Tweet |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP :
SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata
Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VIII/2
Tahun
Pelajaran :
2012-2013
Waktu :
2 x 40’ (1 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
Reading
11. Memahami
makna teks tulis fungsional dan esei
pendek sederhana berbentuk narative
danrecount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi
Dasar :
11.3
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat,
lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks
berbentuk recount dan narative
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a.
Menentukan gambaran umum dari teks
b.
Mengidentifikasi gagasan utama dari teks berbentuk narative
c.
Menentukan informasi yg tersurat
d.
Menentukan makna kata dari teks
e.
Menentukan tujuan komunikasi dari teks
Karakter siswa yang
diharapkan:
1.
Dapat di percaya ( Trustworthines)
2.
Rasa Hormat dan Perhatian (Respect)
3.
Tekun (Diligence)
4.
Bertanggung Jawab (Responsibility)
5.
Berani (Courage)
1. Vocabulary berkaitan dengan Teks
Naratif BUGGY RACE : hare, tortoise, against, won, replied, felt,
found, asked, race, might, etc
2. Spelling
& Prononciation
3. Tujuan Komunikasi dari teks
4. Simple
Past Tense
5. Contoh teks Naratif
Langkah Retorika
|
Contoh
Teks
|
Orientation
(Tokoh,waktu,
dan tempat
|
BUGGY RACE
Once
upon a time there lived two best friends, the hare and tortoise. They liked
to race against each other, but the hare always won.
|
Complication
(timbullnya
masalah/konflik)
|
One day, the hare asked the tortoise to
race down to the beach. The tortoise refused, he said he will lose anyway.
The hare replied in a kind voice that he felt sorry about it.
But the next day, the hare found a way
to race the tortoise that would be fair and lots of fun too. He asked the
tortoise to come with him. The tortoise was slowly plodding over the sandhill
towards the beach.
|
Resolution
(penyelesaian
masalah)
|
Now the two friends can race against each other all day and something
tells me that the tortoise might win this time.
(taken from English in Focus 2,page 88)
|
III. Metode
Pembelajaran
a.
Tanya jawab
b.
Diskusi
c.
P-P-P
IV. Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan (Eksplorasi)
1.
Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta
suasana kekeluargaan
2.
Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
3.
Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
4.
Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
5.
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang
akan dicapai
6.
Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
b.
Kegiatan Inti ( Elaborasi){ materi kegiatan inti KLIKDISINI)
1.
Siswa membaca teks narrative selama 15 menit
2.
Siswa mempelajari tujuan komunikatif dan langkah
retorika teks narative yang dijelaskan oleh guru
3.
Siswa mempelajari kalimat yang mewakili orientation, complication dan resolution
4.
Siswa mempelajari kata-kata yang kunci dalam
teks untuk menentukan gambaran umum, informasi rinci dan informasi tersurat
5.
Siswa mencari kata-kata yang sulit dalam teks
6.
Siswa menemukan arti kata yang sulit
7.
Siswa mencari kata-kata yang kunci dalam teks
untuk menentukan gambaran umum, informasi rinci dan informasi tersurat
8.
Siswa menjawab pertanyaan bacaan
c.
Kegiatan Akhir (Konfirmasi)
1.
Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang
diajarkan guru
2.
Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal
dan telah dipahami maupun hal2 yang dipelajari baik yg menyenangkan atau tidak
menyenangkan
3.
Siswa diberi tugas terstruktur untuk memamtapkan
kompetensi
4.
Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg
disampaikan guru
5.
Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya.
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan ( LKS
+ English in Focus 2 )
b. Kamus
VI. Tugas terstruktur
1.
Siswa mencari
contoh teks naratif di internet
2.
Siswa
membuat pertanyaan yang menanyakan tentang
·
Menentukan gambaran umum dari teks
·
Mengidentifikasi gagasan utama dari teks berbentuk narative
·
Menentukan informasi yg tersurat
·
Menentukan makna kata dari teks
·
Menentukan tujuan komunikasi dari teks
VII. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|
a.
Mengidentifikasi
gagasan utama dari teks berbentuk deskripsi
b.
Menentukan
gambaran umum dari teks
c.
Menentukan informasi yg tersurat
d.
Menentukan
makna kata dari teks
e.
Menentukan
tujuan komunikasi dari teks
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
|
- Pedoman Penilaian
1, Tiap nomor yang
benar diberi nilai 2
2. Jumlah score
maksimal 2 x 5 = 10
3. Perhitungan
nilai akhir adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = Perolehan score x score ideal (10)
Total score maks
No comments:
Post a Comment