IMPROVING
STUDENTS’ WRITING ABILITY THROUGH
COLLABORATIVE WRITING IN LEARNING RECOUNT TEXT FOR EIGHTH GRADE STUDENT OF
SMPN 2 CIPEUNDEUY
Susilowati Handayani
A.
LATAR BELAKANG
Saat ini Bahasa Inggris adalah bahasa utama komunikasi
antarbangsa. Selain digunakan sebagai media untuk berkomunikasi juga digunakan
untuk menguasai teknologi. Selain itu, Bahasa Inggris merupakan alat untuk
berkomunikasi secara lisan dan tulis. Kemampuan berkomunikasi adalah kemampuan
menghasilkan teks lisan dan tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan
berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keempat
keterampilan inilah yang digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa
Inggris baik ditingkat SMP maupun tingkat SMA agar lulusan mampu berkomunikasi
dalam bahasa Inggris
Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan
yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun demikian pada keterampilan ini
peserta didik belum menampakkan hasil yang memuaskan. Pada tingkat SMP ,salah
satu KD yang harus dicapai oleh siswa kelas 8 adalah Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
tentang
tindakan/kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu lampau,
dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. Dalam
pembelajaran untuk mencapai KD tersebut penulis telah melakukan proses pembelajaran dan
menemukan
bahwa pembelajaran berlangsung secara pasif dan
membosankan karena tidak menggunakan model pembelajaran ,penulis cenderung memberikan focus pada aspek
teori dan mendominasi kelas, pembelajaran menjadi tidak efektif dan KKM yang
diharapkan tidak tercapai.
Beberapa
masalah di atas memotivasi penulis untuk membuat penelitian dengan strategi
penerapan model collaborative writing karena dengan model pembelajaran tersebut
siswa akan dapat berlatih menulis dalam
proses pembelajaran yang berlangsung menarik dan menyenangkan. Oleh karena itu
penelitian ini mendesak untuk dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa.
Berdasarkan hal
tersebut, saya membuat Penelitian Tindakan Kelas dengan Judul
“MENINGKATKAN
KEMAMPUAN MENULIS TEKS RECOUNT DENGAN COLLABORATIVE WRITTING PADA SISWA KELAS 8
SMPN 2 CIPEUNDEUY”
B.
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan pada latar belakang masalah , perumusan
masalahnya adalah sebagai berikut
1.
“Apakah dengan proses pembelajaran menggunakan
model collaborative writting dapat meningkatkan kemampuan menulis teks recount pada siswa kelas 8 SMPN 2
Cipeundeuy?
2.
“ Jika bisa bagaimana model collaborative
writing tersebut direalisasikan dalam proses pembelajaran?
C.
TUJUAN PENELITIAN
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam PTK ini adalah
sebagai berikut:
1.
Mengembangkan kemampuan siswa dalam menyusun
teks recount
2.
Mengembangkan model pembelajaran yang efektif,
efisien dan menyenangkan
D.
MANFAAT PENELITIAN
1.
Bagi Guru
Mengembangkan model pembelajaran yang efektif,
efisien, dan menyenangkan yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses
pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis
Membantu meningkatkan kualitas profesionalisme guru.
2.
Bagi Siswa
Meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks
recount
Meningkatkan rasa senang dan motivasi belajar
Meningkatkan keaktifan, kreativitas dan hasil belajar
siswa yang lebih tinggi
3.
Bagi Sekolah
Melalui model pembelajaran collaborative writing
membantu memperbaiki pembelajaran Bahasa Inggris di SMPN 2 Cipeundeuy.
E.
LANDASAN TEORITIS
1.
Teks Recount
Teks recount adalah jenis teks yang menceritakan
kejadian atau peristiwa yang terjadi dimasa lalu.
2.
Collaborative Writing
Menurut Jacob (1999:13) Collaborative writing sebagai
suatu strategi pembelajaran yang melibatkan siswa dalam aktivitas kelompok
kecil (minimal dua orang) yang masing2 mempunai tk kemampuan yang tidak sama utk
meningkatkan pnguasaan mereka terhadap pelajaran. Masing-masing anggota
kelompok tidak hanya ;bertanggung jawab membantu teman kelompoknya untuk
belajar dan memahami pelajaran yang mereka dapatkna.
3.
Karakteristik peserta didik kelas 8
F.
METODE PENELITIAN
1.
Subject Penelitian
Penelitian ini akan melibatkan 40 siswa kelas 8G
2.
Lokasi Penelitian
Penelitian ini akan diadakan di SMPN 2 Cipeundeuy yang
terletak di Jl.Cinangsi Desa Nanggeleng Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Bandung
Barat
3.
Waktu
Waktu ini dilaksanakan selama 3 bulan
G.
PROSEDUR PENELITIAN
Prosedur ini akan dilaksanakan dalam 3 siklus
Siklus 1
1.
Perencanaan
Mencari materi, memuat rpp, memberikan pretest
2.
Tindakan atau perlakuan
Menerapkan model pembelajaran collaborative writing
3.
Refleksi
Melakukan analisis dan diskusi
Siklus 2
1.
Perencanaan
Memperbaiki RPP, Mengevaluasi hasil refleksi, mendiskusikan dan mencari
upaya perbaikan
2.
Tindakan
Melaksanakan tindakan perbaikan dengan menggunakan
penerapan model belajar
3.
Refleksi
Melakukan analisis dan diskusi
Siklus 3
4.
Perencanaan
Mengevaluasi hasil refleksi, mendiskusikan dan mencari
upaya perbaikan
5.
Tindakan
Melaksanakan tindakan perbaikan dengan menggunakan
penerapan model belajar
6.
Refleksi
Menganalisis temuan dan hasil akhir penelitian dan menyusun
rekomendasi
Siklus 3
1.
Menganalisa hasil dan refleksi
H. JADWAL PENELITIAN
Penelitian ini akan diadakan pada
semester 1 tahun pelajaran 2014-2015,
dari bulan Januari sampai dengan bulan
Maret.
useful for us...
ReplyDelete