Tweet |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMP
Kelas/Semester :
VII/1
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Topik :
Instruction,
short notice,
warning/caution
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
A.
KOMPETENSI INTI
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli
(
toleransi,gotong royong), santun,percaya diri, dalam
berinteraksi secara
efektifd dengan lingkungan social
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
Keberadaannya.
KI 3 :
Memahami pengetahuan (factual,konseptual, dan
procedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 :
Mencoba,mengolah dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, Mengurai,
merangkai, memodifikasi dan
membuat) ranah abstrak ( menulis,
Membaca,menghitung, menggambar dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR
3.9 Memahami fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan dari jenis teks khusus berbentuk instruksi(instruction),
tanda/rambu (short notice) tanda peringatan,(warning/caution),lisan dan tulis,
sangat pendek dan sederhana
INDIKATOR :
3.9.1 Siswa
mampu mengidentifikasi fungsi social dari teks short notice
3.9.2 Siswa
mampu mengidentifikasi struktur teks dari teks short notice
3.9.3 Siswa
mampu mengidentifikasi unsur kebahasaan dari teks short notice
4.9 Menyusun teks khusus berbentuk
instruksi(instruction), tanda atau rambu( short notice),tanda peringatan
(warning/caution) lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar
dan sesuai dengan konteks.
INDIKATOR :
4.9.1 Siswa mampu
menulis teks short notice
2.1 Menghargai perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan
teman.
INDIKATOR :
2.1.1 Siswa mampu
berperilaku santun dan peduli
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Diberikan teks
fungsional short notice siswa dapat mengidentifikasi fungsi sosial
2.
Diberikan teks
fungsional short notice siswa dapat mengidentifikasi struktur teks
3.
Diberikan teks
fungsional short notice siswa dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan
4.
Siswa mampu
menulis teks fungsional short notice
5.
Diberikan teks fungsional short notice dapat menumbuhkan
sikap santun dan peduli
D. MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi
Sosial
Mencapai
tujuan, menjaga ketertiban dan keselamatan pribadi dan public
Short
Notice : Jika rambu ini tidak dilaksanakan tidak menimbulkan kecelakaan
langsung
Warning/caution:
Jika peringatan ini tidak dilaksanakan akan menyebabkan kecelakaan
Langsung
Instruction
: Instuksi2 yang biasa didengar peserta didik dilingkungan sekolah dan rumah
Struktur
Teks
INSTRUCTION
Read the report
carefully
No student should
be late
Always come on
time
Shake well before
use
|
SHORT
NOTICE
Suruhan
|
Larangan
|
Keep the room
clean and tidy
Keep the door
closed at all times
Keep silent
Take off your
shoes
Flush after use
|
No Littering
No mobile phone
Do not pick the
flower
Do not enter
Do not step on the
grass
|
WARNING CAUTION
Very hot water
Danger, 240 Volt
Slippery when wet
Warning-dangerous
chemicals
|
Unsur
Kebahasaan
1.
Kosakata : keep,
take off, no, do not, clean, dustbin, enter, open, silent, tidy, allow, forbid
Must, obey,
2.
Tata Bahasa :
Kalimat imperative and symbolic
Kalimat
imperative merupakan bentuk kalimat perintah, terdiri dari
1.
Suruhan : verb 1
+ noun/adjective
Contoh : take
off + your shoes
2.
Larangan : No +
noun/verb-ing
Contoh : No
+ smoking
Do not/ don’t + verb + noun
Contoh : Do
not + pick + the flower
3.
Ucapan, tekanan kata, intonasi ketika
mempresentasikan secara lisan
4.
Format penulisan :
Huruf,gambar atau simbol
Topik
Tindakan disekolah dan dirumah dengan memberikan
keteladanan tentang perilaku disiplin,jujur,peduli,pola hidup sehat dan ramah
lingkungan.
D. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific learning
Strategi : Pengamatan, pemodelan, kerja
kelompok, mengkomunikasikan
E. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pendahuluan
-
Mengucapkan salam
dan berdoa
-
Memberikan
motivasi dan apersepsi
-
Menginformasi
tujuan pembelajaran
-
Menyampaikan skenario
pembelajara
-
Mereview
Kegiatan inti
1.
Mengamati
Siswa
mengamati gambar/video yang ditayangkan dengan memperhatikan fungsi social,
struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penulisan teks
2.
Menanya
-
Dengan
mempertanyakan pengarah dari guru, peserta didik mempertanyakan tentang fungsi social,
struktur teks,unsur kebahasaan serta format penulisan yang digunakan dalam teks
short notice
3.
Mengeksplore
Membaca/mendengar/menonton
contoh2 lain dari teks yang dipelajari dari berbagai sumber, termasuk buku
teks,buku panduan, contoh dari guru (flash cards) dengan memperhatikan fungsi
social, struktur teks, unsur bahasa, serta format penulisan dari short notice
4.
Mengasosiasi
Dalam
kerja kelompok terbimbing peserta didik mendapat gambar (yang diberikan kepada
tiap kelompok dengan gambar yang berbeda) kemudian peserta didik mempelajari,
menyebutkan beberapa short notice yang
tepat sesuai dengan gambar dengan menyebutkan
fungsi social, struktur teks, unsur kebahasaan serta format penulisan
5.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok
·
Peserta didik
memperoleh balikan dari guru dan teman tentang presentasi
·
Peserta didik
mengungkapkan hal2 yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang sudah atau
akan dilakukan untuk mengatasinya.
Penutup
-
Guru dan siswa
membuat rangkuman kalimat yang telah dihasilkan
-
Melakukan
penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram
-
Memberi umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
-
Memberikan tugas,
baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil peserta didik
-
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
F. MEDIA PEMBELAJARAN
LCD, Computer, video, cards, pictures
G. SUMBER BELAJAR
- Contoh
peragaan dalam bentuk powerpoint, CD
- Buku
Bahasa Inggris : When English Rings the Bell
-
Sumber dari internet : www.esllibrary.com
www.youtube , www.googleimages, www.123rf
H. PENILAIAN HASIL
BELAJAR
1. Teknik Penilaian
Sikap : Non test berupa pengamatan
langsung
2. Pengetahuan : Close Test
TABEL
PENILAIAN
|
|||
ASPEK
PENGETAHUAN
|
|||
1
|
Tujuan Komunikatif
|
Sangat
memahami
Memahami
Cukup
memahami
Kurang
memahami
Tidak memahami
|
5
4
3
2
1
|
2
|
Keruntutan Teks
|
Struktur
teks yang digunakan sangat runtut
Struktur
teks yang digunakan runtut
Struktur
teks yang digunakan cukup runtut
Struktur
teks yang digunakan kurang runtut
Struktur teks yang digunakan tidak runtut
|
5
4
3
2
1
|
3
|
Pilihan Kosa kata
|
Sangat
variatif dan tepat
Variatif
dan tepat
Cukup
variatif dan tepat
Kurang
variatif dan tepat
Tidak variatif dan tepat
|
5
4
3
2
1
|
4
|
Pilihan Tata
Bahasa
|
Pilihan
tata bahasa sangat tepat
Pilihan
tata bahasa tepat
Pilihan
tata bahasa cukup tepat
Pilihan
tata bahasa kurang tepat
Pilihan tata bahasa tidak tepat
|
5
4
3
2
1
|
Cipeundeuy,
Juli 2014
Guru Mata
Pelajaran
Susilowati
Handayani,S.Pd
(SMPN 2
Cipeundeuy)
No comments:
Post a Comment