Tweet |
By : Ali Abdurochman
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaraan
Sekolah : SMP Negeri 1 Cibugel
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/ 1
Materi Pokok : Teks lisan dan tulis sederhana
untuk perkenalan diri dan responnya
Alokasi Waktu : 2 JP ( 2 X 40 Menit )
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
3.2
|
Memahami fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri, serta
responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
·
Mendapatkan informasi tentang ungkapan perkenalan diri serta
responnya
·
Menentukan ungkapan perkenalan diri dan responnya
·
Mendapatkan informasi tentang struktur teks perkenalan diri
|
4.2
|
Menyusun
teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan diri,
dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
· Melafalkan ungkapan
perkenalan diri
· Merespon ungkapan
perkenalan diri dari orang lain
· Mendemonstrasikan dialog
perkenalan diri dan memperkenlkan orang lain
·
Membuat teks dialog sederhana tentang perkenalan diri dengan
memperhatikan struktur dan unsur bahasa secara benar
|
2.1
|
Menunjukkan
perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi interpersonal dengan guru
dan teman.
|
· Santun dalam melakukan
komunikasi dengan guru/teman
|
C. Tujuan Pembelajaran :
1. Diberikan peragaan
percakapan/monolog ungkapan perkenalan diri serta responnya, siswa dapat:
1.
Mendapatkan informasi tentang fungsi teks, struktur
bahasa, dan unsur bahasa yang berkaitan dengan ungkapan perkenalan diri
2.
mendemonstrasikan ungkapan perkenalan diri.
2.
Diberikan percakapan acak dan teks rumpang tentang
perkenalan diri, siswa dapat :
1.
menyusun dan mengungkapkan teks tulis dan lisan
sederhana untuk menyatakan, menanyakan,
dan merespon perkenalan diri serta menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
percaya diri, bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi.
2.
Melengkapi teks rumpang perkenalan diri dengan benar
D. Materi
Pembelajaran :
1. Fungsi Sosial :
Memperkenalkan diri untuk menjalin hubungan interpersonal dengan guru dan
teman.
2. Struktur Teks :
Myname is ...,
I’m ...,
I live in ... ,
What’s your name?,
Where do you live?,
Nice to meet
you,
How do you do, ... dan semacamnya.
a. Pendahuluan : Salam pembuka
b. Isi : Perkenalan diri kepada orang lain
c. Penutup : Salam
penutup
3.
Unsur Bahasa :
·
Personal pronoun : I, You, He, She,
They, We
·
Possesive pronoun : My, your, his, she,
their, our
·
Intonasi
·
Pronounciation
4. Contoh Ungkapan :
a. Pendahuluan
:
Good morning
Hello
Hi
I would like to
introduce myself
This is Iwan
How do you do
b. Isi
My name is Jamal
Mirtad
This is my
friend, Iwan
He is from
Jakarta
He is a student
in our school
His hobby is
reading Quran
c. Penutup
Nice to meet you
See you
See you later
5. Contoh Teks
Introduction
(Diadaptasi dari Buku Siswa Kelas
VII “When English Rings a Bell” Hal. 25)
(Diadaptasi
dari http://www.pinasacademy.com/material_kids)
Teks Introducting
Others :
A: Hi, Rika. This is my friend, Gina.
B: Hi, Gina. Nice to meet you.
C: Hi, Rika. Nice to meet you too.
B: Where are you from?
C: I'm from Brazil.
B: Ow, Welcome to Indonesia.
C: Yes, your country is very beautiful.
(Diadaptasi
dari Buku Siswa Kelas VII “When English Rings a Bell” Hal. 28)
(Diadaptasi dari http://www.eltnews.com/columns/david_lisgo/FO2%20Self%20Introduction.gif)
E. Metode
Pembelajaran :
Scientific Learning
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media :
Slide Powerpoint, Gambar, Video percakapan perkenalan diri
Alat & Bahan :
Infocus, White board, Board marker
Sumber belajar :
Buku Paket Siswa kelas VII “When English Rings a Bell” , Gambar.
