RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMP
Kelas/Semester :
VII/1
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Topik :
Berpamitan(farewell)
Pertemuan ke :
2
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
A. Kompetensi
Dasar
2.1
Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial disekitar rumah dan sekolah
3.1 Mengenal
berbagai cara berbeda dalam membuka percakapan ( berpamitan, menginisiasi topic
percakapan)
1.1 Membuka dan
menutup percakapan interpersonal dengan ungkapan bervariasi melalui kegiatan
menyimak dan berbicara
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Menunjukkan motivasi untuk mengembangkan
kemampuan berbahasa Inggris
2.
Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk
berpamitan dalam Bahasa Inggris
3.
Melakukan tindak tutur menyapa dalam bahasa
inggris dengan percaya diri
4.
Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk
berpamitani dalam bahasa inggris (farewell)
5.
Melakukan tindak tutur berpamitan dalam bahasa
inggris
6.
Melakukan percakapan interpersonal dengan
menggunakan ungkapan berpamitan melalui kegiatan terintegrasi menyimak dan
berbicara bahasa inggris
7.
Melakukan percakapan interpersonal dengan menggunakan
ungkapan berpamitan melalui kegiatan terintegrasi menyimak berbicara bahasa
inggris dengan percaya diri
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui contoh peserta didik dapat menggunakan
ungkapan berpamitan ke dalam praktik berbicara
2.
Melalui coontoh, peserta didik dapat menggunakan
ungkapan berpamitan ke dalam praktik berbicara bahasa inggris.
D. Materi Pembelajaran
1.
Ungkapan berpamitan
expression
|
Response
|
Good bye
Bye
Bye bye
See you
Cheerio
Take care
So long
Farewell
I really have to go now
Sorry I have to go
|
Good bye
Bye
Bye bye
see you
cheerio
take care
so long
farewell
ok, take care
ok, bye
|
2.
Kosakata yang berhubungan dengan aktivitas berpamitan
: bye, farewell, go, ok, take care, see you, so long
E. Model
/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan scientific
2.
Strategi : observe, practice
3.
Metode : inquiry/ experiencial learning
F. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa
menggunakan bahasa inggris agar English environment dapat langsung tercipta
di pertemuan pertama, setelah itu guru menceritakan cerita tentang temannya yang
pada tadi pagi kembali pulang ke desanya setelah selama 3 hari menginap
dirumahnya untuk berlibur.
·
Guru menggunakan
kalimat, ‘good bye, see you soon”. Ketika berpisah dengan temannya
·
Pastikan peserta
didik memperhatikan guru dan guru menanyakan apakah siswa pernah berpamitan
·
Jika peserta
didik belum merespon jangan dulu melanjutkan pelajaran
·
Jika
memungkinkan, guru dapat bertanya ke beberapa anak secara individual untuk
memastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru
|
10
menit
|
inti
|
Observing
·
Guru membagi
siswa dalam beberapa kelompok.
·
Guru menjelaskan bahan ungkapan yang dapat disampaikan
ketika berpamitan dgn seseorang adalah““good
bye, bye bye, so long, take care, ”etc.” dapat dijawab dengan “good bye, bye
bye, so long, take care” etc
·
Siswa memperhatikan
ungkapan berpamitan dalam berbagai situasi yang disajikan dalam bentuk penayangan
film
Communicating
·
Peserta didik
mengulang-ulang pengucapan ‘“good bye, bye bye, so long, take care, ”etc.”
hingga pengucapannya benar.
·
Peserta didik
berlatih melakukan percakapan bersama rekan sebangkunya.
·
Guru dapat menjelaskan mengenai penggunaan
kalimat2 yang dapat digunakan ketika berpamitan dengan orang lain ““good bye,
bye bye, so long, take care, ”etc.”
·
Kalimat-kalimat
tersebut merupakan kalimat dasar yang dapat
digunakan ketika berpamitan dgn
seseorang.
·
Guru dapat
menjelaskan mengenai situasi ketika
menggunakan kalimat berpamitan.” I really
have to go now”, diucapkan ketika seseorang sedang terburu-buru
·
Kalimat, “Sorry,
I have to go” diucapkan seseorang dalam situasi formal dan sedang
terburu-buru
·
Dalam menjawab kata/kalimat
berpamitan tergantung dengan situasi formal atau informal, untuk informal
bisa menjawab dengan kata yang sama ““good bye, bye bye, so long, take care”
etc
·
Sedangkan untuk situasi formal dapat dijawab dengan “ ok , take
care”, “bye, thank you for your time”
Experimenting
·
Guru memberikan role
card kepada tiap kelompok
·
Tiap kelompok
menerima role card yang berbeda,
·
Siswa membaca dan memahami perintah yang ada
didalam role card
·
Siswa
harus berekperimen membuat kalimat berpamitan dan menampilkannya di depan kelas disesuaikan dengan perintah
yang ada dalam role card
|
30
Menit
30 menit
|
Penutup
|
·
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya bagaimana
perasaannya (Refleksi).
·
Guru memberikan
pertanyaan untuk mengetahui apakan siswa sudah memahami topic tentang
“farewell”.
·
Siswa diminta membuat
kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
·
Siswa diberi
tugas kelompok untuk pembelajaran minggu depan untuk penilaian projek.
|
G.
Sumber/Media
Pembelajaran
1.
Sumber : Buku
Paket Siswa
2.
Media : video,
White board, board marker, role card
H.
Penilaian
Rubrik Penilaian KLIK DISINI
No comments:
Post a Comment