RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Kelas 7, Teks Deskriptif (Listening)



Trisna Kristiana
SMPN 2 Cipatat
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


A.      IDENTITAS
·         Satuan Pendidikan     :     SMP Negeri 2 Cipatat
·         Mata Pelajaran             :     Bahasa Inggris
·         Kelas/Semester           :     VII/1
·         Materi Pokok                :     Teks Deskriptif
·         Keterampilan                :     Mendengarkan (Listening)
·         Alokasi Waktu              :     2 x 40 menit

B.      KOMPETENSI INTI
·        KI 1        :     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
·        KI 2        :     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
·        KI 3        :     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·        KI 4        :     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhwS39T0_TKDRzUdyqlBfjPAzw_r1mgn1Licnm8FlB0NVk21NMRsMNF0iJViEigQXc7OAcv9cFayb0T1xRnX6hKmfYXaQZ_Y3nZ5-G8tXTEORY-L0V5Dk81P9bI4fdnWQEQQoBCdzKSaYp/s1600/KURIKKULUM+2013.bmp

C.       KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

3. 10.     Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.

1.       Menyebutkan  fungsi sosial dan struktur teks teks deskriptif.


4. 12.      Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana.
2.       Mengidentifikaksi informasi rinci dalam teks lisan berbentuk deskriptif.

2. 2.         Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

3.       Menyebutkan ciri-ciri dan sifat seseorang dengan percaya diri menggunakan bahasa inggris yang berterima.

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.       Disajikan teks lisan berbentuk deskriptif tentang seseorang, peserta didik dapat menyebutkan secara lisan fungsi sosial dan struktur teks dari teks naratif
2.       Disajikan teks lisan berbentuk deskriptif tentang seseorang, peserta didik dapat mengidentifikasi informasi rinci yang terdapat di dalam teks secara tertulis dengan melengkapi teks rumpang.
3.       Peserta didik membacakan teks lisan tentang seseorang dengan percaya diri dan bertanggungjawab.

E.      MATERI PEMBELAJARAN
·         Teks deskriptif berfungsi untuk menggambarkan orang, hewan atau benda.
·         Struktur teks deskriptif:
Ø  Identification
Memperkenalkan orang, hewan atau benda yang akan digambarkan.
Ø  Description
Gambaran tentang orang, hewan atau benda yang digambarkan dengan menyebutkan ciri-ciri khusus atau sifat tertentu.
·         Kata sifat yang dapat mencirikan seseorang: smart, beautiful, handsome, tall, short, fat, slim, patient, nice, kind, wise, friendly.
·         Pendalaman materi:
Ø  Adjective, kata sifat yang memodifikasi kata benda (noun)
Contoh :    -  She is nice and smart.
-   Miss Sinta is tall and slim.

Ø  Simple present tense
Contoh :    -  She teaches English.
-   The students enjoy her class.

F.       METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan ilmiah dengan three-phase technique.

G.      MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
·         Media                      :     Teks lisan tentang deskripsi seseorang.
·         Alat                          :     Gambar dan script  teks rumpang.
·        Sumber belajar   :     Buku Bahasa Inggris, When English Rings a Bell, Edisi Revisi. Jakarta: Kemendikbud RI, 2014.

H.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.       Kegiatan Awal
·         Salam
·         Tegur sapa
·         Memeriksa kehadiran peserta didik
·         Mengaitkan materi pembelajaran di pertemuan sebelumnya dengan materi kegiatan yang akan dipelajari.
2.       Kegiatan Inti
·         Mengamati
-          Disajikan gambar tentang seorang guru yang sedang mengajar, peserta didik mengamati gambar tersebut, dengan fokus pengamatan kepada ciri-ciri khusus dan sifat.
·         Menanya
-          Peserta didik bertanya tentang gambar yang sedang ditayangkan (guru dapat mengajukan pernyataan-pernyataan yang dapat memancing perhatian peserta didik)
·         Mengumpulkan informasi
-          Peserta didik diberi pertanyaan yang mengarahkan peserta didik kepada materi pembelajaran, yaitu ciri-ciri khusus dan sifat dari guru yang mereka idolakan.
·         Mengasosiasi
-          Dibacakan teks yang menggambarkan seorang guru, peserta didik melengkapi teks rumpang berdasarkan informasi yang mereka dengar.
-          Dibacakan lagi teks untuk kedua kalinya, peserta didik diminta untuk melengkapi bagian rumpang yang belum terisi.
-          Peserta didik saling bertukar lembar kerja, dan memeriksa pekerjaan temannya.

·         Mengkomunikasi
-          Peserta didik membaca nyaring teks rumpang yang telah dilengkapi dengan jawaban yang benar.
3.       Penutup
·         Refleksi (kesimpulan kegiatan pembelajaran)
·         Memberitahukan materi untuk pertemuan selanjutnya.
·         Salam

I.        PENILAIAN
1.       Tehnik                          : Tertulis
2.       Bentuk                          : Teks Rumpang
3.       Rubrik Penilaian
a.       Penilaian Keterampilan

Fill in the blanks with the information that you get from the video!
Choose the answers from the box bellow!
Text Box: Miss Sinta

 Miss Sinta is my favorite teacher. She teaches ………….. She teaches at my class every Monday and …………... She is twenty-five years old. She is nice and …………... The students enjoy her class because it is always …………..  and challenging. 
She also teaches us at the English Club. We have English Club every ………….. afternoon. We have a lot of fun. We always have a lot of games.  She always motivates us to speak English.
 Miss Sinta is ………….. and slim. She is …………... Her ………….. is white. Her hobby is …………... She is also a good singer. She also likes playing the …………...

Text Box: English  Wednesday  smart  fun  Saturday
Tall  beautiful  skin  singing  guitar
Pedoman Penilaian
-          Setiap jawaban benar mendapat skor 1
-          Nilai peserta didik = skor yang didapat/skor maksimal  X  100

b.       Penilaian sikap
No.
Nama
Kriteria
Skor




























Bandung, 11 Agustus 2014
Guru Mata Pelajaran,

TRISNA KRISTIANA

1 comment: