RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMP
Kelas/Semester :
VII/1
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Topik :
Greeting and Introduction
Pertemuan ke :
1
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
A. Kompetensi
Dasar
2.1
Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri
dalam berkomunikasi dengan lingkungan
sosial disekitar rumah dan sekolah
dalam berkomunikasi dengan lingkungan
sosial disekitar rumah dan sekolah
3.1 Mengenal
berbagai cara berbeda dalam membuka percakapan
( menyapa, memperkenalkan diri, menginisiasi topic percakapan)
( menyapa, memperkenalkan diri, menginisiasi topic percakapan)
1.1 Membuka
dan menutup percakapan interpersonal dengan ungkapan bervariasi
melalui kegiatan menyimak dan berbicara
melalui kegiatan menyimak dan berbicara
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Menunjukkan motivasi untuk mengembangkan
kemampuan berbahasa Inggris
2.
Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk
menyapa dalam Bahasa Inggris (greeting)
3.
Melakukan tindak tutur menyapa dalam bahasa
inggris dengan percaya diri
4.
Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk
memperkenalkan diri dalam bahasa inggris (introduction)
5.
Melakukan tindak tutur memperkenalkan diri dalam
bahasa inggris
6.
Melakukan percakapan interpersonal dengan
menggunakan ungkapan sapaan melalui kegiatan terintegrasi menyimak dan
berbicara bahasa inggris
7.
Melakukan percakapan interpersonal dengan
menggunakan ungkapan perkenalan diri melalui kegiatan terintegrasi menyimak
berbicara bahasa inggris dengan percaya diri
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui contoh peserta didik dapat menggunakan
ungkapan sapaan ke dalam praktik berbicara
2.
Melalui contoh, peserta didik dapat menggunakan
ungkapan perkenalan diri ke dalam praktik berbicara bahasa inggris.
D. Materi Pembelajaran
1.
Ungkapan sapaan hello/hi, how are you?, how’s
life, good morning/afternoon/evening/night/nice to meet you
2.
Ungkapan perkenalan ciri : my name is……..you can
call me…….
3.
Kosakata yang berhubungan dengan aktivitas
sapaan dan perkenalan diri: thank you, I am fine, thanks, nice to meet you too.
E. Model
/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan scientific
2.
Strategi : observe, practice
3.
Metode : inquiry/ experiencial learning
F. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa
menggunakan bahasa inggri agar English environment dapat langsung tercipta di
pertemuan pertama.
·
Guru dapat menggunakan kalimat, ‘good morning,
student”.
·
Pastikan peserta
didik merespon dengan menjawab kembali “good morning teacher/sir/mam”.
·
Jika peserta
didik belum merespon jangan dulu melanjutkan pelajaran
·
Jika memungkinkan,
guru dapat bertanya ke beberapa anak secara individual untuk memastikan bahwa
peserta didik dapat merespon perkataan guru
|
10
menit
|
inti
|
Observing
·
Guru menjelaskan
bahan ungkapan yang dapat disampaikan ketika menanyakan kabar tentang
seseorang adalah “how are you”.
·
Saat ini
pertanyaan “how are you?” “ what about you”,”what about yourself/’, “and your
self?”
·
Oleh karena itu
diperkenalkan bahwa pertanyaan “How are you?” dapat dijawab dengan “I’m
feeling great”
Communicating
·
Peserta didik
mengulang-ulang pengucapan ‘how are you?” hingga pengucapannya benar.
·
Peserta didik
berlatih melakukan percakapan bersama rekan sebangkunya.
·
Guru dapat menjelaskan mengenai penggunaan
kalimat2 yang dapat digunakan ketika bertemu dengan orang lain, “ how are
you?”,”I’m fine, thank you, and you?”, I’m fine too.Thank you.”
·
Kalimat-kalimat
tersebut merupakan kalimat dasar yang
dapat digunakan ketika menyapa
seseorang.
·
Kata “sir”, yang
menandakan kita berbicara kepada seorang pria yang lebih dewasa dalam hal ini
guru laki-laki.
·
Untuk guru
laki-laki, selain kata “sir”, kita pun dapat menggunakan kata “mister” yang
diikuti nama keluarga, misalnya Mr.Ali Abu Bakar untuk Ali Abu Bakar.
·
Sedangkan untuk
guru perempuan kita dapat menggunakan kata
“mam” atau “Ms”.
·
Dalam penggunaan
kata sapaan untuk guru perempuan , kita dapat memberikan sedikit penjelasan
bahwa untuk panggilan kepada perempuan yang belum menikah, biasa kita sebut
dengan panggilan “Miss”.
·
Sedangkan untuk wanita yang telah menikah kita dapat
memanggilnya dengan kata “Mrs”, sedangkan untuk wanita yang masih belum
diketahui status pernikahannya kita dapat memanggilnya “Ms”
·
Dibeberapa
daerah yang sudah terbiasa dengan “Bapak” maupun “Ibu” , ungkapan-ungkapan
ini tidak salah tentunya. Penggunaan kata “Mister’ maupun “Miss” digunakan
dalam usaha untuk memunculkan English environment. Namun secara umum
panggilan yang digunakan untuk menyapa guru adalah “Mister” atau “Miss”
Experimenting
·
Guru mengenalkan
ragam ungkapan-ungkapan salam baik dalam situasi formal maupun situasi
informal.
·
Dalam bagian
ini, guru menjelaskan bahwa pertanyaan “How are you?” tidak selalu harus
dijawab dengan “I’am fine”.
·
Sebagian
pendapat mengatakan bahwa jawaban “I’m fine” merupakan salah satu bentuk
motivasi diri untuk selalu merasa sehat dan menularkan semangat yang ada
kesetiap orang walaupun mungkin sedang tidak terlalu baik.
·
Percakapan
pertama bercerita tentang kondisi anak yang merasa sakit kepala.
·
Percakapan kedua
bercerita tentang kondisi anak yang merasa flu.
·
Beberapa jenis
penyakit umum yang dapat diperkenalkan diantaranya :
stomachache,toothache,backache,flu/cold,cough.
|
30
Menit
30 menit
|
Penutup
|
·
Setelah mengikuti
kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya bagaimana perasaannya
(Refleksi).
·
Guru memberikan
pertanyaan untuk mengetahui apakan siswa sudah memahami topic tentang “Greeting
and introduction”.
·
Siswa diminta
membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
·
Siswa diberi
tugas kelompok untuk pembelajaran minggu depan untuk penilaian projek.
|
G.
Sumber/Media
Pembelajaran
1.
Sumber : Buku
Paket Siswa
2.
Media :
Audio/video, White board, board marker.
H.
Penilaian
smester 2 kelas 7 ada ga
ReplyDelete