RPP Berkarakter Bahasa Inggris kelas 8 Semester 2, Aspek Writing, Invitation

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP                      : SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran        : Bahasa Inggris
Kelas    / Semester   : VIII/1
Tahun Pelajaran        : 2009-2010
Waktu                      : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)



Standar Kompetensi :
Menulis

6.  Mengungkapkan  makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar :
6.1    Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam  teks berbentuk descriptive dan recount

1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
a.    Menulis teks essai dalam bentuk undangan
   

11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary berkaitan dengan Teks Undangan : Come,date, time,
    place, sender, receiver,address, 0ccasion, celebarate, party, 
    together, a.m, p.m, program
2. Sentences dan kalimatnya. Contoh
    Will you come to my birthday party?
    I want you to come to play football game with me?

    Be there on time, Don’t miss it, I’ll wait for you
3. Spelling & Prononciation
4. Tujuan Komunikasi dari teks
5. Contoh teks  dan langkah retorika nya

Langkah  Retorika    Contoh Teks
Salutation                Hi Susan,
Message                  Come to my home on
                                Wednesday 11, 4 p.m.
                                2/7 Shirley Rd.
                                Share your happiness
                                at my sister’s birthday.

Closing                     Dillon




III. Metode Pembelajaran
a.    Tanya jawab
b.    Diskusi
c.    P-P-P

IV.  Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.    Kegiatan Pendahuluan

1.    Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta 
       suasana kekeluargaan
2.    Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
3.    Berpartisipasi aktif dalam proses  pembelajaran
4.    Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan
       pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
       akan dipelajari
5.    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
6.    Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya

b.    Kegiatan Inti

1.    Siswa menyebutkan informasi yang terdapat dalam undangan
2.    Siswa  mempelajari kalimat2 untuk mengundang seseorang
3.    Siswa berdiskusi ttg penulisan teks undangan dibimbing oleh guru
4.    Siswa memahami kalimat 2 yang mewakili setiap 
       langkah retorika dalam teks undangan
5.    Siswa membuat sendiri teks undangan sederhana
     
c.    Kegiatan Akhir
1.    Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang diajarkan guru
2.    Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal 
       dan telah dipahami maupun hal2 yang dipelajari baik
       yg menyenangkan atau tidak menyenangkan
3.    Siswa diberi tugas terstruktur untuk memamtapkan 
       kompetensi menulis teks deskripsi
4.    Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg disampaikan guru
5.    Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada
       pertemuan berikutnya.

V.    Sumber dan Media Pembelajaran
       a. Buku teks relevan ( LKS + English in Focus 2 )
       b. Gambar yang relevan
       c. Kamus

VI.  Tugas terstruktur

        Siswa menulis teks undangan  sesuai dengan tema

VII. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi    
1.    Menulis teks essai dalam bentuk undangan
Penilaian
Teknik: Tes Tulis
Bentuk: Uraian
Instrumen   
      Write an invitation that your friend  invites you

       to come to his/her house to celebrate her/his birthday party


a.    Rubrik Penilaian untuk  instrument 
Aspek              Skor    Keterangan
Langkah Retorika  4  Berstuktur sesuai jenis teks undangan 
                               secara maksimal
                           3  Berstuktur minimal sesuai jenis undangan
                           2  Pilihan teks tidak jelas
                           1  Tidak berstuktur dan sulit dipahami

Tata Bahasa          4  Benar dan tepat
                           3  Tekadang kurang tepat tapi tidak 
                               mempengaruhi arti
                           2  Kurang tepat dan mempengaruhi arti
                           1  Sulit dimengerti

Kosakata              4  Benar dan tepat
                           3  Tekadang kurang tepat tapi tidak 
                               mempengaruhi arti
                           2  Kurang tepat dan mempengaruhi arti
                           1  Sulit dimengerti

Kejelasan             4  Sangat jelas dan sangat efektif
Makna                  3  Cukup jelas dan efektif
                           2  Jelas dan tidak efektif
                           1  Kurang jelas

Hubungan            4  Sangat jelas
antar gagasan      3  Cukup jelas
                           2  Kurang jelas
                           1  Tidak jelas

Created by Susilowati Handayani SMPN 2 Cipeundeuy KBB

INGIN MEMBACA RPP BAHASA INGGRIS BERKARAKTER KELAS 8 LAINNYA, DENGAN BERBAGAI TEMA DAN ASPEK KEAHLIAN DAN DIKEMAS DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG MENARIK DAN KREATIF  klik disini

No comments:

Post a Comment