Tweet |
SMP : SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII/2
Tahun Pelajaran :
Waktu : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
7.Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan llingkungan terdekat
Kompetensi Dasar :
7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi ) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak turur : meminta dan memberi pendapat dan menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, dan merespon secara interpersonal
I. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1. Memahami memintadan memberi pendapat
2.Merespon meminta dan memberi pendapat
3.Memahami dan merespon percakapan meminta dan memberi pendapat
4.Mendemonstrasikan percakapan meminta dan memberi pendapat
II. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary + phrases + sentences yang berhubungan
dengan meminta,memberi pendapat
The espressions to ask for opinion
• What do you think....?
• What is your opinion about....?
• What about...?
• What would you say to ....?
The expression to give opinion
• I think it’s a good idea.
• I must say....
• Don’t you think...?
• I’d say.....
2. Spelling and punctuation dengan latihannya
3. Communicative purpose dari teks transactional interpersonal
dan latihannya
4. Dialog dan latihannya
Taken from; English in Focus 1,page 91
Chica : Damar, what do you think of Indonesian horror movies in the cinemas recently?
I mean, do you like them?
Damar : Well,I’d say I don’t really like them. I’d prefer comedy.
Chica : Why? Horror movie is very entertaining.
Damar : In my opinion, why do we pay just to be frightened ?
Chica : And why do we pay just to laugh? hahahaha
III. Metoda Pembelajaran
a.Learning question
b.Modelling
c.Practice
d.P-P-P
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan untuk pertemuan
- Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta suasana kekeluargaan
- Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
- Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
- Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
- Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
- Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
b. Kegiatan Inti
- Siswa merespon meminta,memberi pendapat
- Siswa merespon pertanyaan2 mengenai meminta dan memberi pendapat
- Siswa mendengarkan contoh2 dialog sederhana mengenai meminta dan memberi pendapat
- Siswa mengucapkan ulang ungkapan2 meminta dan memberi pendapat yang didengar dengan bimbingan guru.
- Siswa melengkapi dialog sederhana yang diperdengarkan
c. Kegiatan Akhir
- Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang diajarkan guru
- Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal dan telah dipahami maupun hal2 yang dipelajari baik yg menyenangkan atau tidak menyenangkan
- Siswa diberi tugas terstruktur untuk memantapkan kompetensi
- Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg disampaikan guru
- Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan (English in Focus 1)
b. LKS Galileo
VI. Tugas Terstruktur
d. Siswa melengkapi dialog sederhana
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Melengkapi dialog meminta dan memberi pendapat
Penilaian Teknik Bentuk
Teks tulis melengkapi
Taken from English in Focus 1 page 86 Practice 3
Listen to a dialogue from the teacher/tape then fill in the blanks. Work in pairs
Lea : Do you know that jimmy has a new
Car ?
Gito: (1)…….it’s a nice car. (2)…..?
Lea : (3)… . …….It’s too early for him to
Have a car ?
Gito: I know what you mean. (4)……..
He should wait for another four
Years.
Lea : You’re right
Pedoman Penilaian
1.Jumlah skor maksimal per siswa 100
2.Perhitungan nilai akhir : 4x 25 = 100
Created by Susilowati Handayani, SMPN 2 Cipeundeuy
No comments:
Post a Comment