Tweet |
Can you come to my Tea Party? |
SMP : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/1
Tahun Pelajaran : ---
Waktu : 1 x 40’ (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
Listening
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar :
1.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
I. Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1. Memahami mengundang,menerima dan menolak ajakan,
2.Merespon mengundang,menerima dan menolak ajakan
3.Memahami dan merespon percakapan mengundang,
menerima dan menolak ajakan
4.Mendemonstrasikan percakapan mengundang,
menerima dan menolak ajakan
II. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary + phrases + sentences yang berhubungan
dengan mengundang menerima dan menolak ajakan
The espressions to invite someone
• Shall we.........
• Can you come to....
• Would you like to come?
• I’d very much like you to come
The expression to accept the invitation
• Yes certainly, I will come
• Absolutely, count me in
• I would very much
• Yes, I’d like nothing better.
The expression to decline the invitation
• I’m terribly sorry,. I don’t think I can
• I’m very sorry. I can’t
• Thank you very much, but....
2. Spelling and punctuation dengan latihannya
3. Communicative purpose dari teks transactional interpersonal dan latihannya
4. Dialog dan latihannya
Diana,her friend Sinta and Toni are walking home from school. They are talking about party at Diana’s house tonight.
Diana : Sinta, I am going to have a party tonight. Would you like to come?
Sinta : I’d love to
Your friend invites you to play football
Andi : Would you like to play football game at 3 p.m with me?
Asep: I’m terribly sorry. I don’t think I can’t. I have to do my homework
Dari Hal : 54, English in focus 2
III. Metoda Pembelajaran
a.Learning question
b.Modelling
c.Practice
d.P-P-P
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.Kegiatan Pendahuluan untuk pertemuan
1. Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta
suasana kekeluargaan
2. Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
3. Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
4. Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan dipelajari
6. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
7. Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
b.Kegiatan Inti
1. Siswa merespon meminta,memberi pendapat
2. Siswa merespon pertanyaan2 mengenai mengundang,
menerima dan menolak ajakan
3. Siswa mendengarkan contoh2 dialog sederhana
mengenai mengundang, menerima
Menolak ajakan
4. Siswa mengucapkan ulang ungkapan2 mengundang,
menerima dan menolak ajakan yang didengar
dengan bimbingan guru.
5. Siswa melengkapi dialog sederhana yang diperdengarkan
c.Kegiatan Akhir
1. Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang diajarkan guru
2. Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal
dan telah dipahami maupun hal2 yang dipelajari baik
yg menyenangkan atau tidak menyenangkan
3. Siswa diberi tugas terstruktur untuk memantapkan
kompetensi
4. Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg disampaikan guru
5. Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada pertemuan
berikutnya.
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan (English in Focus 2)
b. LKS Galileo
VI. Tugas Terstruktur
e. Siswa melengkapi dialog sederhana
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Melengkapi dialog mengundang,meminta dan menolak ajakan
Penilaian
Teknik Bentuk
Tes tulis Melengkapi
Instrumen
At break time, Erwin is reading a book in class,then suddenly Dewi comes and greet him.
Dewi : Hi, Erwin. (1)…………..
Erwin : Well, I’m reading an English Book.
We’re having a test tomorrow,
Remember?
Dewi : Wow (2)………….
Erwin : Not at all I just don’t have anything to do
Dewi : By the way, I’m going to have birthday
Party at my house this Sunday. I’m
Thirteen now.
Dewi : (3)……….
Erwin : I’m terribly sorry, (4)…….. I have to go
To my grandma’s house this Sunday. She
Is ill.
Dewi : I’m sorry to hear that. I hope she’ll get
Well soon.
Erwin : thank
You’re very diligent,
Would you like to come
What are you doing
I don’t think I can’t
Pedoman Penilaian
1.Jumlah skor maksimal per siswa 100
2.Perhitungan nilai akhir : 4x 20 = 100
Created by Susilowati Handayani SMPN 2 Cipeundeuy Kab.Bandung Barat
itu sangat bermanfaat.. makssih :)
ReplyDelete