terhenti sehingga
percakapan tidak mungkin terjadi.
Memahami hampir semuanya walau ada pengulangan
pada bagian tertentu
Memahami sebagian besar apa yang dikatakan
bila bicara agar diperlambat walau ada pengulangan.
Susah mengikuti apa yang dikatakan Hanya
memahami percakapan yang bersifat sosialisasi dengan bicara lambat dan banyak
pengulangan.
Tidak bisa memahami walaupun percakapan
sederhana
|
No comments:
Post a Comment