RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SMP : SMP
NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas / Semester :
VIII/1
Tahun
Pelajaran : 2012-2013
Waktu : 2 x 40’ (1 kali pertemuan)
Standar Kompetensi
:
Reading
11.
Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan
narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar :
11.2
Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek
sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan
sekitar
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Menentukan
tujuan
komunikasi dari teks sign/notice
b. Menentukan informasi yg tersurat
Karakter siswa yang diharapkan:
1.
Dapat di percaya ( Trustworthines)
2.
Rasa Hormat dan Perhatian (Respect)
3.
Tekun (Diligence)
4.
Bertanggung Jawab (Responsibility)
5. Berani (Courage)
11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary berkaitan dengan teks sign_no : no smoking, no parking, no littering, no feeding, no
swimming, no entrance, no turn right, no turn left etc. Sign : Stop, slow down, animal crossing, tunnel ahead,
wet paint, railways crossing
2. Spelling & Prononciation
3. Cara Menentukan Tujuan Komunikasi, informasi tersurat dari teks sign
4. Contoh teks :
III. Metode
Pembelajaran
a.
Tanya jawab
b. Diskusi
c. P-P-P
IV. Langkah –Langkah Kegiatan
Pembelajaran,
a. Kegiatan Pendahuluan (Eksplorasi)
a. Siswa merespon pertanyaan guru
agar tercipta
suasana kekeluargaan
b. Siswa merespon pertanyaan guru
tentang
kehadiran
c. Berpartisipasi aktif dalam proses
pembelajaran
d. Guru mengajukan pertanyaan
yang mengaitkan
pengetahuan
sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari
e. Menjelaskan tujuan pembelajaran
atau KD yang
akan dicapai
f.
Menyampaikan
cakupan materi
dan penilaiannya
b. Kegiatan Inti (Elaborasi)
a. Siswa menyimak dan mendiskusikan
penjelasan
guru
b. Siswa berpasangan mendapatkan
1 kartu sign
c. Siswa menemukan arti kata yang sulit
d. Siswa menjawab pertanyaan
e. Siswa menukar kartu sign secara
estafet ( 24
kartu)
c. Kegiatan Akhir(Konfirmasi)
a. Siswa memperhatikan simpulan
tentang hal2
yang diajarkan guru
b. Siswa memberi refleksi/komentar
tentang
hal-hal dan telah dipahami
maupun hal2 yang dipelajari baik yg
menyenangkan
atau tidak menyenangkan
c. Siswa diberi tugas terstruktur untuk
memamtapkan kompetensi
d. Siswa memperhatikan harapan2 dan
nasihat yg
disampaikan guru
e. Mempersiapkan materi yang akan
dibahas pada
pertemuan berikutnya.
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan ( LKS + English in
Focus 2 )
b. Kamus
c. 22 kartu bergambar sign
VI. Tugas terstruktur
Siswa menentukan gambaran umum, tujuan komunikasi, dan informasi tersurat (5
soal)
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|
a.Menentukan informasi yg tersurat
b.Menentukan tujuan komunikasi dari
teks
|
Tes
Tulis
|
Uraian
|
22 kartu sign
|
Rubrik
penilaian
Soal 24 (banyaknya kartu) x 2 (soal) = 48 + 2 (nilai bonus)
Total = 50/5
Score
maksimal =
10
Created by Susilowati Handayani
No comments:
Post a Comment