RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMP Negeri 2 Cipeundeuy
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VIII/1
Materi Pokok : Teks Lisan dan Tulis Meminta dan
Mengungkapkan Pendapat
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
KOMPETENSI INTI
·
KI 1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
·
KI 2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
·
KI 3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
·
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI DAS AR DAN INDIKATOR
3.1 Menerapkan struktur teks dan unsur
kebahasaan untuk melaksanakan fungsi
social dari ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai
kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya,
sesuai dengan konteks penggunaanya
|
3.10.1
Mengidentifikasi fungsi social dan
unsur kebahasaan dari meminta dan mengungkapkan pendapat
3.10.2
Menyebutkan ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat
3.10.3
Merespon ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat
|
4.1. Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian,
mengecek pemahaman dan mengharggai kinerja yang baik, serta meminta dan mengungkapkan
pendapat dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
4.1.1 Menulis teks
lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta dan
mengungkapkan pendapat.
|
2.1
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab
dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
|
2.1.1 Menunjukkan
sikap santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman
2.2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam
melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Disajikan teks
lisan sederhana meminta dan mengungkapkan pendapat peserta didik dapat mengidentifikasi
fungsi social dan unsur kebahasaan dengan benar
2. Disajikan teks
lisan sederhana meminta dan mengungkapkan pendapat peserta didik dapat menyebutkan ungkapan meminta
dan mengungkapkan pendapat dengan benar
3. Disajikan teks
lisan sederhana meminta dan mengungkapkan pendapat peserta didik dapat merespon
ungkapan dengan benar.
4. Peserta didik dapat menulis teks lisan
sederhana meminta dan mengungkapkan pendapat dengan unsur kebahasaan dan
struktur teks yang benar.
5. Disajikan
teks lisan sederhana meminta dan mengungkapkan pendapat peserta didik
dapat menunjukkan sikap santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi dengan
guru dan teman
6. Disajikan
teks lisan sederhana meminta dan mengungkapkan pendapat peserta didik dapat
menunjukkan perilaku percaya diri dalam melaksanakan komunikasi dengan guru dan
teman.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Teks
lisan dan tulis untuk meminta dan
mengungkapkan pendapat serta responnya
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
Struktur teks
(ungkapan
hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
Expression
|
Respon
|
·
What
do you think....?
·
What
is your opinion about....?
·
How
do you feel about?
|
·
I
think....
·
I
must say....
·
From my point of view..
|
Unsur
kebahasaan
(1) Kosa kata: kata sifat sederhana
(2) Tata bahasa: kata rujukan it, they, these, those, that, this.
(3) Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat,
dengan atau tanpa a, the, this, those,
my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5) Ejaan dan tanda baca
(6) Tulisan tangan
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses
pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan
tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.
E. METODE
PEMBELAJARAN
Metode
Scientific
Model
Pembelajaran Cooperative Learning
F.
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
Media : Gambar
Alat : Laptop,projector
Sumber
belajar : Buku Bahasa Inggris, When
English Rings a bell Kelas 8 ,
hal: 15
F. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam dan berdoa
-
Memberikan
motivasi dan apersepsi
-
Menginformasi
tujuan pembelajaran
-
Menyampaikan
skenario pembelajaran
Mengamati
·
Siswa terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain meminta dan mengungkapkan
pendapat
serta meresponnya, dalam bahasa Inggris, bahasa
Indonesia, dan bahasa lain, dengan unsur kebahasaan yang dipilih untuk mendekatkan hubungan
interpersonal dengan siswa (keteladanan).
·
Siswa dituntut untuk mencontoh keteladanan tersebut dengan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta meresponnya, dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya.
Menanya
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain
tentang perbedaan antara ungkapan meminta
dan mengungkapkan pendapat, serta responnya, dalam bahasa Inggris dengan yang
ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika
tidak melakukan, dsb.
Mengumpulkan
Informasi
·
Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi meminta dan
mengungkapkan pendapat serta responnya dalam bahasa
Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·
Siswa menirukan contoh-contoh interaksi meminta dan mengungkapkan pendapatserta responnya dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi,
dan sikap yang benar.
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi meminta
dan mengungkapkan pendapat serta
responnya.
·
Secara
kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk meminta dan
mengungkapkan pendapat serta responnya dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat serta responnya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber
tersebut di atas.
·
Siswa membandingkan ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat serta
responnya
yang telah dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di
sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan meminta dan
mengungkapkan pendapat, serta responnya, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang
dapat mendekatkan hubungan interpersonal.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan,
tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta
tulisan yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa
Inggris untuk meminta perhatiaan
serta responnya
dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Penutup
·
Guru
dan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
·
Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram.
·
Memberikan
tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar
peserta didik.
·
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.
Teknik Penilaian : Unjuk
kerja
2.
Bentuk : Tes Lisan meminta dan mengungkapkan pendapat
dan
responnya
3.
Instrumen : Perform
a dialogue for asking opinions with your friend
based on the theme
below
Rubrik
Penilaian Aspek Keterampilan:
No
|
Aspek
yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Pengucapan
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
2
|
Intonasi
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
3
|
Ketelitian
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
4
|
Kelancaran
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
5
|
Action
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
|
|
Total Score
|
20
|
Rubrik
Penilaian Aspek Sikap
No Aspek yang
No
|
Aspek
yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Santun
(Respect)
|
Sangat sering menunjukan sikap santun
Sering menunjukan sikap santun
Beberapa kali menunjukan sikap santun
Pernah menunjukan sikap santun
Tidak pernah menunjukan sikap santun
|
5
4
3
2
1
|
2
|
bertanggungjawab
(responsible)
|
Sangat sering menunjukan sikap bertangungjawab
Sering menunjukan sikap bertanggungjawab
Beberapa kali menunjukan sikap bertanggungjawab
Pernah menunjukan sikap bertanggungjawab
Tidak pernah menunjukan sikap bertanggung
|
5
4
3
2
1
|
3
|
Jujur
(honest)
|
Sangat sering menunjukan sikap kerjasama
Sering menunjukan sikap kerjasama
Beberapa kali menunjukan sikap kerjasama
Pernah menunjukan sikap kerjasama
Tidak pernah menunjukan sikap kerjasama
|
5
4
3
2
1
|
4
|
Disiplin
(discipline)
|
Sangat sering menunjukan sikap disiplin
Sering menunjukan sikap disiplin
Beberapa kali menunjukan sikap disiplin
Pernah menunjukan sikap disiplin
Tidak pernah menunjukan sikap disiplin
|
5
4
3
2
1
|
5
|
Percaya diri
(confidence)
|
Sangat sering menunjukan sikap percaya
diri
Sering menunjukan sikap percaya diri
Beberapa kali menunjukan sikap percaya
diri
Pernah menunjukan sikap percaya diri
Tidak pernah menunjukan sikap percaya
diri
|
5
4
3
2
1
|
Cipeundeuy,
Agustus 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Agus, S.Pd Susilowati
Handayani,S.Pd
Pembina NIP.197606042000122001
NIP. 195708171986031016
No comments:
Post a Comment