RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP :
SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas /
Semester :
VIII/2
Tahun Pelajaran : 2012-2013
Waktu :
2 x 40’ (1 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
12. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk d
recount dan narrative
untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar :
12.2Mengungkap kan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
berbentuk recount dan narrative
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
a.
Menulis teks essai dalam bentuk narrative
Karakter siswa yang diharapkan:
1. Dapat
di percaya ( Trustworthines)
2. Rasa
Hormat dan Perhatian (Respect)
3. Tekun
(Diligence)
4. Bertanggung
Jawab (Responsibility)
11. Materi
Pembelajaran
1. Vocabulary berkaitan
dengan tema teks narrative cartoon tv :
Verb 2
|
Adverb of place
|
Character
|
Adverb of time
|
Had, chased,talked, cheated, ran,
sit, sneaked, ate, flew, walked,
lived, named ,fought, celebrated, fished, cook, cut, looked for
|
Jellyfish field, pineapple house,
Bikini Bottom, Krusty Krabs,
|
Spongebob, Patrick, Gerry, Sandy,
Mr.Crabs, Squidward,
|
One day, once, One sunny day, Long
time ago, once upon a time
|
2. Kalimat past tense dan latihannya Misal :
One day Spongebob and Patrick played at
Jellyfish field.
Spongebob tried to catch a jellyfish
3. Contoh teks Narrative dan langkah
retorikanya
Langkah retorika
|
Contoh teks
|
Orientation
(Tokoh,waktu, dan tempat
|
BUGGY RACE
Once upon a time there lived two best
friends, the hare and tortoise. They liked to race against each other, but
the hare always won.
|
Complication
(timbullnya masalah/konflik)
|
One day, the hare asked the tortoise to race down to the beach. The
tortoise refused, he said he will lose anyway. The hare replied in a kind
voice that he felt sorry about it.
But the next day, the hare found a way to race the tortoise that would
be fair and lots of fun too. He asked the tortoise to come with him. The
tortoise was slowly plodding over the sandhill towards the beach.
|
Resolution
(penyelesaian masalah)
|
Now the two friends can race against each other all day and something
tells me that the tortoise might win this time.
(taken from English in Focus 2,page 88)
|
III. Metode Pembelajaran
b.
Tanya jawab
c.
Diskusi
d.
P-P-P
IV. Langkah –Langkah Kegiatan
Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan (Eksplorasi)
1.
Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta
suasana kekeluargaan
2.
Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
3.
Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
4. Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
5.
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang
akan dicapai
6.
Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
b.
Kegiatan Inti (Elaborasi)
1.
Siswa memperhatikan
penjelasan guru tentang langkah retorika menulis teks narrative
2.
Tiap
kelompok berdiskusi mencari ciri2 generic struktur teks narrative
(Download alat peraga Power Power Teks Naratif KLIK DISINI )
3.
Siswa memahami kalimat 2 yang mewakili setiap
langkah retorika dalam teks narrative
4.
Siswa membuat sendiri kalimat past tense sesuai
dengan tema( sdh dipelajari d session sebelumnya)
5.
Siswa membuat teks narrative sederhana sesuai
dengan gambar yang diterima
(Download latihan soal menulis teks narrative KLIK DISINI)
b.
Kegiatan Akhir (Konfirmasi)
1.
Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang
diajarkan guru
2.
Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal
dan telah dipahami maupun hal2 yang dipelajari baik yg menyenangkan atau tidak
menyenangkan
3.
Siswa diberi tugas terstruktur untuk memamtapkan
kompetensi menulis teks narrative
4.
Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg
disampaikan guru
5.
Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya.
V. Sumber dan Media
Pembelajaran
a. Buku teks relevan ( LKS + English in
Focus 2 )
b. Gambar yang relevan
c. Kamus
VI. Tugas terstruktur
Siswa menulis teks
narrative sesuai dengan gambar
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
a.Write
a simple narrative text theme Spongebob squarepants
(Download Latihan Soal Menulis Teks Narasi KLIK DISINI )
|
- Rubrik Penilaian
Aspek
|
Skor
|
Keterangan
|
Langkah retorika
Tata Bahasa
Kosa kata
Kejelasan makna
Hubungan antar gagasan
|
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
|
Berstuktur sesuai jenis deskripsi
secara maksimal
Berstuktur minimal sesuai jenis
deskripsi
Pilihan teks tidak jelas
Tidak berstuktur dan sulit dipahami
Benar dan tepat
Tekadang kurang tepat tapi tidak
mempengaruhi arti
Kurang tepat dan mempengaruhi arti
Sulit dimengerti
Benar dan tepat
Tekadang kurang tepat tapi tidak
mempengaruhi arti
Kurang tepat dan mempengaruhi arti
Sulit dimengerti
Sangat jelas dan sangat efektif
Cukup jelas dan efektif
Jelas dan tidak efektif
Kurang jelas
Sangat jelas
Cukup jelas
Kurang jelas
Tidak jelas
|
No comments:
Post a Comment