Tweet |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP :
SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/2
Tahun Pelajaran :
2012-2013
Waktu : 2 x 40’ (1 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
Speaking
9. Mengungkap kan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar :
9.1.
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta,
memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan
mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan /
menerima / menolak sesuatu
I. Tujuan Pembelajaran :
Pada
akhir pembelajaran siswa dapat :
Mengungkapkan ungkapan meminta dan memberi
barang
Karakter siswa yang diharapkan:
1.
Dapat di percaya ( Trustworthines)
2.
Rasa Hormat dan Perhatian (Respect)
3.
Tekun (Diligence)
4.
Bertanggung Jawab (Responsibility)
5.
Berani (Courage)
II. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary : food and drink
Verb: Have, kind, give, want, like, take, let
Noun : milk, lemonade, coffee, tea, juice, cookies, hamburger,
pizza, hotdog, corndog,salad,
Noodle, rice,
fish, sandwich, soup
- Percakapan-percakapan yang memuat ungkapan ungkapan berikut
Taken from English in Focus 2 page 78 practice 6
|
Ida and Uni are walking home from school
Ida : It’s very hot today, isn’t it?
Uni: Yeah,it is. I wish I had a can of ice coke now.
Ida : Yeah, me too. Ups, here is my house, would you like to
come in?
Uni : Yes, thank very much
Ida : Please have a sit Uni
Uni : Thanks, Ida. Wow. It’s cold and cozy here.
Ida : I’ve turned on the AC. Anyway, would you like something to
drink?
Uni : Anything would be fine, as long as it is cold.
|
- Ungkapan2 meminta dan memberi barang
Expression
To ask for things,
|
Expression To Offer things,
|
Expression
To give things or something to someone,
|
Expression
To reject things or something
|
Can I
have……?
Would
you be so kind to give me…..?
|
Will
you have….?
Do
you want….?
Would
you like…..?
|
Take
this….?
Let
me give you….
|
No,
thank you
That’s
very kind, but I won’t, thank you
|
III. Metode Pembelajaran
- Learning Question
- Modelling
- Practice
- P-P-P
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan untuk pertemuan (Eksplorasi)
- Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta suasana kekeluargaan
- Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
- Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
- Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
- Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
- Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
- Kegiatan Inti (Elaborasi)
- Siswa bertanya tentang adapt/tradisi cara mengungkapkan ungkapan meminta dan memberi barang
- Siswa bertanya tentang dialog meminta dan memberi barang
- Siswa Membuat kalimat sederhana terkait jenis teks
- Siswa Berlatih menirukan guru mengucapkan ungkapan meminta dan memberi barang secara lisan
- Siswa berpasangan
- Setiap pasang mendapatkan 1 gambar clothes
- Siswa membuat dialog meminta dan memberi barang dan menggunakan kata benda sesuai gambar yang diberikan
- Siswa membawakan dialog secara berpasangan di muka kelas
- Kegiatan Akhir (Konfirmasi)
- Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang diajarkan guru
- Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal dan telah dipahami maupun hal2 yang dipelajari baik yg menyenangkan atau tidak menyenangkan
- Siswa diberi tugas terstruktur untuk memantapkan kompetensi
- Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg disampaikan guru
- Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
V. Sumber
Belajar
- Buku pegangan English in Focus 2
- Kamus
- Flash Card food and drink
VI. Tugas
Terstruktur
Siswa tampil
di muka kelas berdialog sesuai dengan tema
VII.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
|
Teknik Bentuk
|
Instrumen
|
|
Bertanya
dan menjawab tentang
meminta dan memberi barang
|
Performance
|
Perform s dialogue in front of the class showing how to ask and give things, use the
noun from card given
|
Pedoman Penilaian
- Jumlah skor maksimal persiswa 10
- Nilai = Skor perolehan x 10
Skor
maksimal
Rubrik Penilaian
Aspek
|
Skor
|
Uraian
|
Pengucapan
Tata
Bahasa
Kosakata
Kelancaran
Pemahaman
|
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
|
Mudah
dipahami walaupun dengan aksen tertentu
Ada
masalah pengucapan yang membuat pendengar harus konsentrasi penuh dan
kadang-kadang ada kesalahpahaman
Sulit
dipahami karena ada masalah pengucapan, sering diminta mengulang
Sering
terdapat masalah pengucapan sehingga tidak dapat dipahami
Kadang-kadang
membuat kesalahan tata bahasa tetapi tidak mempengaruhi makna
Sering
membuat kesalahan tata bahasa yang mempengaruhi makna
Banyak
kesalahan tata bahasa yang menghambat makna dan sering menata ulang kalimat
Kesalahan
tata bahasa begitu parah sehingga sulit dipahami
Kadang-kadang
mengucapkan kosa kata yang tidak tepat dan harus menjelaskan gagasan karena
kosa kata tidak memadai
Sering
menggunakan kosakata yang tidak tepat percakapan menjadi terbatas karena
keterbatasan kosa kata
Menggunakan
kosakata secara salah dan kosakata terbatas sehingga sulit dipahami
Kosakata
sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
Kelancaran
sedikit terganggu oleh masalah bahasa
Kesalahan
agak banyak terganggu oleh masalah
bahasa
Sering
ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan
bahasa
Terputus-putus
dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
Memahami
hamper semuanya walau ada pengulangan pada bagian tertentu
Memahami
sebagian besar apa yang dikatakan bila bicara agar diperlambat walau ada
pengulangan
Susah
mengikuti apa yang dikatakan Hanya memahami percakapan yang bersifat
sosialisasi dengan bicara lambat dan banyak pengulangan
Tidak
bisa memahami walaupun percakapan sederhana
|
Created by Susilowati Handayani
Lampiran : Flash Card Foods And Drinks
No comments:
Post a Comment