Tweet |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP : SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/1
Tahun Pelajaran : 2009-2010
Waktu : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
Reading
5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive
danrecount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar :
5.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Mengidentifikasi gagasan utama dari teks berbentuk deskripsi
b. Menentukan gambaran umum dari teks
c. Menentukan informasi yg tersurat
d. Menentukan makna kata dari teks
e. Menentukan tujuan komunikasi dari teks
11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary berkaitan dengan girrafe : mammal,
SMP : SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/1
Tahun Pelajaran : 2009-2010
Waktu : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
Reading
5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive
danrecount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar :
5.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Mengidentifikasi gagasan utama dari teks berbentuk deskripsi
b. Menentukan gambaran umum dari teks
c. Menentukan informasi yg tersurat
d. Menentukan makna kata dari teks
e. Menentukan tujuan komunikasi dari teks
11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary berkaitan dengan girrafe : mammal,
tall,spots,horn, lash,head,gallop,strong,legs
2. Spelling & Prononciation
3. Tujuan Komunikasi dari teks
4. Present Tense : A girrafe is a mammal
5. Contoh teks Deskripsi
Langkah Retorika Contoh Teks
Identification A giraffe is a mammal.
Description It’s about six meters tall. It eats leaves. It has a big brown eyes. They are protected by very thick lashes. The skin has many spots. The spots are brown. This coloring helps the giraffe from its enemy. It also has two short horns on its head.
The giraffe has two methods of self protection. If something frightens an adult giraffe, it can gallop away at about fifty kilometer per hour or stay to fight with its strong legs
2. Spelling & Prononciation
3. Tujuan Komunikasi dari teks
4. Present Tense : A girrafe is a mammal
5. Contoh teks Deskripsi
Langkah Retorika Contoh Teks
Identification A giraffe is a mammal.
Description It’s about six meters tall. It eats leaves. It has a big brown eyes. They are protected by very thick lashes. The skin has many spots. The spots are brown. This coloring helps the giraffe from its enemy. It also has two short horns on its head.
The giraffe has two methods of self protection. If something frightens an adult giraffe, it can gallop away at about fifty kilometer per hour or stay to fight with its strong legs
a. Tanya jawab
b. Diskusi
c. P-P-P
IV. Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta
suasana kekeluargaan
2. Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
3. Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
4. Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
5. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
6. Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
b. Kegiatan Inti
1. Siswa membaca teks deskripsi selama 15 menit
2. Siswa mencari kata-kata yang sulit dalam teks
3. Siswa menemukan arti kata yang sulit
4. Siswa mempelajari tujuan komunikatif dan
langkah retorika teks deskripsi
5. Siswa membahas kalimat present tense
6. Siswa menjawab pertanyaan bacaan
c. Kegiatan Akhir
1. Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang diajarkan guru
2. Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal dan
telah dipahami maupun hal2 yang dipelajari baik yg
menyenangkan atau tidak menyenangkan
3. Siswa diberi tugas terstruktur untuk memamtapkan kompetensi
4. Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg disampaikan guru
5. Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya.
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan ( LKS + English in Focus 2 )
b. Gambar yang relevan
c. Kamus
VI. Tugas terstruktur
Siswa mengindetifikasi langkah retorika sebuah teks deskripsi dari buku2 B.Inggris di perpustakaan
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
a. Mengidentifikasi gagasan utama dari teks berbentuk deskripsi
b. Menentukan gambaran umum dari teks
c. Menentukan informasi yg tersurat
d. Menentukan makna kata dari teks
e. Menentukan tujuan komunikasi dari teks
Penilaian
Teknik Bentuk
Tes Tulis
Instrumen : Uraian
a. What is the main idea of Paragraph 2 ?
b. What is the text talk about ?
c. What is the colour of the giraffe spot?
d. It can gallop away at….The underlined word means…
e. What is the purpose of the text above?
a. Rubrik Penilaian
Score Penilaian
2 Isi benar, tata bahasa benar
1 Isi benar, tata bahasa kurang tepat
0,5 Isi kurang tepat, tata bahasa kurang tepat
0 Isi salah, tata bahasa salah
b. Pedoman Penilaian
1, Tiap nomor yang benar diberi nilai 2
2. Jumlah score maksimal 2 x 5 = 10
3. Perhitungan nilai akhir adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = Perolehan score x score ideal (10)
Total score maks
No comments:
Post a Comment