Tweet |
SMP : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/1
Tahun Pelajaran : ---
Waktu : 1 x 40’ (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
Listening
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar :
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
I. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1. Memahami meminta,memberi,menolak barang
2. Merespon meminta,memberi,menolak barang
3. Memahami dan merespon percakapan meminta,
memberi,menolak barang
4. Mendemonstrasikan percakapan meminta,
memberi,dan menolak barang
II. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary + phrases + sentences yang berhubungan
dengan meminta,memberi,menolak barang :
The espressions to ask for items from someone
• can I have....?
• Can you give me....?
• May I have...?
The expression to give item to someone
• Here you are
• This is for you
• I’d like to give you
• Please accept...
The expression to reject item from someone
• No, thank you
• Not for me thanks
• Not this time, thanks
2. Spelling and punctuation dengan latihannya
3. Communicative purpose dari teks transactional
interpersonal dan latihannya
4. Dialog dan latihannya
Budi : are you chewing gum ? Can I have some ?
Dani : Yes of course . here you are
Budi : Thanks
Dani : Do you want the new banana flavour? It tastes good
Budi : Not for me, thanks. I don’t like banana
III. Metoda Pembelajaran
a. Learning question
b. Modelling
c. Practice
d. P-P-P
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan untuk pertemuan
1. Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta
suasana kekeluargaan
2. Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
3. Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
4. Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
5. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
6. Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
b. Kegiatan Inti
1. Siswa merespon meminta,memberi,menolak barang
2. Siswa merespon pertanyaan2 mengenai meminta,
memberi,menolak barang
3. Siswa mendengarkan contoh2 dialog sederhana
mengenai meminta,memberi,menolak barang
4. Siswa mengucapkan ulang ungkapan2 meminta,
memberi,menolak barang yang didengar dengan
bimbingan guru.
5. Siswa melengkapi dialog sederhana yang diperdengarkan
c. Kegiatan Akhir
1. Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2
yang diajarkan guru
2. Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal
dan telah dipahami maupun hal2 yang dipelajari baik
yg menyenangkan atau tidak menyenangkan
3. Siswa diberi tugas terstruktur untuk memantapkan
kompetensi meminta,memberi dan menolak barang
4. Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg
disampaikan guru
5. Mempersiapkan materi yang akan dibahas
pada pertemuan berikutnya.
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan (English in Focus 2)
b. LKS Galileo
VI. Tugas Terstruktur
b. Siswa melengkapi dialog sederhana
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
a. Melengkapi dialog memberi,
meminta dan menolak barang
Penilaian
Teknik Bentuk
Instrumen
Tes tulis Melengkapi
Anit : (1)……………. A cup of tea please ?
Sani : Of course, this is for you
Anit : Thank you
Sani : Do you want some brownies ?
Anit : (2)………..... I don’t like it.
(3)…………. Cheese cake. I love it,
It tasted so yummy.
Sani : I’m sorry, I don’t have it. But I have
Another cake, cocopandan cake, do you
Want it?
Anit : (4)…………….I don’t like it too.
Pedoman Penilaian
1. Jumlah skor maksimal per siswa 100
2. Perhitungan nilai akhir : 4x 25 = 100
Created by Susilowati Handayani, SMPN 2 Cipeundeuy Kab.Bandung Barat
No comments:
Post a Comment