Tweet |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP :
SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata
Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VIII/2
Tahun
Pelajaran :
2012-2013
Waktu :
2 x 40’ (1 kali pertemuan)
Standar
Kompetensi :
12. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative
untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar :
12.2Mengungkap kan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
berbentuk recount dan narrative
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
1.
Membuat Kalimat Past Tense
2.
Menyusun Kalimat Acak menjadi paragraph yang benar
Karakter siswa yang
diharapkan:
1.
Dapat
di percaya ( Trustworthines)
2.
Rasa
Hormat dan Perhatian (Respect)
3.
Tekun
(Diligence)
4.
Bertanggung
Jawab (Responsibility)
5.
Berani
(Courage)
1. Vocabulary berkaitan dengan Teks Narrative CINDERELLA : Princess, prince, fairy God mother, castle,
steph sisters, steph mother, ball, glass shoe,
2. Sentences (Past Tense) Misal :
Subjek + Kata kerja 2 + O + Adv.of time
Contoh
Kalimat :
Once upon a
time there lived a girl named Cinderella
Cinderella
lived with her steph mother and 2 step sister
Cinderella
danced with the prince
4. Contoh teks narrative dan langkah retorikanya
Langkah retorika
|
Contoh teks
|
Orientation
(Tokoh,waktu, dan tempat
|
BUGGY RACE
Once upon a time there lived two best
friends, the hare and tortoise. They liked to race against each other, but
the hare always won.
|
Complication
(timbullnya masalah/konflik)
|
One day, the hare asked the tortoise to race down to the beach. The
tortoise refused, he said he will lose anyway. The hare replied in a kind
voice that he felt sorry about it.
But the next day, the hare found a way to race the tortoise that would
be fair and lots of fun too. He asked the tortoise to come with him. The
tortoise was slowly plodding over the sandhill towards the beach.
|
Resolution
(penyelesaian masalah)
|
Now the two friends can race against each other all day and something
tells me that the tortoise might win this time.
(taken from English in Focus 2,page 88)
|
III.
Metode Pembelajaran
a.
Tanya jawab
b.
Diskusi
c.
P-P-P
IV. Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan (Eksplorasi)
1.
Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta
suasana kekeluargaan
2.
Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
3.
Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
4.
Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
5.
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang
akan dicapai
6.
Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
b.
Kegiatan Inti (Elaborasi)
1. Siswa dibagi
menjadi 8 kelompok
2. Siswa berdiskusi
tentang Pola kalimat
past tense, langkah retorika teks naratif dibimbing oleh guru.
3. Tiap kelompok
mendapat sebuah gambar tentang penggalan kisah Cinderella
(DOWNLOAD gambar Cinderella 8)
Download Gambar Frog Prince KLIK DISINI
Download Gambar Little Mermaid KLIK DISINI
Download Gambar Beauty and The Beast KLIK DISINI
Download Gambar Frog Prince KLIK DISINI
Download Gambar Little Mermaid KLIK DISINI
Download Gambar Beauty and The Beast KLIK DISINI
4. Siswa dalam tiap
kelompok bekerja sama menyusun kalimat sesuai dengan gambar yang didapat
5. Tiap
kelompok menyerahkan kalimat tersebut
untuk diperiksa oleh guru
6. Tiap
kelompok saling bertukar kalimat sampai
terkumpul 8 kalimat
7. Siswa dalam
tiap kelompok bekerja sama menyusun kalimat
menjadi teks naratif yang benar
8. Siswa dan
guru mendiskusikan jawaban yang benar sesuai dengan formula kalimat present
tense dan mengoreksi, menjelaskan kalimat yang salah
c.
Kegiatan Akhir(Konfirmasi)
1.
Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang
diajarkan guru
2. Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal
dan telah dipahami maupun hal2 yang dipelajari baik yg menyenangkan atau tidak
menyenangkan
3.
Siswa diberi tugas terstruktur untuk memamtapkan
kompetensi menulis teks deskripsi
4.
Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg
disampaikan guru
5.
Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya.
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan ( LKS + English in
Focus 2 )
b. 8 buah gambar Cinderella
c. Kamus
VI. Tugas terstruktur
Siswa menyusun kalimat acak menjadi
paragraph yang benar (Latihan soal KLIK DISINI)
VII.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
a. make a
sentence according to the picture given
b.Arrange the
sentence into a good paragraph
(Terlampir)
|
- Pedoman Penilaian
1.Jumlah skor maksimal per siswa 10
2. Bobot tiap kalimat yang sesuai dengan susunannya 1,25
3. Perhitungan nilai akhir adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = Jumlah
soal yang benar x 1,25
Ingin membaca RPP Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 8 dengan berbagai Tema dan Aspek Keahlian dan dikemas dalam kegiatan pembelajaran yang menarik dan kreatif KLIK DISINI
No comments:
Post a Comment