| Tweet | 
Satuan Pendidikan  :
   SMP Negeri 2 Cipeundeuy
Mata Pelajaran        :    Bahasa Inggris
Kelas/Semester       :    VIII/1
Materi Pokok            :    Teks Lisan dan Tulis Meminta dan Merespon
Perhatian
Alokasi Waktu          :    2 x 40 menit
A.   
KOMPETENSI INTI
·        
KI 1      :    Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 
·        
KI 2      :    Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
·        
KI 3      :    Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
·        
KI 4      :    Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
 
B.
KOMPETENSI DAS AR DAN INDIKATOR
1.
KOMPETENSI DASAR
| 
3.1 Menerapkan struktur teks dan unsur
  kebahasaan  untuk melaksanakan fungsi
  social dari ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai
  kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya,
  sesuai dengan konteks penggunaanya | 
3.10.1
  Mengidentifikasi fungsi social  dan
  unsur kebahasaan dari ungkapan meminta perhatian 
3.10.2
  Menyebutkan ungkapan meminta perhatian 
3.10.3
  Merespon ungkapan meminta perhatian | 
| 
4.1. Menyusun teks lisan sederhana untuk  mengucapkan  dan merespon ungkapan meminta perhatian,
  mengecek pemahaman dan mengharggai kinerja yang baik, serta meminta dan mengungkapkan
  pendapat dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur
  kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. | 
4.1.1      Menulis teks
  lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian. | 
| 
2.1
  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
  interpersonal dengan guru dan teman. 
2.2.
  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab
  dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman | 
2.1.1      Menunjukkan
  sikap santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman 
2.2.1     Menunjukkan perilaku percaya diri dalam
  melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman | 

C.     
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.    Disajikan teks
lisan sederhana meminta perhatian peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi
social dan unsur kebahasaan dengan benar
2.    Disajikan teks
lisan sederhana meminta perhatian  peserta
didik dapat menyebutkan ungkapan meminta perhatian  dengan benar
3.    Disajikan teks
lisan sederhana meminta perhatian peserta didik dapat merespon ungkapan dengan
benar.
4.  Peserta didik dapat menulis teks lisan
sederhana meminta perhatian dengan unsur kebahasaan dan struktur teks yang   benar.
5.   Disajikan 
teks lisan sederhana meminta perhatian peserta didik dapat menunjukkan
sikap santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman
6.   Disajikan
teks lisan sederhana meminta perhatian peserta didik dapat menunjukkan perilaku
percaya diri dalam melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman.
D.       
MATERI
PEMBELAJARAN
Teks
lisan dan tulis untuk  meminta perhatian serta
responnya
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
Struktur  teks 
(ungkapan
hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
a.  Excuse me. Attention, please. Yes, please. Alright., No problem
b.  Can you hear me ?, Yes Miss/Sir/Ma’am
c.  
Can you give
your attention to me,please?, Yes Miss/Sir/Ma’am
d.  Listen to me, please !, Yes Miss/Sir/Ma’am
e.  
Excuse me,
please look at me, attention please !, No problem
Unsur
kebahasaan
(1)   Kosa kata: kata sifat sederhana
(2)   Tata bahasa: kata rujukan it, they, these, those, that, this.
(3)   Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat,
dengan atau tanpa a, the, this, those,
my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal 
(4)   Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5)   Ejaan dan tanda baca
(6)   Tulisan tangan
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses
pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan
tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.
E.  METODE
PEMBELAJARAN
Metode
Scientific
Model
Pembelajaran Cooperative Learning
F.
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
     Media                      : Gambar
     Alat                         : Laptop,projector
     Sumber
belajar       : Buku Bahasa Inggris, When
English Rings a bell Kelas 8 ,
                                              hal: 10
F.  LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pendahuluan(5
menit)
-         
Mengucapkan
salam dan berdoa
-         
Memberikan
motivasi dan apersepsi
-         
Menginformasi
tujuan pembelajaran
-         
Menyampaikan
skenario pembelajaran
Mengamati
·      
Siswa terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain  meminta perhatian serta meresponnya, dalam bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa lain, dengan unsur kebahasaan yang
dipilih untuk mendekatkan hubungan interpersonal dengan siswa (keteladanan).
·      
Siswa dituntut untuk mencontoh keteladanan tersebut dengan meminta perhatian, serta
meresponnya, dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya.
