Tweet |
Satuan Pendidikan : SMPN 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Teks Deskriptif ( Writing)
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A.
KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menanggapi dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli
( toleransi,gotong royong),
santun,percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif
secara efektif
Dengan lingkungan social dan alam
dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan
(factual,konseptual, dan procedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
KI 4 : Mencoba,mengolah dan menyaji dalam
ranah konkret
(menggunakan,Mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat)
ranah abstrak ( menulis, Membaca,menghitung, menggambar
dan mengarang) sesuai dengan yang Dipelajari disekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
(menggunakan,Mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat)
ranah abstrak ( menulis, Membaca,menghitung, menggambar
dan mengarang) sesuai dengan yang Dipelajari disekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DAS AR DAN INDIKATOR
1. KOMPETENSI DASAR
3.10 Memahami fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dengan
menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda,
sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.10.1 Mengidentifikasi fungsi social dari teks
deskriptif.
3.10.2 Mengidentifikasi unsur kebahasaan dari teks
deskriptif
3.10.3 Mengidentifikasi struktur teks dari teks deskritif
|
4.13 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis,
sangat pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks.
|
4.13.1 Menulis
teks deskriptif tulis sederhana
|
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli,kerjasama dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsiona
|
2.3.1
Menunjukkan sikap santun, bekerja sama ,
tanggung jawab,
|
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Diberikan
teks deskriptif sederhana siswa dapat mengidentifikasi fungsi social dengan
benar
2. Diberikan
teks deskriptif sederhana siswa dapat mengidentifikasi struktur teks dengan
benar
3. Diberikan
teks deskriptif sederhana siswa dapat mengidentifikasi ciri kebahasaan dengan
benar.
Siswa dapat
menulis teks deskriptif sederhana dengan unsur kebahasaan dan struktur teks
yang benar
D.
MATERI PEMBELAJARAN
Teks deskriptif adalah
teks yang menggambarkan orang, binatang, dan benda, dll
Fungsi sosial
Menggambarkan, Membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi,
memuji, mengkritik, dsb.
Struktur
text
Generic Structure
|
Sentence
|
Identification
|
My favorite teacher is Miss
Neneng.
|
Description
|
She teaches science .
She is beautiful and slim.
Her skin is white.
She has long and straight hair.
She is a friendly teacher.
She likes reading novels.
Her favorite writer is Andre Hirata .
|
Unsur kebahasaan
(1) Penyebutan kata
benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
(2) Kata ganti it, they, she, we, dst.; our, my, your, their, dst.
(3) Kata sifat yang
sangat lazim, old, fat, tall, short, beautiful, patient,
nice, wise, smart, fat dll.
(4) Kata kerja untuk
menyatakan keadaan dan tindakan rutin dalam simple present tense: be, have ,has, like , love, dll.
(5) Penggunaan nominal singular dan plural
secara tepat, dengan atau tanpa a, the,
this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
Topik
Menggambarkan guru untuk memberikan keteladanan tentang
perilaku disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, cinta dan kerjasama
E.
METODE PEMBELAJARAN
Metode Scientific
Strategi Collaborative writing
F. MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
Media : Powerpoint,
kalimat acak, deskriptif plan
Alat : Laptop,
pointer
Sumber
belajar : Buku Bahasa Inggris,
When English Rings a bell Kelas 7 Edisi Revisi 2014,
hal:
191
F.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pendahuluan(5
menit)
-
Mengucapkan salam dan berdoa
-
Memberikan motivasi dan apersepsi
-
Menginformasi tujuan pembelajaran
-
Menyampaikan skenario pembelajaran
Kegiatan
inti
1.
Mengamati(10 menit)
·
Siswa mengamati gambar pada layar dan mendengar
contoh teks deskriptif yang dibacakan oleh guru dengan fungsi social, struktur
teks, unsur kebahasaan teks deskriptif
·
Guru mencatat/menilai aspek sikap dan kesungguhan/keaktifan
siswa.
2.
Menanya : (10 menit)
·
Dengan mempertanyakan pengarah dari guru,
peserta didik mempertanyakan tentang fungsi social, struktur teks,unsur
kebahasaan teks deskriptif.
·
Guru menilai aspek sikap dan kesungguhan/keaktifan
siswa. (10 menit)
3.
Mengasosiasi(40 menit)
·
Siswa menuliskan kembali teks secara kolaborasi (draft )
·
Siswa merevisi draft
·
Guru memberikan feedback
4.
Mengomunikasikan (10 menit)
·
Siswa menulis teks deskriptif sederhana secara
individu
·
Guru mengawasi siswa
Penutup(10 menit)
·
Guru dan siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
·
Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·
Memberikan tugas, baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
·
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
H. PENILAIAN HASIL BELAJAR
1. Teknik Penilaian : Tertulis
2. Bentuk : Teks Deskriptif
sederhana
3. Instrumen : Write a
short descriptive text about your idol teacher !
Use these questions to help you
1. What is your idol teacher’s name?
2. What does he/she teach ?
3. What is he/she like?
4. How is her/his characteristic?
Rubrik
Penilaian Aspek Keterampilan:
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Kesesuaian isi dengan Judul
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
2
|
Keruntutan Teks
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
3
|
Pilihan Teks
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
4
|
Penulisan Kosakata
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
5
|
Kerapihan
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
Total Score
|
20
|
Rubrik
Penilaian Aspek Sikap
No Aspek yang
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Santun
(Respect)
|
Sangat sering menunjukan sikap santun
Sering menunjukan sikap santun
Beberapa kali menunjukan sikap santun
Pernah menunjukan sikap santun
Tidak pernah menunjukan sikap santun
|
5
4
3
2
1
|
2
|
bertanggungjawab
(responsible)
|
Sangat
sering menunjukan sikap bertangungjawab
Sering
menunjukan sikap bertanggungjawab
Beberapa
kali menunjukan sikap bertanggungjawab
Pernah
menunjukan sikap bertanggungjawab
Tidak
pernah menunjukan sikap bertanggung
|
5
4
3
2
1
|
3
|
Jujur
(honest)
|
Sangat
sering menunjukan sikap kerjasama
Sering
menunjukan sikap kerjasama
Beberapa
kali menunjukan sikap kerjasama
Pernah
menunjukan sikap kerjasama
Tidak
pernah menunjukan sikap kerjasama
|
5
4
3
2
1
|
4
|
Disiplin
(discipline)
|
Sangat sering menunjukan sikap disiplin
Sering menunjukan sikap disiplin
Beberapa kali menunjukan sikap disiplin
Pernah menunjukan sikap disiplin
Tidak pernah menunjukan sikap disiplin
|
5
4
3
2
1
|
5
|
Percaya diri
(confidence)
|
Sangat sering menunjukan sikap percaya diri
Sering menunjukan sikap percaya diri
Beberapa kali menunjukan sikap percaya diri
Pernah menunjukan sikap percaya diri
Tidak pernah menunjukan sikap percaya diri
|
5
4
3
2
1
|
No comments:
Post a Comment