Tweet |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SMP :
SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VIII/1
Tahun Pelajaran : 2009-2010
Waktu :
2 x 40’ (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
Reading
5. Memahami makna teks tulis
fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk descriptive
danrecount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar :
5.3
Merespon makna dan
langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran siswa dapat :
a. Mengidentifikasi gagasan utama dari teks berbentuk
deskripsi
b. Menentukan gambaran umum dari teks
c. Menentukan informasi
yg tersurat
d. Menentukan makna kata dari teks
e. Menentukan tujuan komunikasi dari teks
Karakter siswa yang diharapkan:
1.
Dapat di percaya ( Trustworthines)
2.
Rasa Hormat dan Perhatian (Respect)
3.
Tekun (Diligence)
4.
Bertanggung Jawab (Responsibility)
5. Berani (Courage)
11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary
berkaitan dengan girrafe : mammal,
tall,spots,horn, lash,head,gallop,strong,legs
2. Kata2 kunci untuk menentukan gambaran umum, gagasan utama
3. Tujuan
Komunikasi dari teks
4. Present Tense : A girrafe is a mammal
5. Contoh teks
Deskripsi
Langkah Retorika
|
Contoh
Teks
|
Identification
|
A giraffe is a mammal.
|
Description
|
It’s
about six meters tall. It eats leaves. It has a big brown eyes. They are
protected by very thick lashes. The skin has many spots. The spots are brown.
This coloring helps the giraffe from its enemy. It also has two short horns
on its head.
The
giraffe has two methods of self protection. If something frightens an adult
giraffe, it can gallop away at about fifty kilometer per hour or stay to fight with its strong
legs
|
III. Metode Pembelajaran
a.
Tanya jawab
b.
Diskusi
c.
P-P-P
IV. Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan
Pendahuluan(Eksplorasi)
1.
Siswa
merespon pertanyaan guru
agar tercipta suasana kekeluargaan
2.
Siswa
merespon pertanyaan guru
tentang kehadiran
3.
Berpartisipasi
aktif dalam proses
pembelajaran
4.
Guru
mengajukan pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya
dengan materi yang
akan dipelajari
5.
Menjelaskan
tujuan pembelajaran
atau KD yang akan dicapai
6.
Menyampaikan
cakupan materi
dan penilaiannya
b.
Kegiatan
Inti(Elaborasi)
1.
Siswa
membaca teks deskripsi
selama 15 menit
2.
Siswa
mempelajari tujuan komunikatif
dan langkah retorika teks recount
yang
dijelaskan oleh guru
3.
Siswa
mempelajari kalimat yang
mewakili identifikasi dan deskripsi
4.
Siswa mempelajari
kata-kata yang
kunci dalam teks untuk menentukan
gambaran umum, informasi rinci
dan informasi tersurat
5.
Siswa mencari
kata-kata yang sulit
dalam teks
6.
Siswa
menemukan arti kata yang
sulit
7.
Siswa
mencari kata-kata yang kunci
dalam teks untuk menentukan
gambaran umum,
informasi rinci dan
informasi tersurat
8.
Siswa
menjawab pertanyaan bacaan
c.
Kegiatan Akhir(Konfirmasi)
1.
Siswa
memperhatikan simpulan
tentang hal2 yang diajarkan guru
2.
Siswa
memberi refleksi/komentar
tentang hal-hal dan telah dipahami
maupun hal2 yang dipelajari
baik yg
menyenangkan atau tidak menyenangkan
3.
Siswa diberi
tugas terstruktur untuk
memamtapkan kompetensi
4.
Siswa
memperhatikan harapan2 dan
nasihat yg disampaikan guru
5.
Mempersiapkan
materi yang akan
dibahas pada pertemuan berikutnya.
V. Sumber
dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan ( LKS + English in Focus
2 )
b. Gambar yang relevan
c. Kamus
VI. Tugas terstruktur
Siswa mengindetifikasi langkah retorika
dari teks deskripsi (terlampir)
VII. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|
a. Mengidentifikasi gagasan utama dari teks berbentuk deskripsi
b. Menentukan gambaran umum dari teks
c. Menentukan informasi yg tersurat
d. Menentukan makna kata dari teks
e. Menentukan tujuan komunikasi dari teks
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
|
- Pedoman Penilaian
1, Tiap nomor yang benar diberi nilai 2
2. Jumlah score maksimal 2 x 5 = 10
3. Perhitungan nilai akhir adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = Perolehan score x score ideal (10)
Total score maks
Created by SUsilowati Handayani, SMPN 2 Cipeundeuy,KBB 2012
semoga bermanfaat...
ReplyDelete