Satuan Pendidikan :
SMP Negeri 2 Cipeundeuy
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VIII/1
Materi Pokok : Teks Lisan dan Tulis Mengecek Pemahaman
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
KOMPETENSI INTI
·
KI 1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
·
KI 3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
·
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI DAS AR DAN INDIKATOR
1.
KOMPETENSI DASAR
3.1 Menerapkan struktur teks dan unsur
kebahasaan untuk melaksanakan fungsi
social dari ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai
kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya,
sesuai dengan konteks penggunaanya
|
3.10.1
Mengidentifikasi fungsi social dan
unsur kebahasaan dari ungkapan mengecek pemahaman
3.10.2
Menyebutkan ungkapan mengecek pemahaman
3.10.3
Merespon ungkapan mengecek pemahaman
|
4.1. Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian,
mengecek pemahaman dan mengharggai kinerja yang baik, serta meminta dan mengungkapkan
pendapat dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
4.1.1 Menulis teks
lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan mengecek pemahaman
|
2.1
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab
dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
|
2.1.1 Menunjukkan
sikap santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman
2.2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam
melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Disajikan teks
lisan sederhana mengecek pemahamn peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi
social dan unsur kebahasaan dengan benar
2. Disajikan teks
lisan sederhana meminta perhatian peserta
didik dapat menyebutkan ungkapan mengecek pemahaman dengan benar
3. Disajikan teks
lisan sederhana mengecek pemahaman peserta didik dapat merespon ungkapan dengan
benar.
4. Peserta didik dapat menulis teks lisan
sederhana mengecek pemahaman dengan unsur kebahasaan dan struktur teks
yang benar.
5.
Disajikan teks lisan sederhana mengecek
pemahaman peserta didik dapat menunjukkan sikap santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman
6. Disajikan
teks lisan sederhana mengcek pemahaman peserta didik dapat menunjukkan perilaku
percaya diri dalam melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Teks
lisan dan tulis untuk meminta perhatian serta
responnya
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
Struktur teks
(ungkapan
hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
Expression
|
Respon
|
Is everything clear?
Do you understand everything?
Is there anything you don’t understand
Do you know the meaning of the word … ?
Are there any words you don’t know
Are there any strange words or expressions?
Are there any phrases you don’t know the meaning of?
Are there any questions on this text?
Is there anything else you would like to ask about?
Are there any words you’re unfamiliar with?
Has anybody got anything to ask about this text?
|
Yes,
Ma’am/ No,/ Not yet Miss/Sir/Ma’am
|
Unsur
kebahasaan
(1) Kosa kata: kata sifat sederhana
(2) Tata bahasa: kata rujukan it, they, these, those, that, this.
(3) Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat,
dengan atau tanpa a, the, this, those,
my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5) Ejaan dan tanda baca
(6) Tulisan tangan
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses
pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan
tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.
E. METODE
PEMBELAJARAN
Metode
Scientific
Model
Pembelajaran Cooperative Learning
F.
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
Media : Gambar
Alat : Laptop,projector
Sumber
belajar : Buku Bahasa Inggris, When
English Rings a bell Kelas 8 , hal: 14
G.LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pendahuluan
-
Mengucapkan
salam dan berdoa
-
Memberikan
motivasi dan apersepsi
-
Menginformasi
tujuan pembelajaran
-
Menyampaikan
skenario pembelajaran
Mengamati
·
Siswa terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain mengecek
pemahaman serta meresponnya, dalam bahasa Inggris, bahasa
Indonesia, dan bahasa lain, dengan unsur kebahasaan yang dipilih untuk mendekatkan hubungan
interpersonal dengan siswa (keteladanan).
·
Siswa dituntut untuk mencontoh keteladanan tersebut dengan meminta perhatian, serta
meresponnya, dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya.
Menanya
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain
tentang perbedaan antara ungkapan mengecek pemahaman, serta responnya, dalam
bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
Mengumpulkan
Informasi
·
Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi mengecek pemahaman
serta responnya dalam bahasa Inggris dari film, kaset,
buku teks, dsb.
·
Siswa menirukan contoh-contoh interaksi mengecek pemahaman serta responnya dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi,
dan sikap yang benar.
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi mengecek
pemahaman serta responnya.
·
Secara
kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk mengecek
pemahaman serta responnya dalam konteks pembelajaran,
simulasi, role-play, dan kegiatan
lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan ungkapan mengecek pemahaman serta responnya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa membandingkan ungkapan mengecek pemahaman serta responnya yang telah dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di
sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan mengecek
pemahaman, serta responnya, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang
dapat mendekatkan hubungan interpersonal.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan,
tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta
tulisan yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa
Inggris untuk mengecek
pemahaman serta responnya dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Penutup
·
Guru
dan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
·
Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram.
·
Memberikan
tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar
peserta didik.
·
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
H.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.
Teknik Penilaian : Unjuk
kerja
2.
Bentuk : Tes Lisan meminta perhatian dan responnya
3.
Instrumen : Perform
a dialogue for checking for understanding with your
friend based on the word given
Rubrik
Penilaian Aspek Keterampilan:
No
|
Aspek
yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Pengucapan
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
2
|
Intonasi
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
3
|
Ketelitian
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
4
|
Kelancaran
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
5
|
Action
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
|
|
Total Score
|
20
|
Rubrik
Penilaian Aspek Sikap
No Aspek yang
No
|
Aspek
yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Santun
(Respect)
|
Sangat sering menunjukan sikap santun
Sering menunjukan sikap santun
Beberapa kali menunjukan sikap santun
Pernah menunjukan sikap santun
Tidak pernah menunjukan sikap santun
|
5
4
3
2
1
|
2
|
bertanggungjawab
(responsible)
|
Sangat sering menunjukan sikap bertangungjawab
Sering menunjukan sikap bertanggungjawab
Beberapa kali menunjukan sikap bertanggungjawab
Pernah menunjukan sikap bertanggungjawab
Tidak pernah menunjukan sikap bertanggung
|
5
4
3
2
1
|
3
|
Jujur
(honest)
|
Sangat sering menunjukan sikap kerjasama
Sering menunjukan sikap kerjasama
Beberapa kali menunjukan sikap kerjasama
Pernah menunjukan sikap kerjasama
Tidak pernah menunjukan sikap kerjasama
|
5
4
3
2
1
|
4
|
Disiplin
(discipline)
|
Sangat sering menunjukan sikap disiplin
Sering menunjukan sikap disiplin
Beberapa kali menunjukan sikap disiplin
Pernah menunjukan sikap disiplin
Tidak pernah menunjukan sikap disiplin
|
5
4
3
2
1
|
5
|
Percaya diri
(confidence)
|
Sangat sering menunjukan sikap percaya
diri
Sering menunjukan sikap percaya diri
Beberapa kali menunjukan sikap percaya
diri
Pernah menunjukan sikap percaya diri
Tidak pernah menunjukan sikap percaya
diri
|
5
4
3
2
1
|
Cipeundeuy,
Agustus 2014
Guru
Mata Pelajaran
Susilowati
Handayani,S.Pd
NIP.197606042000122001
No comments:
Post a Comment