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Agenda
Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Mengucapkan
salam, menyapa siswa, mengecek kehadiran siswa dan berdoa.
b. Memberikan motivasi dan apersepsi tentang materi
pertemuan sebelumnya tentang : greeting, thanking, take leaving, apologizing
c. Menginformasikan tujuan pembelajaran.
|
10 Menit
|
Inti (Observing)
|
a.
Menampilkan/menyajikan
video/rekaman tentang interaksi perkenalan diri.
b. Guru mencatat/menilai aspek sikap dan kesungguhan/keaktifan
siswa.
c. Guru memberikan contoh/model interaksi perkenalan
diri.
|
10 Menit
|
Questioning
|
Dengan bimbingan dan
arahan guru, siswa :
a.
menanyakan atau mempertanyakan antara lain
perbedaan antara ungkapan perkenalan diri dalam bahasa Inggris, perbedaan
ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
ungkapan lain.
b.
siswa menanyakan
atau mempertanyakan ciri-ciri interaksi
perkenalan diri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan)
|
10 Menit
|
Exploring
|
a. Secara
individu siswa berlatih mendemonstrasikan untuk memperkenalkan diri
b. Siswa
dibagi dalam kelompok dengan 3 orang anggota, kemudian diminta melengkapi
teks rumpang tentang memperkenalkan orang lain.
c. Masih
dalam kelompok, siswa berlatih memperkenalkan orang lain dalam kelompok
tersebut baik secara lisan maupun tulisan.
d. Guru mengamati dan menilai
siswa yang melakukan role-play dan
kegiatan lain yang terstruktur
|
15 Menit
|
Associating
|
a.
Membandingkan ungkapan greeting,
leave-taking, dan perkenalan diri (introducing ourselves) yang
telah
dipelajari
dengan teks meperkenalkan orang lain (introducing to others) yang
sedang dipelajari.
b.
Membandingkan beberapa teks memeperkenalkan orang lain (introducing
to others) dari sumber atau buku yang berbeda.
c. Membandingkan ungkapan memeperkenalkan orang lain (introducing
to others) dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia
|
15
|
Communicating
|
a.
Meminta siswa
secara berkelompok memperkenalkan orang lain dengan bahasa Inggris di depan
kelas.
b.
Guru meminta
siswa secara individu memperkenalkan diri dengan bahasa Inggris, di dalam
kelas.
c.
Mengamati,
menilai, memotivasi, mengarahkan presentasi siswa
|
15 Menit
|
Penutup
|
a.
Guru dan siswa
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.
Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram.
c.
Memberikan
tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar
peserta didik.
d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
|
5 Menit
|
H.
Penilaian
1.
Jenis/ Teknik Penilaian : Unjuk Kerja (Speaking) dan
Writing
2.
Bentuk
Penugasan/Instrumen :
a.
Siswa diminta melengkapi sebuah teks rumpang tentang memperkenalkan
diri kepada orang lain
b.
Siswa mendemonstrasikan ungkapan perkenalan diri !
c.
Siswa secara berkelompok diminta membuat dialog tentang
memperkenalkan orang lain & mendemonstrasikannya
I. Pedoman Penskoran :
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Pengucapan
|
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu
makna
3 = ada beberapa kesalahan dan
mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu
makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga
sulit dipahami
|
|
2.
|
Intonasi
|
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu
makna
3 = ada beberapa kesalahan dan
mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu
makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga
sulit dipahami
|
|
3.
|
Kelancaran
|
5 = sangat lancar
4 = lancar
3 = cukup lancar
2 = kurang lancar
1 = tidak lancer
|
|
4.
|
Pilihan Kata
|
5 = sangat variatif dan tepat
4 = variatif dan tepat
3 = cukup variatif dan tepat
2 = kurang variatif dan tepat
1=
tidak variatif dan tepat
|
|
thank for sharing it.
ReplyDelete