By : Ali Abdurochman
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaraan
Sekolah                        : SMP Negeri 1 Cibugel
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : VII/ 1
Materi Pokok               : Teks lisan dan tulis sederhana
untuk perkenalan diri dan responnya
Alokasi Waktu             : 2 JP ( 2 X 40 Menit )
A. Kompetensi Inti
| 
KI 1 | 
: | 
Menghargai dan menghayati
  ajaran agama yang dianutnya | 
| 
KI 2 | 
: | 
Menghargai dan
  menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,   peduli (toleransi, gotong royong), santun,
  percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
  alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. | 
| 
KI 3 | 
: | 
Memahami
  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
  tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
  dan kejadian tampak mata. | 
| 
KI 4 | 
: | 
 
 
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
| 
Kompetensi Dasar | 
Indikator | |
| 
3.2 | 
Memahami fungsi sosial,
  struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri, serta
  responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya. | 
·     
  Mendapatkan informasi tentang ungkapan perkenalan diri serta
  responnya  
·     
  Menentukan ungkapan perkenalan diri dan responnya 
·     
  Mendapatkan informasi tentang struktur teks perkenalan diri | 
| 
4.2 | 
Menyusun
  teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan,   menanyakan, dan merespon perkenalan diri,
  dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
  struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. | 
·      Melafalkan ungkapan
  perkenalan diri  
·      Merespon ungkapan
  perkenalan diri dari orang lain 
·      Mendemonstrasikan dialog
  perkenalan diri dan memperkenlkan orang lain 
·     
  Membuat teks dialog sederhana tentang perkenalan diri dengan
  memperhatikan struktur dan unsur bahasa secara benar | 
| 
2.1 | 
Menunjukkan
  perilaku
  santun dan peduli dalam melaksanakan
  komunikasi interpersonal dengan guru
  dan teman. | 
·      Santun dalam melakukan
  komunikasi dengan guru/teman | 
C. Tujuan Pembelajaran : 
1. Diberikan peragaan
percakapan/monolog ungkapan perkenalan diri serta responnya, siswa dapat: 
1.   
Mendapatkan informasi tentang fungsi teks, struktur
bahasa, dan unsur bahasa yang berkaitan dengan ungkapan perkenalan diri
2.   
mendemonstrasikan ungkapan perkenalan diri.
2.     
Diberikan percakapan acak dan teks rumpang tentang
perkenalan diri, siswa dapat :
1.     
menyusun dan mengungkapkan teks tulis dan lisan
sederhana untuk menyatakan,  menanyakan,
dan merespon perkenalan diri serta menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
percaya diri, bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi.
2.     
Melengkapi teks rumpang perkenalan diri dengan benar
D. Materi
Pembelajaran : 
1. Fungsi Sosial :
Memperkenalkan diri untuk menjalin hubungan interpersonal dengan guru dan
teman.
2. Struktur Teks :
Myname is ..., 
I’m ..., 
I live in ... , 
What’s your name?, 
Where do you live?, 
Nice  to meet
you, 
How do you do, ... dan semacamnya.
a. Pendahuluan            :  Salam pembuka
b. Isi                            :  Perkenalan diri kepada orang lain
c. Penutup                   :  Salam
penutup
3.
Unsur Bahasa : 
·        
Personal pronoun        :  I, You, He, She,
They, We
·        
Possesive pronoun       :  My, your, his, she,
their, our
·        
Intonasi                       
·        
Pronounciation            
4. Contoh Ungkapan :
a.    Pendahuluan
:
Good morning
Hello
Hi
I would like to
introduce myself
This is Iwan
How do you do
b.    Isi
My name is Jamal
Mirtad
This is my
friend, Iwan
He is from
Jakarta
He is a student
in our school
His hobby is
reading Quran
c.    Penutup
Nice to meet you
See you
See you later
5. Contoh Teks
Introduction 
(Diadaptasi dari Buku Siswa Kelas
VII “When English Rings a Bell” Hal. 25)
(Diadaptasi
dari http://www.pinasacademy.com/material_kids)
Teks Introducting
Others :
A: Hi, Rika. This is my friend, Gina. 
B: Hi, Gina. Nice to meet you. 
C: Hi, Rika. Nice to meet you too. 
B: Where are you from? 
C: I'm from Brazil. 
B: Ow, Welcome to Indonesia. 
C: Yes, your country is very beautiful.
 
(Diadaptasi
dari Buku Siswa Kelas VII “When English Rings a Bell” Hal. 28)
(Diadaptasi dari http://www.eltnews.com/columns/david_lisgo/FO2%20Self%20Introduction.gif)
E.       Metode
Pembelajaran :
Scientific Learning
F.       
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media                   :
Slide Powerpoint, Gambar, Video percakapan perkenalan diri
Alat & Bahan       :
Infocus, White board, Board marker
Sumber belajar     :
Buku Paket Siswa kelas VII “When English Rings a Bell” , Gambar.
