Tweet |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP :
SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata
Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VIII/1
Tahun
Pelajaran :
2012-2013
Waktu :
4 x 45’ (2 kali pertemuan)
Standar
Kompetensi :
Writing
6.
Mengungkapkan makna dalam teks
tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi
Dasar :
6.2 Mengungkapkan makna dan
langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
1.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat
1.
Membuat kalimat past tense
2.
Membuat
esei pendek sederhana berbentuk teks recount
Karakter siswa yang diharapkan:
1.
Dapat di percaya ( Trustworthines)
2.
Rasa Hormat dan Perhatian (Respect)
3.
Tekun (Diligence)
4.
Bertanggung Jawab (Responsibility)
5. Berani (Courage)
11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary berkaitan
dengan teks recount dengan tema
pengalaman pribadi : Holiday, visited, played,
fishing, bought, souvenir, swam, stayed, 2 days ago, last month, yesterday etc
2. Sentences dan latihannya
Misal :
I
was embarrassed to come out of my house
She
visited Bali two days ago
He
bought a lot of souvenirs at Jogyakarta
I
was very happy
3. Pola kalimat Past Tense
Tanpa kata kerja
Subject
|
Kata kerja bantu
/ To be
|
Adjective
|
Singular
|
||
I
|
was
|
sad
|
She
|
||
He
|
||
It
|
||
Plural
|
||
You
|
were
|
happy
|
We
|
||
They
|
Dengan Kata kerja
Subject
|
Verb 2
|
Object
|
Adv. Of time
|
I
|
visited
|
Borobudur
|
Last year
|
She
|
A year ago
|
||
He
|
Last two days
|
||
It
|
Two days ago
|
||
You
|
Yesterday
|
||
We
|
Last Monday
|
||
They
|
Last sunday
|
4. Contoh teks
description dan langkah retorikanya
Langkah retorika
|
Contoh teks
|
Orientation
|
I had my adolescence when I was
thirteen.
It started with acne that showed up
on my face.
|
Events
|
It was very
annoying. It lowered my self-esteem and I was embarrassed to come out of my
house and play with my friends.
Fortunately, my mum
gave me a good medicine. In three weeks, the acne started to vanish although those showed
some black spots in my face.
|
Reorientation
|
That was my bad experience with
adolescence though there were still lost of good experience too.
|
III. Metode Pembelajaran
a.
Tanya jawab
b.
Diskusi
c.
P-P-P
IV.
Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan
Pendahuluan (Eksplorasi)
1.
Siswa merespon pertanyaan guru
agar tercipta
suasana kekeluargaan
2.
Siswa merespon pertanyaan guru
tentang kehadiran
3.
Berpartisipasi aktif dalam proses
pembelajaran
4.
Guru mengajukan pertanyaan
yang mengaitkan
pengetahuan
sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari
5.
Menjelaskan tujuan pembelajaran
atau KD yang
akan dicapai
6.
Menyampaikan cakupan materi
dan penilaiannya
b. Kegiatan Inti (Elaborasi)
Pertemuan ke 1
Pertemuan ke 1
1. Siswa dibagi
menjadi 10 kelompok
2. Siswa berdiskusi
tentang generic
structure teks recount
3. Siswa berdiskusi
tentang Pola
kalimat
past tense berdasarkan
kartu bergambar dibimbing oleh guru.
4. Siswa dalam tiap
kelompok bekerja
sama menyusun kalimat acak menjadi
kalimat past tense yang
benar
5. Siswa dalam tiap kelompok
bekerja
sama membuat kalimat past tense
berdasarkan 10 gambar yang
diberikan dalam waktu 5 menit
(maks tiap anggota membuat 2 kalimat)
6. Siswa dalam tiap
kelompok bekerja
sama membuat kalimat sesuai dengan
urutan gambar yang benar
7.
Siswa dan guru
mendiskusikan jawaban
tema holiday/personal experience ( sesuai dgn
gambar yg diberikan) dengan jenis
kalimat past tense
Pertemuan ke 2
Siswa membuat karangan pendek teks recounttema holiday/personal experience ( sesuai dgn
gambar yg diberikan) dengan jenis
kalimat past tense
c.
Kegiatan
Akhir(Konfirmasi)
1.
Siswa memperhatikan simpulan
tentang hal2 yang
diajarkan guru
2.
Siswa memberi refleksi/komentar
tentang hal-hal
dan telah dipahami
maupun hal2 yang dipelajari baik
yg menyenangkan atau tidak
menyenangkan
3.
Siswa diberi tugas terstruktur
untuk memamtapkan
kompetensi
menulis teks deskripsi
4.
Siswa memperhatikan harapan2 dan
nasihat yg
disampaikan guru
5.
Mempersiapkan materi yang akan
dibahas pada
pertemuan berikutnya.
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan ( LKS + English in
Focus 2 )
b.
10 set kalimat acak
c.
20 gambar kartu bergambar aktivitas (past tense)
d.
4 set gambar ( teks recount) KLIK DISINI
VI. Tugas terstruktur
Siswa membuat kalimat past tense tentang pengalaman pribadi
(5)
(Download Soal Latihan Past Tense KLIK DISINI)
(Download Soal Latihan Past Tense KLIK DISINI)
VII.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|
|
Tes tulis
|
Uraian
|
a.
Make
5 past tence sentence
b.
Make
short recount essay
-
Holiday
experience
-
Diary
|
- Pedoman Penilaian untuk instrument
Aspek
|
Skor
|
Keterangan
|
Langkah retorika
Tata Bahasa
Kosa kata
Kejelasan makna
Hubungan antar gagasan
|
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
|
Berstuktur sesuai jenis recount secara maksimal
Berstuktur minimal sesuai jenis recount
Pilihan teks tidak jelas
Tidak berstuktur dan sulit dipahami
Benar dan tepat
Tekadang kurang tepat tapi tidak mempengaruhi arti
Kurang tepat dan mempengaruhi arti
Sulit dimengerti
Benar dan tepat
Tekadang kurang tepat tapi tidak mempengaruhi arti
Kurang tepat dan mempengaruhi arti
Sulit dimengerti
Sangat jelas dan sangat efektif
Cukup jelas dan efektif
Jelas dan tidak efektif
Kurang jelas
Sangat jelas
Cukup jelas
Kurang jelas
Tidak jelas
|
Created by Susilowati Handayani
INGIN MEMBACA RPP BAHASA INGGRIS BERKARAKTER KELAS 8 LAINNYA DENGAN BERBAGAI TEMA DAN ASPEK KEAHLIAN DIKEMAS DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG MENARIK DAN KREATIF klik disini
Terimakasih sudahh berkunjung
ReplyDeletesemoga bermanfaat
jangan lupa kasih komen ya...
Thanks ya share
ReplyDeletea bermanfaat...