Tweet |
|
A. IDENTITAS
·
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 2 Cipatat
·
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
·
Kelas/Semester : VII/1
·
Materi Pokok : Teks Deskriptif
·
Keterampilan : Mendengarkan (Listening)
·
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
B. KOMPETENSI
INTI
·
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
·
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
·
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
C. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
3. 10. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang,
binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
1. Menyebutkan fungsi sosial dan struktur teks teks deskriptif.
|
4. 12. Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan
dan tulis, sangat pendek dan sederhana.
|
2. Mengidentifikaksi
informasi rinci dalam teks lisan berbentuk deskriptif.
|
2. 2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
|
3. Menyebutkan
ciri-ciri dan sifat seseorang dengan percaya diri menggunakan bahasa inggris
yang berterima.
|
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Disajikan
teks lisan berbentuk deskriptif tentang seseorang, peserta didik dapat
menyebutkan secara lisan fungsi sosial dan struktur teks dari teks naratif
2. Disajikan
teks lisan berbentuk deskriptif tentang seseorang, peserta didik dapat
mengidentifikasi informasi rinci yang terdapat di dalam teks secara tertulis
dengan melengkapi teks rumpang.
3. Peserta
didik membacakan teks lisan tentang seseorang dengan percaya diri dan
bertanggungjawab.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
·
Teks deskriptif berfungsi untuk menggambarkan
orang, hewan atau benda.
·
Struktur teks deskriptif:
Ø Identification
|
Memperkenalkan orang, hewan atau benda yang
akan digambarkan.
|
Ø Description
|
Gambaran tentang orang, hewan atau benda
yang digambarkan dengan menyebutkan ciri-ciri khusus atau sifat tertentu.
|
·
Kata sifat yang dapat mencirikan seseorang: smart, beautiful, handsome, tall, short, fat, slim, patient, nice, kind, wise,
friendly.
·
Pendalaman materi:
Ø Adjective, kata sifat
yang memodifikasi kata benda (noun)
Contoh : - She is nice and smart.
-
Miss Sinta is tall and slim.
Ø Simple
present tense
Contoh : - She teaches English.
-
The students enjoy her class.
F. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan ilmiah dengan three-phase technique.
G. MEDIA, ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
·
Media : Teks lisan tentang deskripsi seseorang.
·
Alat : Gambar
dan script teks rumpang.
·
Sumber belajar : Buku Bahasa Inggris, When English Rings a Bell, Edisi Revisi.
Jakarta: Kemendikbud RI, 2014.
H. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Awal
·
Salam
·
Tegur sapa
·
Memeriksa kehadiran peserta didik
·
Mengaitkan materi pembelajaran di pertemuan
sebelumnya dengan materi kegiatan yang akan dipelajari.
2. Kegiatan
Inti
·
Mengamati
-
Disajikan gambar tentang seorang guru yang
sedang mengajar, peserta didik mengamati gambar tersebut, dengan fokus
pengamatan kepada ciri-ciri khusus dan sifat.
·
Menanya
-
Peserta didik bertanya tentang gambar yang
sedang ditayangkan (guru dapat mengajukan pernyataan-pernyataan yang dapat
memancing perhatian peserta didik)
·
Mengumpulkan informasi
-
Peserta didik diberi pertanyaan yang
mengarahkan peserta didik kepada materi pembelajaran, yaitu ciri-ciri khusus
dan sifat dari guru yang mereka idolakan.
·
Mengasosiasi
-
Dibacakan teks yang menggambarkan seorang
guru, peserta didik melengkapi teks rumpang berdasarkan informasi yang mereka
dengar.
-
Dibacakan lagi teks untuk kedua kalinya, peserta
didik diminta untuk melengkapi bagian rumpang yang belum terisi.
-
Peserta didik saling bertukar lembar kerja,
dan memeriksa pekerjaan temannya.
·
Mengkomunikasi
-
Peserta didik membaca nyaring teks rumpang
yang telah dilengkapi dengan jawaban yang benar.
3. Penutup
·
Refleksi (kesimpulan kegiatan pembelajaran)
·
Memberitahukan materi untuk pertemuan
selanjutnya.
·
Salam
I.
PENILAIAN
1. Tehnik : Tertulis
2. Bentuk : Teks Rumpang
3. Rubrik
Penilaian
a.
Penilaian Keterampilan
Fill in the blanks with the information that you get from the video!
Choose the answers from the box bellow!
Pedoman Penilaian
-
Setiap jawaban benar mendapat skor 1
-
Nilai peserta didik = skor yang didapat/skor
maksimal X 100
b.
Penilaian sikap
No.
|
Nama
|
Kriteria
|
Skor
|
||
Bandung, 11
Agustus 2014
Guru Mata
Pelajaran,
TRISNA KRISTIANA
makasih banyak ya , ini sangat membantu sekali
ReplyDelete