Tweet |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SMP :
SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata
Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VIII/1
Tahun
Pelajaran :
2012-2013
Waktu :
4 x 45’ (2 kali pertemuan)
Standar
Kompetensi :
6.
Mengungkapkan makna dalam teks
tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar :
6.2 Mengungkapkan makna dan
langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
1.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat
1.
Membuat kalimat present tense
2.
Membuat
esei pendek sederhana berbentuk deskriptif tema bangunan2 terkenal didunia
Karakter siswa yang diharapkan:
1.
Dapat di percaya ( Trustworthines)
2.
Rasa Hormat dan Perhatian (Respect)
3.
Tekun (Diligence)
4.
Bertanggung Jawab (Responsibility)
5. Berani (Courage)
11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary berkaitan
dengan ciri2 khusus bangunan
tertentu : built, located, high, tall, dome, tower, park, wall, design,
huge, short, old, ancient, beautiful, paint, fence, pool, elegant, floor, etc
2. Sentences dan latihannya
Misal :
The Taj Mahal is located at Agra India
The Petronas Twin Tower has 110 floors
The Petronas Twin Tower is the highest
twin tower in the world
The Great Wall is the longest wall in
the world
3. Pola kalimat Present tense
No
|
subject
|
To be /
Verb 1 + s/es
|
Object
|
The Taj Mahal
The Great Wall
The Great wall
|
has
has
is
|
4 towers
2000 km
length
The
longest wall in the world
|
3.
Contoh teks description dan
langkah retorikanya
Langkah retorika
|
Contoh teks
|
Identification
|
The white house is located at 1600 Pennsylvania Avenue in
Washington D.C
|
Descriptions
|
It is a huge house where the president
of the USA stays and works during his time. People first recognize the building as the Presidential Palace .
|
III. Metode Pembelajaran
a.
Tanya jawab
b.
Diskusi
c.
P-P-P
IV.
Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan
Pendahuluan (Eksplorasi)
1. Siswa merespon pertanyaan guru agar
tercipta
suasana kekeluargaan
2.
Siswa merespon pertanyaan guru
tentang kehadiran
3. Berpartisipasi aktif dalam proses
pembelajaran
4. Guru mengajukan pertanyaan yang
mengaitkan
pengetahuan sebelumnya
dengan materi yang akan dipelajari
5. Menjelaskan tujuan pembelajaran
atau KD yang
akan dicapai
6. Menyampaikan cakupan materi dan
penilaiannya
b. Kegiatan Inti (Elaborasi)
1. Siswa dibagi
menjadi 10 kelompok
2. Siswa berdiskusi
tentang generic structure
teks deskripsi
3. Siswa berdiskusi
tentang Pola kalimat
present tense berdasarkan kartu
bergambar dibimbing oleh guru.
4. Siswa dalam tiap
kelompok bekerja sama
mencari ciri2 khusus dari gambar bangunan
yang diberikan
5. Siswa dalam tiap
kelompok bekerja sama
membuat kalimat present tense dengan
ciri2 khusus
bangunan yang ada dalam gambar
6. Siswa dalam tiap
kelompok bekerja sama
membuat kalimat present tense berdasarkan
10 gambar yang diberikan dalam waktu
5 menit
(maks tiap anggota membuat 2 kalimat)
7.
Siswa dan guru
mendiskusikan jawaban
c.
Kegiatan
Akhir(Konfirmasi)
1.
Siswa memperhatikan simpulan tentang
hal2 yang
diajarkan guru
2.
Siswa memberi refleksi/komentar tentang
hal-hal
dan telah dipahami maupun hal2
yang dipelajari baik yg menyenangkan
atau tidak
menyenangkan
3. Siswa diberi tugas terstruktur untuk
memamtapkan
kompetensi menulis
teks deskripsi
4.
Siswa memperhatikan harapan2 dan
nasihat yg
disampaikan guru
5.
Mempersiapkan materi yang akan
dibahas pada
pertemuan berikutnya.
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan ( LKS + English in
Focus 2 )
b. 10 kartu bergambar gedung /
tempat
terkenal di jawa barat dan di dunia
c.
20 gambar kartu bergambar aktivitas
d. Kamus
VI. Tugas terstruktur
Siswa membuat kalimat present tense
tentang bangunan sekolah
(5)
VII.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|
(famous building theme)
|
Tes tulis
|
Uraian
|
a.
Make
5 present tense sentence (school building theme)
b.
Make
short descriptive essay in famous building theme
|
- Pedoman Penilaian
Aspek
|
Skor
|
Keterangan
|
Langkah retorika
Tata Bahasa
Kosa kata
Kejelasan makna
Hubungan antar gagasan
|
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
|
Berstuktur sesuai jenis deskripsi secara maksimal
Berstuktur minimal sesuai jenis deskripsi
Pilihan teks tidak jelas
Tidak berstuktur dan sulit dipahami
Benar dan tepat
Tekadang kurang tepat tapi tidak mempengaruhi arti
Kurang tepat dan mempengaruhi arti
Sulit dimengerti
Benar dan tepat
Tekadang kurang tepat tapi tidak mempengaruhi arti
Kurang tepat dan mempengaruhi arti
Sulit dimengerti
Sangat jelas dan sangat efektif
Cukup jelas dan efektif
Jelas dan tidak efektif
Kurang jelas
Sangat jelas
Cukup jelas
Kurang jelas
Tidak jelas
|
Semoga bermanfaat, ditunggu komen nya ya...
ReplyDeleteit's so helpfull... thank you so much...
ReplyDelete