RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP :
SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VIII/1
Tahun Pelajaran : 2012-2013
Waktu : 2 x 40’ (1 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
Speaking
- Mengungkap kan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar :
3.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui,
mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
I. Tujuan Pembelajaran :
Pada
akhir pembelajaran siswa dapat :
Mengungkapkan ungkapan meminta dan memberi pertolongan/jasa
II. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary : Activity/ chores = mopping,
washing the dishes, dusting, shoveling the snow, watering the plant, drying the
dishes, vacumming, sweeping the floor, washing the clothes etc
- Percakapan-percakapan yang memuat ungkapan ungkapan berikut
Meminta dan memberi Pertolongan
The espressions to ask
for someone’s help
Can you help me, Please help me, Can you do me a
favour,please?,
Would you be so kind as to...?
The expression to give help
to someone
Let me give you
a hand, May I help you,May I help you with...,Sir/Ma am?
To accept and reject
someone’s help
Of course, Ok
No, It’s not necessary
Thank you for offering,but...
|
III. Metode Pembelajaran
- Learning Question
- Modelling
- Practice
- P-P-P
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan untuk pertemuan
- Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta suasana kekeluargaan
- Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
- Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
- Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
- Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
- Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
- Kegiatan Inti
- Siswa bertanya tentang adapt/tradisi cara mengungkapkan ungkapan meminta dan memberi pertolongan
- Siswa bertanya tentang dialog meminta dan memberi pertolongan
- Siswa Membuat kalimat sederhana terkait jenis teks
- Siswa Berlatih menirukan guru mengucapkan ungkapan meminta dan memberi pertolongan secara lisan
- Siswa berpasangan
- Setiap pasang mendapatkan 1 gambar chores/activity
- Siswa membuat dialog memnta dan memberi pendapat dan menggunakan kata benda sesuai gambar yang diberikan
- Siswa membawakan dialog secara berpasangan di muka kelas
- Kegiatan Akhir
- Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang diajarkan guru
- Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal dan telah dipahami maupun hal2 yang dipelajari baik yg menyenangkan atau tidak menyenangkan
- Siswa diberi tugas terstruktur untuk memantapkan kompetensi
- Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg disampaikan guru
- Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
V. Sumber
Belajar
- Buku pegangan English in Focus 2
- Kamus
- Kartu gambar aneka aktivitas sehari-hari
VI. Tugas
Terstruktur
Siswa tampil
di muka kelas berdialog sesuai dengan tema
VII.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
|
Teknik Bentuk
|
Instrumen
|
|
Bertanya
dan menjawab tentang
meminta dan memberi pertolongan
|
Performance
|
Perform s dialogue in front of the class showing how to ask for someone’s help and
give help to someone , use the chores / activity in the card given
|
Pedoman Penilaian
- Jumlah skor maksimal persiswa 10
- Nilai = Skor perolehan x 10
Skor
maksimal
Rubrik Penilaian
Aspek
|
Skor
|
Uraian
|
Pengucapan
Tata Bahasa
Kosakata
Kelancaran
Pemahaman
|
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
|
Mudah dipahami walaupun dengan aksen
tertentu
Ada masalah pengucapan yang membuat
pendengar harus konsentrasi penuh dan kadang-kadang ada kesalahpahaman
Sulit dipahami karena ada masalah
pengucapan, sering diminta mengulang
Sering terdapat masalah pengucapan sehingga
tidak dapat dipahami
Kadang-kadang membuat kesalahan tata bahasa
tetapi tidak mempengaruhi makna
Sering membuat kesalahan tata bahasa yang
mempengaruhi makna
Banyak kesalahan tata bahasa yang
menghambat makna dan sering menata ulang
kalimat
Kesalahan tata bahasa begitu parah sehingga
sulit dipahami
Kadang-kadang mengucapkan kosa kata yang
tidak tepat dan harus menjelaskan gagasan karena kosa kata tidak memadai
Sering menggunakan kosakata yang tidak
tepat percakapan menjadi terbatas karena keterbatasan kosa kata
Menggunakan kosakata secara salah dan
kosakata terbatas sehingga sulit dipahami
Kosakata sangat terbatas sehingga
percakapan tidak mungkin terjadi
Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah
bahasa
Kesalahan agak banyak terganggu oleh masalah bahasa
Sering ragu-ragu dan terhenti karena
keterbatasan bahasa
Terputus-putus dan terhenti sehingga
percakapan tidak mungkin terjadi
Memahami hamper semuanya walau ada
pengulangan pada bagian tertentu
Memahami sebagian besar apa yang dikatakan
bila bicara agar diperlambat walau ada pengulangan
Susah mengikuti apa yang dikatakan Hanya
memahami percakapan yang bersifat sosialisasi dengan bicara lambat dan banyak
pengulangan
Tidak bisa memahami walaupun percakapan
sederhana
|
Created by Susilowati Handayani
Lampiran
Contoh gambar activity
Clean the window Tidying the bed
Clean the toilet Ironing the clothes
Watering the plant drying the clothes
Washing the clothes Mopping The floor
Vacuuming Drying the plate
semoga bermanfaat....
ReplyDeleteditunggu komen nya ya...