G.     
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
| 
Agenda
  Pembelajaran | 
Kegiatan | 
Alokasi
  waktu | 
| 
Pendahuluan | 
a.   
  Mengucapkan
  salam, menyapa siswa, mengecek kehadiran siswa dan berdoa. 
b.    Memberikan motivasi dan apersepsi tentang materi
  pertemuan sebelumnya tentang : greeting, thanking, take leaving, apologizing 
c.    Menginformasikan tujuan pembelajaran. | 
10 Menit   | 
| 
Inti (Observing) | 
a.   
  Menampilkan/menyajikan
  video/rekaman tentang interaksi perkenalan diri. 
b.    Guru mencatat/menilai aspek sikap dan kesungguhan/keaktifan
  siswa. 
c.    Guru memberikan contoh/model interaksi perkenalan
  diri. | 
10 Menit | 
| 
Questioning | 
Dengan bimbingan dan
  arahan guru,  siswa : 
a.   
  menanyakan atau mempertanyakan antara lain
  perbedaan antara ungkapan perkenalan diri dalam bahasa Inggris, perbedaan
  ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
  ungkapan lain. 
b.   
  siswa menanyakan
  atau mempertanyakan ciri-ciri interaksi
  perkenalan diri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan)     | 
10 Menit | 
| 
Exploring | 
a.    Secara
  individu siswa berlatih mendemonstrasikan untuk memperkenalkan diri 
b.    Siswa
  dibagi dalam kelompok dengan 3 orang anggota, kemudian diminta melengkapi
  teks rumpang tentang memperkenalkan orang lain. 
c.    Masih
  dalam kelompok, siswa berlatih memperkenalkan orang lain dalam kelompok
  tersebut baik secara lisan maupun tulisan. 
d.   Guru mengamati dan menilai
  siswa yang melakukan role-play dan
  kegiatan lain yang terstruktur | 
15 Menit | 
| 
Associating | 
a.    
   Membandingkan ungkapan greeting,
  leave-taking, dan perkenalan diri (introducing ourselves) yang
  telah 
      dipelajari
  dengan teks meperkenalkan orang lain (introducing to others) yang
  sedang dipelajari. 
b.    
  Membandingkan beberapa teks memeperkenalkan orang lain (introducing
  to others) dari sumber atau buku yang berbeda. 
c.     Membandingkan ungkapan memeperkenalkan orang lain (introducing
  to others) dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia | 
15 | 
| 
Communicating | 
a.      
  Meminta siswa
  secara berkelompok memperkenalkan orang lain dengan bahasa Inggris di depan
  kelas. 
b.     
  Guru meminta
  siswa secara individu memperkenalkan diri dengan bahasa Inggris, di dalam
  kelas. 
c.      
  Mengamati,
  menilai, memotivasi, mengarahkan presentasi siswa | 
15 Menit | 
| 
Penutup | 
a.      
  Guru dan siswa
  membuat rangkuman/simpulan pelajaran. 
b.     
  Melakukan
  penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
  konsisten dan terprogram. 
c.      
  Memberikan
  tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar
  peserta didik. 
d.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
  berikutnya. | 
5 Menit | 
H.     
Penilaian
1.        
Jenis/ Teknik Penilaian : Unjuk Kerja (Speaking) dan
Writing
2.        
Bentuk
Penugasan/Instrumen :
a.   
Siswa diminta melengkapi sebuah teks rumpang tentang memperkenalkan
diri kepada orang lain
b.   
Siswa mendemonstrasikan ungkapan perkenalan diri !
c.   
Siswa secara berkelompok diminta membuat dialog tentang
memperkenalkan orang lain & mendemonstrasikannya
I.     Pedoman Penskoran :
| 
No. | 
Butir Sikap | 
Deskripsi | 
Perolehan skor | 
| 
1. | 
Pengucapan | 
5 = Hampir sempurna 
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu
  makna 
3 = ada beberapa kesalahan dan
  mengganggu makna 
2 = banyak kesalahan dan mengganggu
  makna 
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga
  sulit dipahami |  | 
| 
2. | 
Intonasi | 
5 = Hampir sempurna 
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu
  makna 
3 = ada beberapa kesalahan dan
  mengganggu makna 
2 = banyak kesalahan dan mengganggu
  makna 
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga
  sulit dipahami |  | 
| 
3. | 
Kelancaran | 
5 = sangat lancar 
4 = lancar 
3 = cukup lancar 
2 = kurang lancar 
1 = tidak lancer |  | 
| 
4. | 
Pilihan Kata | 
5 = sangat variatif dan tepat 
4 = variatif dan tepat 
3 = cukup variatif dan tepat 
2 = kurang variatif dan tepat 
1=
  tidak variatif dan tepat |  | 
thank for sharing it.
ReplyDelete