Tweet |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP :
SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas /
Semester : VIII/2
Tahun Pelajaran :
2012-2013
Waktu :
4 x 40’ (2 kali pertemuan)
Standar
Kompetensi :
Speaking
10.
Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional
dan monolog pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar :
10.1 Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berupa pengumuman
I. Tujuan
Pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
Mengungkapkan monolog sebuah
pengumuman
Karakter siswa yang diharapkan:
1.
Dapat di percaya ( Trustworthines)
2.
Rasa Hormat dan Perhatian (Respect)
3.
Tekun (Diligence)
4.
Bertanggung Jawab (Responsibility)
5.
Berani (Courage)
II. Materi
Pembelajaran
1. Vocabulary : School Competition
Noun
|
Adjectives
|
adverb
|
Sport, English, art, Arabic Kaligrafi, basketball,
competition, futsal,
|
Beautifully, strong, best,
|
Place, time, date, day, tomorrow,
|
Winner, students,class, activity
|
Verb
Winner, held, represent, send, follow,participate, open,
play,
|
|
2.Percakapan-percakapan ‘pengumuman’
SCHOOL SPORT
WEEK
School Sport
Week will be held tomorrow. All students must participate in the activity.
The kinds of sports which will be played in the activity are valley ball,
football, and chess. The headmaster opens it at 8 a.m
Cipeundeuy,
December 23rd 2013
The Committee
|
III. Metode
Pembelajaran
- Learning Question
- Modelling
- Practice
- P-P-P
IV. Langkah-Langkah
Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan untuk pertemuan
- Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta suasana kekeluargaan
- Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
- Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
- Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
- Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
- Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
- Kegiatan Inti
- Siswa memperhatikan contoh monolog pengumuman
- Siswa memperhatikan cara membuat teks monolog pengumuman
- Siswa menentukan jenis perlombaan sekolah yang akan diumumkan
- Siswa berdiskusi dalam pembuatan kalimat pengumuman per point dengan bimbingan guru
- Siswa menyerahkan hasil teks yang mereka buat dan mendapat koreksi dari guru
- Siswa berlatih menirukan guru mengucapkan ungkapan iklan sesuai dengan yang mereka buat.
- Siswa berlatih sendiri mengucapkan monolog iklan
- Siswa membawakan monolog pengumuman di muka kelas
- Kegiatan Akhir
- Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang diajarkan guru
- Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal dan telah dipahami maupun hal2 yang dipelajari baik yg menyenangkan atau tidak menyenangkan
- Siswa diberi tugas terstruktur untuk memantapkan kompetensi
- Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg disampaikan guru
- Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
V.
Sumber Belajar
- Buku pegangan English in Focus 2
- Kamus
- Toa
VI.
Tugas Terstruktur
Siswa
tampil di muka kelas berdialog sesuai dengan tema
VII.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
|
Teknik Bentuk
|
Instrumen
|
|
Monolog Iklan
|
Performance
|
Perform an announcement monologue in front of the
class in group
|
Rubrik Penilaian
Aspek
|
Skor
|
Uraian
|
Pengucapan
Tata
Bahasa
Kosakata
Kelancaran
Pemahaman
|
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
|
Mudah
dipahami walaupun dengan aksen tertentu
Ada
masalah pengucapan yang membuat pendengar harus konsentrasi penuh dan
kadang-kadang ada kesalahpahaman
Sulit
dipahami karena ada masalah pengucapan, sering diminta mengulang.
Sering
terdapat masalah pengucapan sehingga tidak dapat dipahami
Kadang-kadang
membuat kesalahan tata bahasa tetapi tidak mempengaruhi makna.
Sering
membuat kesalahan tata bahasa yang mempengaruhi makna.
Banyak
kesalahan tata bahasa yang menghambat makna dan sering menata ulang kalimat.
Kesalahan
tata bahasa begitu parah sehingga sulit dipahami.
Kadang-kadang
mengucapkan kosa kata yang tidak tepat dan harus menjelaskan gagasan karena
kosa kata tidak memadai.
Sering
menggunakan kosakata yang tidak tepat percakapan menjadi terbatas karena
keterbatasan kosa kata.
Menggunakan
kosakata secara salah dan kosakata terbatas sehingga sulit dipahami.
Kosakata
sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
Kelancaran
sedikit terganggu oleh masalah bahasa.
Kesalahan
agak banyak terganggu oleh masalah
bahasa.
Sering
ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan
bahasa.
Terputus-putus
dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
Memahami
hamper semuanya walau ada pengulangan pada bagian tertentu
Memahami
sebagian besar apa yang dikatakan bila bicara agar diperlambat walau ada
pengulangan.
Susah
mengikuti apa yang dikatakan Hanya memahami percakapan yang bersifat
sosialisasi dengan bicara lambat dan banyak pengulangan.
Tidak
bisa memahami walaupun percakapan sederhana
|
Created by Susilowati Handayani, SMPN 2 Cipeundeuy, KBB
No comments:
Post a Comment