RPP Berkarakter Bahasa Inggris Kelas 8 Semester 1, Reading Aspec, Finding main idea, factual information in description text, animal theme


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP                                                       : SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran                                 : Bahasa Inggris
Kelas     / Semester                         : VIII/1
Tahun Pelajaran                               : 2009-2010
Waktu                                                  : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)



Standar Kompetensi :
    Reading
5. Memahami makna teks tulis fungsional  dan esei pendek sederhana  berbentuk descriptive
    danrecount  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.

Kompetensi Dasar :
5.3   Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a.       Mengidentifikasi gagasan utama dari teks berbentuk deskripsi
b.      Menentukan gambaran umum dari teks
c.       Menentukan informasi yg tersurat
d.      Menentukan makna kata dari teks
e.      Menentukan tujuan komunikasi dari teks


Karakter siswa yang diharapkan:
1.       Dapat di percaya ( Trustworthines)
2.       Rasa Hormat dan Perhatian (Respect)
3.       Tekun (Diligence)
4.       Bertanggung Jawab (Responsibility)
     5.     Berani (Courage)

11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary berkaitan dengan girrafe : mammal, tall,spots,horn, lash,head,gallop,strong,legs
2. Kata2 kunci untuk menentukan gambaran umum, gagasan utama
3. Tujuan Komunikasi dari teks
4. Present Tense : A girrafe is a mammal
5. Contoh teks Deskripsi

Langkah  Retorika
Contoh Teks
Identification
A giraffe is a mammal.
Description
      It’s about six meters tall. It eats leaves. It has a big brown eyes. They are protected by very thick lashes. The skin has many spots. The spots are brown. This coloring helps the giraffe from its enemy. It also has two short horns on its head.
      The giraffe has two methods of self protection. If something frightens an adult giraffe, it can gallop away at about fifty kilometer  per hour or stay to fight with its strong legs
III. Metode Pembelajaran
a.       Tanya jawab
b.      Diskusi
c.       P-P-P

IV.  Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan(Eksplorasi)
1.       Siswa merespon pertanyaan guru 
           agar tercipta suasana kekeluargaan
2.       Siswa merespon pertanyaan guru 
           tentang kehadiran
3.       Berpartisipasi aktif dalam proses
           pembelajaran
4.       Guru mengajukan pertanyaan yang
           mengaitkan pengetahuan sebelumnya
           dengan materi yang akan dipelajari
5.       Menjelaskan tujuan pembelajaran
           atau KD yang akan dicapai
6.       Menyampaikan cakupan materi 
           dan penilaiannya

b.      Kegiatan Inti(Elaborasi)
1.       Siswa membaca teks deskripsi
           selama 15 menit
2.       Siswa mempelajari tujuan komunikatif
          dan langkah retorika teks recount
          yang dijelaskan oleh guru
3.       Siswa mempelajari kalimat yang
           mewakili identifikasi dan deskripsi
4.       Siswa mempelajari kata-kata yang 
           kunci dalam teks untuk menentukan
           gambaran umum, informasi rinci
           dan informasi tersurat
5.       Siswa mencari kata-kata yang sulit
            dalam teks
6.        Siswa menemukan arti kata yang 
           sulit
7.       Siswa mencari kata-kata yang kunci 
           dalam teks untuk menentukan
           gambaran umum, informasi rinci dan 
           informasi tersurat
8.       Siswa menjawab pertanyaan bacaan

c.               Kegiatan Akhir(Konfirmasi)
1.       Siswa memperhatikan simpulan
           tentang hal2 yang diajarkan guru
2.       Siswa memberi refleksi/komentar 
           tentang hal-hal dan telah dipahami 
           maupun hal2 yang dipelajari baik yg
            menyenangkan atau tidak menyenangkan
3.        Siswa diberi tugas terstruktur untuk
            memamtapkan kompetensi
4.        Siswa memperhatikan harapan2 dan
            nasihat yg disampaikan guru
5.        Mempersiapkan materi yang akan 
            dibahas pada pertemuan berikutnya.

V.    Sumber dan Media Pembelajaran
       a. Buku teks relevan ( LKS + English in Focus 2 )
       b. Gambar yang relevan
       c. Kamus

VI.  Tugas terstruktur

        Siswa mengindetifikasi langkah retorika dari teks deskripsi  (terlampir)

VII. Penilaian

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
a.       Mengidentifikasi gagasan utama dari teks berbentuk deskripsi
b.      Menentukan gambaran umum dari teks
c.        Menentukan informasi yg tersurat
d.      Menentukan makna kata dari teks
e.      Menentukan tujuan komunikasi dari teks

Tes Tulis
Uraian
  1. What is the main idea of Paragraph 2 ?


  1. What is the text talk about ?

  1. What is the colour of the giraffe spot?
  2. It can gallop away at….The underlined word means…

  1. What is the purpose of the text above?


  1. Pedoman Penilaian

1, Tiap nomor yang benar diberi nilai 2
2. Jumlah score maksimal 2 x 5 = 10
3. Perhitungan nilai akhir adalah sebagai berikut:
    Nilai akhir =  Perolehan score  x score ideal (10)
                               Total score maks

Created by SUsilowati Handayani, SMPN 2 Cipeundeuy,KBB 2012


1 comment: