RPP Berkarakter Bahasa Inggris Kelas 8 Semester 1, Aspek Reading, Teks Deskripsi


                          RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                  SMP                         : SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
                     Mata Pelajaran        : Bahasa Inggris
Kelas    / Semester   : VIII/1
Tahun Pelajaran       : 2009-2010
Waktu                        : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)



Standar Kompetensi :
    Reading
5. Memahami makna teks tulis fungsional  dan esei pendek sederhana  berbentuk descriptive
    danrecount  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.

Kompetensi Dasar :
5.3    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a.    Mengidentifikasi gagasan utama dari teks berbentuk deskripsi
b.    Menentukan gambaran umum dari teks
c.        Menentukan informasi yg tersurat
d.    Menentukan makna kata dari teks
e.    Menentukan tujuan komunikasi dari teks

11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary berkaitan dengan girrafe : mammal, 
    tall,spots,horn, lash,head,gallop,strong,legs
2. Spelling & Prononciation
3. Tujuan Komunikasi dari teks
4. Present Tense : A girrafe is a mammal
5. Contoh teks Deskripsi

Langkah  Retorika        Contoh Teks
Identification              A giraffe is a mammal.
Description                It’s about six meters tall. It eats leaves. It has a big brown eyes. They are protected by very thick lashes. The skin has many spots. The spots are brown. This coloring helps the giraffe from its enemy. It also has two short horns on its head.
      The giraffe has two methods of self protection. If something frightens an adult giraffe, it can gallop away at about fifty kilometer  per hour or stay to fight with its strong legs
III. Metode Pembelajaran
a.    Tanya jawab
b.    Diskusi
c.    P-P-P

IV.  Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.    Kegiatan Pendahuluan
1.    Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta
       suasana kekeluargaan
2.    Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
3.    Berpartisipasi aktif dalam proses  pembelajaran
4.    Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan 
       pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
5.    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
6.    Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya

b.    Kegiatan Inti
1.    Siswa membaca teks deskripsi selama 15 menit
2.    Siswa mencari kata-kata yang sulit dalam teks
3.    Siswa menemukan arti kata yang sulit
4.    Siswa mempelajari tujuan komunikatif dan 
       langkah retorika teks deskripsi
5.    Siswa membahas kalimat present tense
6.    Siswa menjawab pertanyaan bacaan

c.            Kegiatan Akhir
1.    Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang diajarkan guru
2.    Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal dan 
       telah dipahami maupun hal2 yang dipelajari baik yg 
       menyenangkan atau tidak menyenangkan
3.    Siswa diberi tugas terstruktur untuk memamtapkan kompetensi
4.    Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg disampaikan guru
5.    Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada 
       pertemuan berikutnya.



V.    Sumber dan Media Pembelajaran
       a. Buku teks relevan ( LKS + English in Focus 2 )
       b. Gambar yang relevan
       c. Kamus

VI.  Tugas terstruktur

        Siswa mengindetifikasi langkah retorika sebuah teks deskripsi dari buku2 B.Inggris di perpustakaan

VII. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi   
  
a.    Mengidentifikasi gagasan utama dari teks berbentuk deskripsi
b.    Menentukan gambaran umum dari teks
c.     Menentukan informasi yg tersurat
d.    Menentukan makna kata dari teks
e.    Menentukan tujuan komunikasi dari teks
  Penilaian
  Teknik    Bentuk   
  Tes Tulis      
Instrumen : Uraian
 a.    What is the main idea of Paragraph 2 ?
b.    What is the text talk about ?
c.    What is the colour of the giraffe spot?
d.    It can gallop away at….The underlined word means…
e.    What is the purpose of the text above?


a.    Rubrik Penilaian
      Score    Penilaian
  Isi benar, tata bahasa benar 
1    Isi benar, tata bahasa kurang tepat
0,5 Isi kurang tepat, tata bahasa kurang tepat
0    Isi salah, tata bahasa salah


b.    Pedoman Penilaian

1, Tiap nomor yang benar diberi nilai 2
2. Jumlah score maksimal 2 x 5 = 10
3. Perhitungan nilai akhir adalah sebagai berikut:
    Nilai akhir =  Perolehan score  x score ideal (10)
                              Total score maks

No comments:

Post a Comment