Tweet |
Satuan Pendidikan :
SMP Negeri 2 Cipeundeuy
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VIII/1
Materi Pokok : Teks Lisan dan Tulis Menghargai
Kinerja Yang
Baik
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
KOMPETENSI INTI
·
KI 1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
·
KI 2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
·
KI 3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
·
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
KOMPETENSI DAS AR DAN INDIKATOR
3.1 Menerapkan struktur teks dan unsur
kebahasaan untuk melaksanakan fungsi
social dari ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai
kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya,
sesuai dengan konteks penggunaanya
|
3.10.1
Mengidentifikasi fungsi social dan
unsur kebahasaan dari ungkapan menghargai kinerja yang baik
3.10.2
Menyebutkan ungkapan menghargai kinerja yang baik
3.10.3
Merespon ungkapan menghargai kinerja yang baik
|
4.1. Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian,
mengecek pemahaman dan mengharggai kinerja yang baik, serta meminta dan mengungkapkan
pendapat dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
4.1.1 Menulis teks
lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan menghargai kinerja
yang baik.
|
2.1
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab
dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
|
2.1.1 Menunjukkan
sikap santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman
2.2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam
melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Disajikan teks
lisan sederhana menghargai kinerja yang baik peserta didik dapat mengidentifikasi
fungsi social dan unsur kebahasaan dengan benar
2. Disajikan teks
lisan sederhana menghargai kinerja yang baik peserta didik dapat menyebutkan
ungkapan meminta perhatian dengan benar
3. Disajikan teks
lisan sederhana menghargai kinerja yang baik peserta didik dapat merespon
ungkapan dengan benar.
4. Peserta didik dapat menulis teks lisan
sederhana menghargai kinerja yang baik dengan unsur kebahasaan dan struktur
teks yang benar.
5. Disajikan
teks lisan sederhana menghargai kinerja yang baik peserta didik dapat
menunjukkan sikap santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi dengan guru
dan teman
6. Disajikan
teks lisan sederhana menghargai kinerja yang baik peserta didik dapat
menunjukkan perilaku percaya diri dalam melaksanakan komunikasi dengan guru dan
teman.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Teks
lisan dan tulis untuk menghargai kinerja
yang baik serta responnya
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
Struktur teks
(ungkapan
hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
Expression
|
Respon
|
Yes,
you’ve got it.
You’ve
got the idea
Excellent,
that’s my student
There’s
nothing wrong with your answer.
What
you said was perfectly all right.
You didn’t make a single mistake.
Good
Job
You
are talented
|
Thank you
That’s a kind of you
|
Unsur
kebahasaan
(1) Kosa kata: kata sifat sederhana
(2) Tata bahasa: kata rujukan it, they, these, those, that, this.
(3) Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat,
dengan atau tanpa a, the, this, those,
my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5) Ejaan dan tanda baca
(6) Tulisan tangan
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses
pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan
tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.
E. METODE
PEMBELAJARAN
Metode
Scientific
Model
Pembelajaran Cooperative Learning
F.
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
Media : Gambar
Alat : Laptop,projector
Sumber
belajar : Buku Bahasa Inggris, When
English Rings a bell Kelas 8 ,
hal: 10
F. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pendahuluan(5
menit)
-
Mengucapkan
salam dan berdoa
-
Memberikan
motivasi dan apersepsi
-
Menginformasi
tujuan pembelajaran
-
Menyampaikan
skenario pembelajaran
Mengamati
·
Siswa terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain menghargai
kinerja yang baik serta meresponnya, dalam bahasa Inggris, bahasa
Indonesia, dan bahasa lain, dengan unsur kebahasaan yang dipilih untuk mendekatkan hubungan
interpersonal dengan siswa (keteladanan).
·
Siswa dituntut untuk mencontoh keteladanan tersebut dengan menghargai
kinerja yang baik, serta meresponnya, dalam bahasa Inggris dan bahasa
lainnya.
Menanya
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain
tentang perbedaan antara ungkapan menghargai
kinerja yang baik, serta responnya, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam
bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak
melakukan, dsb.
Mengumpulkan
Informasi
·
Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi menghargai
kinerja yang baik serta responnya dalam bahasa Inggris dari film, kaset,
buku teks, dsb.
·
Siswa menirukan contoh-contoh interaksi menghargai kinerja yang baik serta responnya dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi,
dan sikap yang benar.
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi menghargai
kinerja yang baik serta responnya.
·
Secara
kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk meminta perhatian serta responnya dalam konteks pembelajaran,
simulasi, role-play, dan kegiatan
lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan ungkapan menghargai kinerja yang baik serta responnya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber
tersebut di atas.
·
Siswa membandingkan ungkapan menghargai kinerja yang baik serta responnya yang telah dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di
sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan menghargai
kinerja yang baik, serta responnya, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang
dapat mendekatkan hubungan interpersonal.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan,
tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta
tulisan yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa
Inggris untuk meminta perhatiaan
serta responnya
dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Penutup(10
menit)
·
Guru
dan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
·
Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram.
·
Memberikan
tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar
peserta didik.
·
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.
Teknik Penilaian : Unjuk
kerja
2.
Bentuk : Tes Lisan meminta perhatian dan responnya
3.
Instrumen : Perform
a dialogue for appreciating a good work with your friend
based on the word
given
Rubrik
Penilaian Aspek Keterampilan:
No
|
Aspek
yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Pengucapan
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
2
|
Intonasi
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
3
|
Ketelitian
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
4
|
Kelancaran
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
5
|
Action
|
Excellent
Good
Fair
Poor
|
4
3
2
1
|
|
|
Total Score
|
20
|
Rubrik
Penilaian Aspek Sikap
No Aspek yang
No
|
Aspek
yang
Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Santun
(Respect)
|
Sangat sering menunjukan sikap santun
Sering menunjukan sikap santun
Beberapa kali menunjukan sikap santun
Pernah menunjukan sikap santun
Tidak pernah menunjukan sikap santun
|
5
4
3
2
1
|
2
|
bertanggungjawab
(responsible)
|
Sangat sering menunjukan sikap bertangungjawab
Sering menunjukan sikap bertanggungjawab
Beberapa kali menunjukan sikap bertanggungjawab
Pernah menunjukan sikap bertanggungjawab
Tidak pernah menunjukan sikap bertanggung
|
5
4
3
2
1
|
3
|
Jujur
(honest)
|
Sangat sering menunjukan sikap kerjasama
Sering menunjukan sikap kerjasama
Beberapa kali menunjukan sikap kerjasama
Pernah menunjukan sikap kerjasama
Tidak pernah menunjukan sikap kerjasama
|
5
4
3
2
1
|
4
|
Disiplin
(discipline)
|
Sangat sering menunjukan sikap disiplin
Sering menunjukan sikap disiplin
Beberapa kali menunjukan sikap disiplin
Pernah menunjukan sikap disiplin
Tidak pernah menunjukan sikap disiplin
|
5
4
3
2
1
|
5
|
Percaya diri
(confidence)
|
Sangat sering menunjukan sikap percaya
diri
Sering menunjukan sikap percaya diri
Beberapa kali menunjukan sikap percaya
diri
Pernah menunjukan sikap percaya diri
Tidak pernah menunjukan sikap percaya
diri
|
5
4
3
2
1
|
Cipeundeuy,
Agustus 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Agus, S.Pd Susilowati
Handayani,S.Pd
Pembina NIP.197606042000122001
NIP. 195708171986031016
No comments:
Post a Comment