Tweet |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARA
SMP : SMP
NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas / Semester :
VIII/1
Tahun
Pelajaran : 2012-2013
Waktu : 2 x 40’
(2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi
:
Reading
5. Memahami makna teks tulis
fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk descriptive
danrecount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar :
5.3
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei
pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
dalam teks berbentuk descriptive dan recount
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Menentukan persamaan kata
b. Menghafal persamaan kata
Karakter siswa yang diharapkan:
1.
Dapat di percaya ( Trustworthines)
2.
Rasa Hormat dan Perhatian (Respect)
3.
Tekun (Diligence)
4.
Bertanggung Jawab (Responsibility)
5. Berani (Courage)
11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary berkaitan dengan synonym:
Lost,
missing
Crash,
smash
|
Enjoy,
like
Damp,wet
|
Arrive,
come
Close,
near
|
Strange,weird
Amazed,
surprised
|
Error,
mistake
Infant,
baby
|
3. Cara Menentukan persamaan kata dengan menggunakan kamus
III. Metode
Pembelajaran
a.
Tanya jawab
b. Diskusi
c.
P-P-P
IV. Langkah –Langkah Kegiatan
Pembelajaran,
a. Kegiatan Pendahuluan
(Eksplorasi)
a. Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta
suasana kekeluargaan
b. Siswa merespon pertanyaan guru tentang
kehadiran
c. Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
d. Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan
dipelajari
e. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang
akan dicapai
f.
Menyampaikan
cakupan materi dan penilaiannya
b. Kegiatan Inti (Elaborasi)
a. Siswa dibagi menjadi 4 grup (pr) dan 4 grup
(lk)
b. Tiap grup mendapat 6 buah kartu
c. Siswa mencari arti kata
d. Grup (lk) mencari pasangan kartu
(persamaan
kata) di grup (pr)
Lk : Do you
have synonym of this word?
Pr : What
the meaning of the word?
Lk :……
Pr : Yes, We
do/ No, We don’t
e.
Tiap grup
saling bertukar persamaan kata
dan mencatatnya ( 24 pasang kata)
f.
Tiap grup
menghafal ke 24 kata sinonim
dan mempresentasikannya di depan kelas
c. Kegiatan Akhir
a. Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2
yang diajarkan guru
b. Siswa memberi refleksi/komentar tentang
hal-hal dan telah dipahami maupun hal2 yang
dipelajari baik yg menyenangkan
atau
tidak menyenangkan
c. Siswa diberi tugas terstruktur untuk
memamtapkan kompetensi
d. Siswa memperhatikan harapan2 dan
nasihat yg
disampaikan guru
e. Mempersiapkan materi yang akan
dibahas pada
pertemuan berikutnya.
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan ( LKS + English in
Focus 2 )
b. Kamus
c.
24 pasang sinonim
VI. Tugas terstruktur
Siswa mencari persamaan kata dalam kamus
sebanyak 10 buah,
kemudian dihafalkan berikut terjemahannya
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|
a.Menentukan persamaan
kata
|
Tes
lisan
|
performance
|
24 kata synonym
|
Rubrik
penilaian
1 hafalan
persamaan kata = 4,17
Soal 24
x 4,17 =
100
Score
maksimal = 100
Created by Susilowati Handayani
semoga bermanfaat...
ReplyDelete