Pages

RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Kelas 8, Meminta dan Mengungkapkan Pendapat




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan  :    SMP Negeri 2 Cipeundeuy
Mata Pelajaran        :    Bahasa Inggris
Kelas/Semester       :    VIII/1
Materi Pokok          :    Teks Lisan dan Tulis Meminta dan
                                      Mengungkapkan Pendapat
Alokasi Waktu         :    2 x 40 menit


A.    KOMPETENSI INTI
·         KI 1      :    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
·         KI 2      :    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
·         KI 3      :    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·         KI 4      :    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. KOMPETENSI DAS AR DAN INDIKATOR

3.1 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan  untuk melaksanakan fungsi social dari ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaanya

3.10.1 Mengidentifikasi fungsi social  dan unsur kebahasaan dari meminta dan mengungkapkan pendapat
3.10.2 Menyebutkan ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat
3.10.3 Merespon ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat

4.1. Menyusun teks lisan sederhana untuk  mengucapkan  dan merespon ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman dan mengharggai kinerja yang baik, serta meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

              4.1.1 Menulis teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat.


2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam       melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman

            2.1.1   Menunjukkan sikap santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman

2.2.1     Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman



 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhwS39T0_TKDRzUdyqlBfjPAzw_r1mgn1Licnm8FlB0NVk21NMRsMNF0iJViEigQXc7OAcv9cFayb0T1xRnX6hKmfYXaQZ_Y3nZ5-G8tXTEORY-L0V5Dk81P9bI4fdnWQEQQoBCdzKSaYp/s1600/KURIKKULUM+2013.bmp


C.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1.  Disajikan teks lisan sederhana meminta dan mengungkapkan pendapat peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan dengan benar
2.  Disajikan teks lisan sederhana meminta dan mengungkapkan pendapat  peserta didik dapat menyebutkan ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat  dengan benar
3.  Disajikan teks lisan sederhana meminta dan mengungkapkan pendapat peserta didik dapat merespon ungkapan dengan benar.
4.  Peserta didik dapat menulis teks lisan sederhana meminta dan mengungkapkan pendapat dengan unsur kebahasaan dan struktur teks yang   benar.
5.   Disajikan  teks lisan sederhana meminta dan mengungkapkan pendapat peserta didik dapat menunjukkan sikap santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman
6.  Disajikan teks lisan sederhana meminta dan mengungkapkan pendapat peserta didik dapat menunjukkan perilaku percaya diri dalam melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman.

D.        MATERI PEMBELAJARAN
Teks lisan dan tulis untuk  meminta dan mengungkapkan pendapat serta responnya
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
Struktur  teks
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
Expression
Respon
·         What do you think....?
·         What is your opinion about....?
·         How do you feel about?

·         I think....
·         I must say....
·         From my point of view..



Unsur kebahasaan
(1)   Kosa kata: kata sifat sederhana
(2)   Tata bahasa: kata rujukan it, they, these, those, that, this.
(3)   Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(4)   Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5)   Ejaan dan tanda baca
(6)   Tulisan tangan
 


Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.

E.  METODE PEMBELAJARAN
Metode Scientific
Model Pembelajaran Cooperative Learning

F. MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
     Media                      : Gambar
     Alat                         : Laptop,projector
     Sumber belajar       : Buku Bahasa Inggris, When English Rings a bell Kelas 8 ,
                                    hal: 15
                                   

F.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan
-          Mengucapkan salam dan berdoa
-          Memberikan motivasi dan apersepsi
-          Menginformasi tujuan pembelajaran
-          Menyampaikan skenario pembelajaran

Mengamati
·       Siswa terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain  meminta dan mengungkapkan pendapat serta meresponnya, dalam bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa lain, dengan unsur kebahasaan yang dipilih untuk mendekatkan hubungan interpersonal dengan siswa (keteladanan).
·       Siswa dituntut untuk mencontoh keteladanan tersebut dengan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta meresponnya, dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara ungkapan  meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
Mengumpulkan Informasi
·       Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi  meminta dan mengungkapkan pendapat serta responnya dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·       Siswa menirukan contoh-contoh interaksi  meminta dan mengungkapkan pendapatserta responnya dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
·       Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi  meminta dan mengungkapkan pendapat serta responnya.
·       Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk  meminta dan mengungkapkan pendapat serta responnya dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·       Siswa membandingkan ungkapan  meminta dan mengungkapkan pendapat serta responnya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·       Siswa membandingkan ungkapan  meminta dan mengungkapkan pendapat serta responnya yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·       Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
·       Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan  meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang dapat mendekatkan hubungan interpersonal.
·       Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·       Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk  meminta perhatiaan serta responnya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.


Penutup
·         Guru dan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
·         Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·         Memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
·         Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
H. PENILAIAN HASIL BELAJAR
1. Teknik Penilaian                 : Unjuk kerja
2. Bentuk                                : Tes Lisan meminta dan mengungkapkan pendapat dan
                                               responnya
3. Instrumen                           :  Perform a dialogue for asking opinions with your friend
                                                   based on the theme below


 



















Rubrik Penilaian Aspek Keterampilan:
No
Aspek yang
Dinilai
Kriteria
Score
1
Pengucapan
Excellent
Good
Fair
Poor
4
3
2
1
2
Intonasi
Excellent
Good
Fair
Poor
4
3
2
1
3
Ketelitian
Excellent
Good
Fair
Poor
4
3
2
1
4
Kelancaran
Excellent
Good
Fair
Poor
4
3
2
1
5
Action
Excellent
Good
Fair
Poor
4
3
2
1


Total Score
20

Rubrik Penilaian Aspek Sikap
No Aspek yang
No
Aspek yang
Dinilai
Kriteria
Score
1
Santun
(Respect)
Sangat sering menunjukan sikap santun
Sering menunjukan sikap santun
Beberapa kali menunjukan sikap santun
Pernah menunjukan sikap santun
Tidak pernah menunjukan sikap santun
5
4
3
2
1
2
bertanggungjawab
(responsible)
Sangat sering menunjukan sikap bertangungjawab
Sering menunjukan sikap bertanggungjawab
Beberapa kali menunjukan sikap bertanggungjawab
Pernah menunjukan sikap bertanggungjawab
Tidak pernah menunjukan sikap bertanggung
5
4
3
2
1
3
Jujur
(honest)
Sangat sering menunjukan sikap kerjasama
Sering menunjukan sikap kerjasama
Beberapa kali menunjukan sikap kerjasama
Pernah menunjukan sikap kerjasama
Tidak pernah menunjukan sikap kerjasama
5
4
3
2
1
4
Disiplin
(discipline)
Sangat sering menunjukan sikap disiplin
Sering menunjukan sikap disiplin
Beberapa kali menunjukan sikap disiplin
Pernah menunjukan sikap disiplin
Tidak pernah menunjukan sikap disiplin
5
4
3
2
1
5
Percaya diri
(confidence)
Sangat sering menunjukan sikap percaya diri
Sering menunjukan sikap percaya diri
Beberapa kali menunjukan sikap percaya diri
Pernah menunjukan sikap percaya diri
Tidak pernah menunjukan sikap percaya diri
5
4
3
2
1



Cipeundeuy, Agustus 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                          Guru Mata Pelajaran




Agus, S.Pd                                                                                                 Susilowati Handayani,S.Pd
Pembina                                                                                                     NIP.197606042000122001
NIP. 195708171986031016                                                                

















































                                                                                                                             













No comments:

Post a Comment