Menanya
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain
tentang perbedaan antara ungkapan  meminta perhatian, serta responnya, dalam
bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
Mengumpulkan
Informasi
·      
Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi  meminta perhatian serta responnya dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·      
Siswa menirukan contoh-contoh interaksi  meminta perhatianserta responnya dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi,
dan sikap yang benar.
·      
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi  meminta
perhatian serta responnya.
·      
Secara
kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk  meminta perhatian serta responnya dalam konteks pembelajaran,
simulasi, role-play, dan kegiatan
lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·      
Siswa membandingkan ungkapan  meminta perhatian serta responnya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber
tersebut di atas.
·      
Siswa membandingkan ungkapan  meminta perhatian serta responnya yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di
sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain. 
·      
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
·      
Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan  meminta perhatian,
serta responnya, di dalam dan di
luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang dapat mendekatkan hubungan
interpersonal. 
·      
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan,
tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta
tulisan yang jelas dan rapi.
·      
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa
Inggris untuk  meminta perhatiaan
serta responnya
dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Penutup(10
menit)
·        
Guru
dan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
·        
Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram.
·        
Memberikan
tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar
peserta didik.
·        
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.
Teknik Penilaian                 : Unjuk
kerja
2.
Bentuk                                : Tes Lisan meminta perhatian dan responnya
3.
Instrumen                           :  Perform
a dialogue for asking for attention with your friend
                                                   based on the picture
given
Rubrik
Penilaian Aspek Keterampilan:
| 
No | 
Aspek
  yang 
Dinilai | 
Kriteria | 
Score | 
| 
1 | 
Pengucapan | 
Excellent 
Good 
Fair 
Poor | 
4 
3 
2 
1 | 
| 
2 | 
Intonasi | 
Excellent 
Good 
Fair 
Poor | 
4 
3 
2 
1 | 
| 
3 | 
Ketelitian | 
Excellent 
Good 
Fair 
Poor | 
4 
3 
2 
1 | 
| 
4 | 
Kelancaran | 
Excellent 
Good 
Fair 
Poor | 
4 
3 
2 
1 | 
| 
5 | 
Action | 
Excellent 
Good 
Fair 
Poor | 
4 
3 
2 
1 | 
|  |  | 
Total Score | 
20 | 
Rubrik
Penilaian Aspek Sikap
No Aspek yang
| 
No | 
Aspek
  yang 
Dinilai | 
Kriteria | 
Score | 
| 
1 | 
Santun 
(Respect) | 
Sangat sering menunjukan sikap santun  
Sering menunjukan sikap santun  
Beberapa kali menunjukan sikap santun  
Pernah menunjukan sikap santun  
Tidak pernah menunjukan sikap santun  | 
5 
4 
3 
2 
1 | 
| 
2 | 
bertanggungjawab 
(responsible) | 
Sangat sering menunjukan sikap bertangungjawab 
Sering menunjukan sikap bertanggungjawab 
Beberapa kali menunjukan sikap bertanggungjawab 
Pernah menunjukan sikap bertanggungjawab 
Tidak pernah menunjukan sikap bertanggung | 
5 
4 
3 
2 
1 | 
| 
3 | 
Jujur 
(honest) | 
Sangat sering menunjukan sikap kerjasama 
Sering menunjukan sikap kerjasama 
Beberapa kali menunjukan sikap kerjasama 
Pernah menunjukan sikap kerjasama 
Tidak pernah menunjukan sikap kerjasama | 
5 
4 
3 
2 
1 | 
| 
4 | 
Disiplin 
(discipline) | 
Sangat sering menunjukan sikap disiplin  
Sering menunjukan sikap disiplin  
Beberapa kali menunjukan sikap disiplin  
Pernah menunjukan sikap disiplin  
Tidak pernah menunjukan sikap disiplin  | 
5 
4 
3 
2 
1 | 
| 
5 | 
Percaya diri 
(confidence) | 
Sangat sering menunjukan sikap percaya
  diri 
Sering menunjukan sikap percaya diri  
Beberapa kali menunjukan sikap percaya
  diri 
Pernah menunjukan sikap percaya diri  
Tidak pernah menunjukan sikap percaya
  diri | 
5 
4 
3 
2 
1 | 
Cipeundeuy,
Agustus 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                       Guru
Mata Pelajaran
Agus, S.Pd                                                                               Susilowati
Handayani,S.Pd
Pembina                                                                                  NIP.197606042000122001
NIP. 195708171986031016                                                                 
Penting neh buat para guru bahasa inggris...trims
ReplyDeleteSalam dari Pulau Dollar