RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Kelas 8, Mengecek Pemahaman




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan  :    SMP Negeri 2 Cipeundeuy
Mata Pelajaran        :    Bahasa Inggris
Kelas/Semester       :    VIII/1
Materi Pokok            :    Teks Lisan dan Tulis Mengecek Pemahaman
Alokasi Waktu          :    2 x 40 menit

A.    KOMPETENSI INTI
·         KI 1      :    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
     KI 2      :    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
·         KI 3      :    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·     KI 4      :    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. KOMPETENSI DAS AR DAN INDIKATOR
1. KOMPETENSI DASAR
3.1 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan  untuk melaksanakan fungsi social dari ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaanya

3.10.1 Mengidentifikasi fungsi social  dan unsur kebahasaan dari ungkapan mengecek pemahaman
3.10.2 Menyebutkan ungkapan mengecek pemahaman
3.10.3 Merespon ungkapan mengecek pemahaman

4.1. Menyusun teks lisan sederhana untuk  mengucapkan  dan merespon ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman dan mengharggai kinerja yang baik, serta meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.1.1      Menulis teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan mengecek pemahaman


2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman

2.1.1      Menunjukkan sikap santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman

2.2.1     Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman



 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhwS39T0_TKDRzUdyqlBfjPAzw_r1mgn1Licnm8FlB0NVk21NMRsMNF0iJViEigQXc7OAcv9cFayb0T1xRnX6hKmfYXaQZ_Y3nZ5-G8tXTEORY-L0V5Dk81P9bI4fdnWQEQQoBCdzKSaYp/s1600/KURIKKULUM+2013.bmp


C.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Disajikan teks lisan sederhana mengecek pemahamn peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan dengan benar
2.    Disajikan teks lisan sederhana meminta perhatian  peserta didik dapat menyebutkan ungkapan mengecek pemahaman  dengan benar
3.    Disajikan teks lisan sederhana mengecek pemahaman peserta didik dapat merespon ungkapan dengan benar.
4.  Peserta didik dapat menulis teks lisan sederhana mengecek pemahaman dengan unsur kebahasaan dan struktur teks yang   benar.
5. Disajikan  teks lisan sederhana mengecek pemahaman peserta didik dapat menunjukkan sikap santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman
6.  Disajikan teks lisan sederhana mengcek pemahaman peserta didik dapat menunjukkan perilaku percaya diri dalam melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman.

D.        MATERI PEMBELAJARAN
Teks lisan dan tulis untuk  meminta perhatian serta responnya
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
Struktur  teks
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
Expression
Respon
Is everything clear?
Do you understand everything?
Is there anything you don’t understand
Do you know the meaning of the word … ?
Are there any words you don’t know
Are there any strange words or expressions?
Are there any phrases you don’t know the meaning of?
Are there any questions on this text?
Is there anything else you would like to ask about?
Are there any words you’re unfamiliar with?
Has anybody got anything to ask about this text?

Yes, Ma’am/ No,/ Not yet Miss/Sir/Ma’am

 


Unsur kebahasaan
(1)   Kosa kata: kata sifat sederhana
(2)   Tata bahasa: kata rujukan it, they, these, those, that, this.
(3)   Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(4)   Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5)   Ejaan dan tanda baca
(6)   Tulisan tangan
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.

E.  METODE PEMBELAJARAN
Metode Scientific
Model Pembelajaran Cooperative Learning

F. MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
     Media                      : Gambar
     Alat                         : Laptop,projector
     Sumber belajar       : Buku Bahasa Inggris, When English Rings a bell Kelas 8 , hal: 14
                                   

G.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pendahuluan
-          Mengucapkan salam dan berdoa
-          Memberikan motivasi dan apersepsi
-          Menginformasi tujuan pembelajaran
-          Menyampaikan skenario pembelajaran

Mengamati
·       Siswa terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain  mengecek pemahaman serta meresponnya, dalam bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa lain, dengan unsur kebahasaan yang dipilih untuk mendekatkan hubungan interpersonal dengan siswa (keteladanan).
·       Siswa dituntut untuk mencontoh keteladanan tersebut dengan meminta perhatian, serta meresponnya, dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara ungkapan  mengecek pemahaman, serta responnya, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
Mengumpulkan Informasi
·       Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi mengecek pemahaman serta responnya dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·       Siswa menirukan contoh-contoh interaksi  mengecek pemahaman serta responnya dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
·       Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi  mengecek pemahaman serta responnya.
·       Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk  mengecek pemahaman serta responnya dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·       Siswa membandingkan ungkapan  mengecek pemahaman serta responnya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·       Siswa membandingkan ungkapan  mengecek pemahaman serta responnya yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·       Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
·       Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan  mengecek pemahaman, serta responnya, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang dapat mendekatkan hubungan interpersonal.
·       Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·       Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk  mengecek pemahaman serta responnya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.

Penutup
·         Guru dan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
·         Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
·         Memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
·         Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya
H. PENILAIAN HASIL BELAJAR
1. Teknik Penilaian                 : Unjuk kerja
2. Bentuk                                : Tes Lisan meminta perhatian dan responnya
3. Instrumen                           :  Perform a dialogue for checking for understanding with your
                                                   friend  based on the word given




Rubrik Penilaian Aspek Keterampilan:
No
Aspek yang
Dinilai
Kriteria
Score
1
Pengucapan
Excellent
Good
Fair
Poor
4
3
2
1
2
Intonasi
Excellent
Good
Fair
Poor
4
3
2
1
3
Ketelitian
Excellent
Good
Fair
Poor
4
3
2
1
4
Kelancaran
Excellent
Good
Fair
Poor
4
3
2
1
5
Action
Excellent
Good
Fair
Poor
4
3
2
1


Total Score
20

Rubrik Penilaian Aspek Sikap
No Aspek yang
No
Aspek yang
Dinilai
Kriteria
Score
1
Santun
(Respect)
Sangat sering menunjukan sikap santun
Sering menunjukan sikap santun
Beberapa kali menunjukan sikap santun
Pernah menunjukan sikap santun
Tidak pernah menunjukan sikap santun
5
4
3
2
1
2
bertanggungjawab
(responsible)
Sangat sering menunjukan sikap bertangungjawab
Sering menunjukan sikap bertanggungjawab
Beberapa kali menunjukan sikap bertanggungjawab
Pernah menunjukan sikap bertanggungjawab
Tidak pernah menunjukan sikap bertanggung
5
4
3
2
1
3
Jujur
(honest)
Sangat sering menunjukan sikap kerjasama
Sering menunjukan sikap kerjasama
Beberapa kali menunjukan sikap kerjasama
Pernah menunjukan sikap kerjasama
Tidak pernah menunjukan sikap kerjasama
5
4
3
2
1
4
Disiplin
(discipline)
Sangat sering menunjukan sikap disiplin
Sering menunjukan sikap disiplin
Beberapa kali menunjukan sikap disiplin
Pernah menunjukan sikap disiplin
Tidak pernah menunjukan sikap disiplin
5
4
3
2
1
5
Percaya diri
(confidence)
Sangat sering menunjukan sikap percaya diri
Sering menunjukan sikap percaya diri
Beberapa kali menunjukan sikap percaya diri
Pernah menunjukan sikap percaya diri
Tidak pernah menunjukan sikap percaya diri
5
4
3
2
1



Cipeundeuy, Agustus 2014
                                                                                                     Guru Mata Pelajaran




                                                                                         Susilowati Handayani,S.Pd
                                                                                         NIP.197606042000122001
                                                                

















































                                                                                                                             













No comments:

Post a Comment