Tweet |
SMP : SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/2
Tahun Pelajaran :
Waktu : 1 x 40’ (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
7.Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan llingkungan terdekat
Kompetensi Dasar :
7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi fakta
I. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1. Memahami meminta,memberi fakta
2. Merespon meminta,memberi fakta
3. Memahami dan merespon percakapan meminta,memberi fakta
5. Mendemonstrasikan percakapan meminta,memberi fakta
II. Materi Pembelajaran
5. Vocabulary + phrases + sentences yang berhubungan
dengan meminta,memberi fakta
The espressions to ask facts from someone (Middle)
• can you you tell me what’s going on?
• Tell me more about it.
• How did it happen?
• How come?
The espressions to ask facts from someone (Strong)
• I must know what happened
• I need to know the facts
• I’d like to know more about it
The expression to give facts to someone
• Here’s the fact/story...
• Let me tell you..../ the fact...
• Well the story is like this...
6. Spelling and punctuation dengan latihannya
7. Communicative purpose dari teks transactional interpersonal
dan latihannya
8. Dialog dan latihannya
Taken from : English in Focus 1, page 128
Ryan : Did you hear that Rara got 1 billion rupiahs?
Desy : You are kidding.How? Tell me the story
Ryan : Here’s the story. Her sister,Riri, entered a lottery using Rara’s name. One month Later, a letter came and telling that Rara got 1 billion rupiahs.
Desy : Wow, what a nice suprise !
III. Metoda Pembelajaran
a. Learning question
b. Modelling
c. Practice
d. P-P-P
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta suasana kekeluargaan
- Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
- Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
- Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
- Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
- Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
- Siswa merespon meminta,memberi fakta
- Siswa merespon pertanyaan2 mengenai meminta,memberi fakta
- Siswa mendengarkan contoh2 dialog sederhana mengenai meminta,memberi fakta
- Siswa mengucapkan ulang ungkapan2 meminta,memberi fakta yang didengar dengan bimbingan guru.
- Siswa melengkapi dialog sederhana yang diperdengarkan
c. Kegiatan Akhir
- Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang diajarkan guru
- Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal dan telah dipahami maupun hal2 yang dipelajari baik yg menyenangkan atau tidak menyenangkan
- Siswa diberi tugas terstruktur untuk memantapkan kompetensi meminta,memberi dan menolak barang
- Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg disampaikan guru
- Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan (English in Focus 1)
b. LKS Galileo
VI. Tugas Terstruktur
c. Siswa melengkapi dialog sederhana
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Melengkapi dialog memberi, dan meminta barang
Penilaian Bentuk
Teks tulis melengkapi
Taken from : English in Focus 1,page 124
Practise 3
Listen to the dialogues from the tape and complete the following missing word
1. really
2. this morning
3. can
4. tell
5. defeated
krisna : Neta, did you watch the sport
news (1)…………?
Neta : I didn’t. (2)……you (3)……me the
Result of Manchester United’s
Match Against Liverpool?
Krisna : Well,Liverpool (4)……Manchester
United by 3 goals to 1
Neta : (5)…..? How come?
Krisna : It’s fantastic ! Dirk Kuyt scored
A hat-trick in the game
Pedoman Penilaian
a. Jumlah skor maksimal per siswa 100
b. Perhitungan nilai akhir : 5 x 20 = 100
No comments:
Post a Comment