RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP                                                    :
SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran                                 : Bahasa Inggris
Kelas     /
Semester                           : VIII/2
Tahun Pelajaran                                : 2013-2014
Waktu                                                 :
2 x 40’ (1 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
    Speaking
10.  Mengungkapkan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar :
10.1    
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berupa notice.
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a.      
Mengungkapkan
 tujuan komunikasi dari teks
1.      
Dapat di percaya ( Trustworthines)
2.      
Rasa Hormat dan Perhatian (Respect)
3.      
Tekun (Diligence)
4.      
Bertanggung Jawab (Responsibility)
5.      
Berani (Courage)
11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary yang berkaitan :
| 
Contoh Notice prohibited (-) | 
kosakata | 
kosakata | 
kosakata | |||||||||
| 
No Smoking 
No Parking 
Do not enter 
Do not touch 
No littering 
Keep silent,  
Flash after use | 
Public places, hospital, school, street,
  garden, mountain, beach, forest, zoo, etc 
People, Visitor, driver, student,Pedestrian | 
Prohibited 
Forbidden 
May not 
Can not 
Don’t allow 
Don’t permitted | 
Should 
Must be 
Ought to 
Need to 
Have to 
careful | 
3. Tujuan Komunikasi dari teks
4. Present Tense
    People
don’t  allow to smoke,  drivers 
forbidden to stop
   
People should throw the rubbish into the dustbin
   
Student must  be silent during the
examination
III. Metode
Pembelajaran
a.      
Tanya jawab
b.     
Diskusi
c.      
P-P-P
IV.  Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.      
Kegiatan Pendahuluan (Eksplorasi)
1.      
Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta
suasana kekeluargaan
2.      
Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
3.      
Berpartisipasi aktif dalam proses  pembelajaran
4.      
Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
5.      
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang
akan dicapai
6.      
Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
b.     
Kegiatan Inti ( Elaborasi)
1.      
Siswa dibagi menjadi 8 kelompok
2.      
Siswa mendengarkan aturan main selama KBM
berlangsung
3.      
Tiap kelompok menyebutkan contoh notice
sebanyak2nya
4.      
Siswa mendengarkan penjelasan guru cara menentukan
tujuan komunikasi notice prohibited /warning(-)
5.      
Tiap kelompok menyebutkan kosakata tempat dan
target dari notice/warning
6.      
Tiap kelompok menyebutkan kosakata untuk notice
prohibited (-)
7.      
Tiap kelompok mendapat satu gambar notice
prohibited
8.      
Tiap kelompok mengungkapkan kalimat
tujuan komunikasi
9.      
Siswa mendengarkan penjelasan guru cara
menentukan tujuan komunikasi notice (+)
10.  
Tiap kelompok menyebutkan kosakata untuk notice
/caution(+)
11.  
Tiap kelompok mendapat satu gambar notice
/caution (+)
12.  
Tiap kelompok mengungkapkan kalimat
tujuan komunikasi
13.  
Tiap kelompok membuat kesimpulan
c.      
        Kegiatan Akhir (Konfirmasi)
1.      
Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang
diajarkan guru
2.      
Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal
dan telah dipahami maupun hal2 yang dipelajari baik yg menyenangkan atau tidak
menyenangkan
3.      
Siswa diberi tugas terstruktur untuk memamtapkan
kompetensi 
4.      
Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg
disampaikan guru
5.      
Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya.
V.    Sumber dan Media Pembelajaran
       a. Buku teks relevan ( LKS
+ English in Focus 2 )
       b. Kamus
 c. 16 gambar 
notice
VI.  Tugas terstruktur
        Siswa menentukan tujuan komunikasi  notice/warning (terlampir)
| 
Aspek | 
Skor | 
Uraian | 
| 
Pengucapan 
Tata Bahasa 
Kosakata 
Kelancaran 
Pemahaman | 
4 
3 
2 
1 
4 
3 
2 
1 
4 
3 
2 
1 
4 
3 
2 
1 
4 
3 
2 
1 | 
Mudah dipahami walaupun dengan aksen tertentu 
Ada masalah pengucapan yang membuat pendengar
  harus konsentrasi penuh dan kadang-kadang ada kesalahpahaman 
Sulit dipahami karena ada masalah pengucapan,
  sering diminta mengulang. 
Sering terdapat masalah pengucapan sehingga
  tidak dapat dipahami 
Kadang-kadang membuat kesalahan tata bahasa
  tetapi tidak mempengaruhi makna. 
Sering membuat kesalahan tata bahasa yang
  mempengaruhi makna. 
Banyak kesalahan tata bahasa yang menghambat
  makna dan sering menata ulang  kalimat. 
Kesalahan tata bahasa begitu parah sehingga
  sulit dipahami. 
Kadang-kadang mengucapkan kosa kata yang tidak
  tepat dan harus menjelaskan gagasan karena kosa kata tidak memadai. 
Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
  percakapan menjadi terbatas karena keterbatasan kosa kata. 
Menggunakan kosakata secara salah dan kosakata
  terbatas sehingga sulit dipahami. 
Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan
  tidak mungkin terjadi. 
Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah
  bahasa. 
Kesalahan agak banyak  terganggu oleh masalah bahasa. 
Sering ragu-ragu dan terhenti karena
  keterbatasan  bahasa. 
Terputus-putus dan terhenti sehingga
  percakapan tidak mungkin terjadi. 
Memahami hampir semuanya walau ada pengulangan
  pada bagian  tertentu 
Memahami sebagian besar apa yang dikatakan
  bila bicara agar diperlambat walau ada pengulangan. 
Susah mengikuti apa yang dikatakan Hanya
  memahami percakapan yang bersifat sosialisasi dengan bicara lambat dan banyak
  pengulangan. 
Tidak bisa memahami walaupun percakapan
  sederhana | 
No comments:
Post a Comment