Tweet |
(KD 1.1)
SMP : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/1
Tahun Pelajaran : ---
Waktu : 1 x 40’ (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
Listening
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar :
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
I. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1. Memahami mengakui dan mengingkari fakta
2.Merespon mengakui dan mengingkari fakta
3.Memahami dan merespon percakapan mengakui dan meminta fakta
4.Mendemonstrasikan percakapan mengakui dan mengingkari fakta
II. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary + phrases + sentences yang berhubungan dengan mengakui dan mengingkari fakta :
The espressions to admit a fact
• Yes , I admit it
• Yes, I did...
• Yes, It’s true
The expression to deny a fact
• I’m not lying,dad. ( actually you lie)
• No,I didn’t say that.( actually you said it)
• The flower smells good. ( actually the flower smels bads)
2. Spelling and punctuation dengan latihannya
3. Communicative purpose dari teks transactional interpersonal
dan latihannya
4. Dialog dan latihannya
Andi : Hi,Nila
Nila : Hi, Andi
Andi : What are you doing?
Nila : Well, I’m watering the flower.
Andi : The flower are beautiful. Are they all yours?
Nila : Yes it’s true, My mother bought them for me
Andi : Oh. I see
III. Metoda Pembelajaran
a. Learning question
b. Modelling
c. Practice
d. P-P-P
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan untuk pertemuan
1. Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta
suasana kekeluargaan
2. Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
3. Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
4. Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
5. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
6. Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
b. Kegiatan Inti
1. Siswa merespon meminta,memberi,menolak jasa
2. Siswa merespon pertanyaan2 mengenai mengakui
dan mengingkari fakta
3. Siswa mendengarkan contoh2 dialog sederhana
mengenai mengakui dan mengingkari fakta
4. Siswa mengucapkan ulang ungkapan2 mengakui
dan mengingkari fakta yang didengar dengan bimbingan guru.
5. Siswa melengkapi dialog sederhana yang diperdengarkan
c. Kegiatan Akhir
1. Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang
diajarkan guru
2. Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal dan
telah dipahami maupun hal2 yang dipelajari baik
yg menyenangkan atau tidak menyenangkan
3. Siswa diberi tugas terstruktur untuk memantapkan
kompetensi
4. Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg
disampaikan guru
5. Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya.
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan (English in Focus 2)
b. LKS Galileo
VI. Tugas Terstruktur
c. Siswa melengkapi dialog sederhana
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Melengkapi dialog mengakui dan mengingkari fakta
Penilaian
Teknik Bentuk
Tes tulis Melengkapi
Instrumen
Father : Rian, don’t (1)….to water the plants.
Will die if you do not (2)….them (3)…
A day
Rian : okay, Dad. I won’t forget
The next day, Rian forget to water the plants. Then two days later…
Father : Rian, the plants are (4)…. I have told
You to water them. Did you water them
Yesterday ?
Rian : Ummm..Yes I did
Father : But, why are the plants dead now? Don’t
(5)….to me
Rian : I don’t lie dad.
Father : Lying is a bad habit, isn’t it? Now (6)….
Me did you water the plants yesterday
Rian : Actually…I forgot , dad.
Father : So you didn’t water the plants
Rian : No, I didn’t. I’m (7)….
I (8)…..I won’t forget next time.
Father : Promise me you won’t lie next time
Rian : I promise
Dari Buku English in Focus hal 2
Pedoman Penilaian
1.Jumlah skor maksimal per siswa 100
2.Perhitungan nilai akhir : 4x 25 = 100
Created by Susilowati Handayani SMPN 2 Cipeundeuy Kab.bandung Barat
No comments:
Post a Comment