Rubrik Penilaian Tugas Speaking Bahasa Inggris Berdasarkan Kurikulum 2013



Berdasarkan kurikulum 2013, untuk penilaian tugas speaking dinilai dari 3 aspek, sebagai berikut:
1.       Aspek Pengetahuan (Knowledge)


2.       Aspek Sikap (attitude)
3.       Aspek Tingkah Laku ( action)





1. Penilaian dari Aspek Pengetahuan (knowledge)
Kosakata (vocabulary)
5 = hampir sempurna
4 = ada kesalahan tappi tidak mengganggu makna
3 = ada kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

Kelancaran (fluency)
5 = Sangat lancar
4 = lancar
3 = cukup lancar
2 = kurang lancar
 1 = tidak lancar

Ketelitian( accuracy)
5 =  sangat teliti
4 = teliti
3 = cukup teliti
2 = kurang teliti
1 = tidak teliti

Pengucapan(pronunciation)
5 = hampir sempurna
4 = ada kesalahan tetapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa keslahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan sehingga sulit untuk dipahami
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit untuk dipahami

Intonasi  (intonasi)
5 = hampir sempurna
4 = ada beberapa kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

Pemahaman  (understanding)
5 = sangat memahami
4 = memahami
3 = cukup memahami
2 = kurang memahami
1 = tidak memahami

Pilihan Kata (diction)
5 = sangat variatif dan tepat
4 = variatif dan tepat
3 = cukup variatif dan tepat
2 = kurang variatif dan tepat

2 comments:

  1. tell me the source of the article above, if you don't mind,

    ReplyDelete
  2. ahhh that good article, but i don't get what i wan,how to give the last mark to the student wen we already give them the speaking test, don't it need some form

    ReplyDelete