Tweet |
SMP : SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/2
Tahun Pelajaran :
Waktu : 2 x 40’ (1 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
7.Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan llingkungan terdekat
Kompetensi Dasar :
7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi fakta
I. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1. Memahami meminta,memberi jasa
2. Merespon meminta,memberi jasa
3. Memahami dan merespon percakapan meminta,memberi jasa
4. Mendemonstrasikan percakapan meminta,memberi jasa
II. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary yang berhubungan dengan meminta,memberi jasa :
The espressions to ask for someone’s help
- Can you help me, Please help me, Can you do me a favour,please?,
- Would you be so kind as to...?
- The expression to give help to someone
- Let me give you a hand, May I help you,May I help you with...,Sir/Ma am?
To accept and reject someone’s help
- Of course, Ok
- No, It’s not necessary
- Thank you for offering,but...
3. Phrases misalnya : help me,of course, Great , yes sure
4. Communicative purpose dari teks transactional interpersonal
dan latihannya
5. Sentences dan latihannya :
- • can you help me ?
- • Sure, what can I do for you?
- • Here, I’ll do it for you
- • Thank you
Taken from : English in Focus 1, page 105
Mrs.Anwar is Luki’s mother. She cooks for the dinner now.
Mrs. Anwar : Luki, come here.
Luki : Yes mom. What’s the matter?
Mrs.Anwar : Luki, can you get me some chilies from the refrigerator please?
Luki : Yes, sure Mom. What are you making anyway,Mom?
Mrs.Anwar : I will make rendang,Luki. Your father likes it very much
III. Metoda Pembelajaran
a. Learning question
b. Modelling
c. Practice
d. P-P-P
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan untuk pertemuan
- Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta suasana kekeluargaan
- Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
- Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
- Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
- Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
- Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
- Siswa merespon meminta,memberi,menolak jasa
- Siswa merespon pertanyaan2 mengenai meminta,memberi jasa
- Siswa mendengarkan contoh2 dialog sederhana mengenai meminta,memberi jasa
- Siswa mengucapkan ulang ungkapan2 meminta,memberi jasa yang didengar dengan bimbingan guru.
- Siswa melengkapi dialog sederhana yang diperdengarkan
3. Kegiatan Akhir
- Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang diajarkan guru
- Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal dan telah dipahami maupun hal2 yang dipelajari baik yg menyenangkan atau tidak menyenangkan
- Siswa diberi tugas terstruktur untuk memantapkan kompetensi meminta,memberi dan menolak jasa
- Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg disampaikan guru
- Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan (English in Focus 2)
b. LKS Galileo
VI. Tugas Terstruktur
a. Siswa melengkapi dialog sederhana
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
a. Melengkapi dialog memberi jasa
b. Melengkapi dialog Meminta jasa
Penilaian Teknik Bentuk
Teks Tulis Melengkapi
Penilaian Instrumen :
Tes tulis Melengkapi
1. Mahrum : …….
Sinta : Sure, will you bring me a pail
of Water ?
Mahrum : certainly
2. Andi : Shall we go to see the football
match?
Said : Yes, but we must finish the work
Before We go?
Andi :………………..
Said : Yes, Thank
3. Ria : Lets play badminton !
Ani : Alright, but I must clean the
house before we play it.
Ria : Can I help you?
Ani : ……….I can do it my self
4. Ana : …………………..
Ati : Of course, What can I for you ?
Ana :can you turn on the light for me?
Ana : sure
Ati : Thank you
5. Rini : That briefcase are s heavy,………
Sari : sure, let me carry those for youPedoman Penilaian
1. Jumlah skor maksimal per siswa 100
2. Perhitungan nilai akhir : 5x 20 = 10
Created by Susilowati Handayani, SMPN 2 Cipeundeuy
No comments:
Post a Comment