Tweet |
Dear Diary |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP : SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/1
Tahun Pelajaran : 2009-2010
Waktu : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
Reading
5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive
dan recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar :
5.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
SMP : SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/1
Tahun Pelajaran : 2009-2010
Waktu : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
Reading
5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive
dan recount yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar :
5.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Menentukan gambaran umum dari teks
b. Menentukan informasi yg tersurat
c. Menentukan makna kata dari teks
d. Menentukan tujuan komunikasi dari teks
11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary berkaitan dengan Shanty’s diary
2. Spelling & Prononciation
3. Tujuan Komunikasi dari teks
4. Past Tense : I got a new friend.
5. Contoh teks
Langkah Retorika Contoh Teks
Orientation August 22nd, 2007
I got a new friend. Her name is lulu.
Event 1 I met her in my classmate’s house,Tari. She is her cousin. Lulu is twelve years old. She has twin sister. Her name is lala. Both of them are smart and beautiful. They can sing and dance beautifully. They also good in playing music instruments especially organ.
Event 2 I also talked to her mother. She is the best music teacher. She has popular music studio. Actually I want to be singer too.
Re orientation I was very happy they become my friends because I can learn singing, dancing and playing organ from them.
III. Metode Pembelajaran
a. Tanya jawab
b. Diskusi
c. P-P-P
IV. Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta suasana
kekeluargaan
2. Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
3. Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
4. Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan
2. Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
3. Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
4. Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
5. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
6. Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
b.Kegiatan Inti
1. Siswa membaca teks deskripsi selama 15 menit
2. Siswa mencari kata-kata yang sulit dalam teks
3. Siswa menemukan arti kata yang sulit
4. Siswa mempelajari tujuan komunikatif dan
5. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
6. Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
b.Kegiatan Inti
1. Siswa membaca teks deskripsi selama 15 menit
2. Siswa mencari kata-kata yang sulit dalam teks
3. Siswa menemukan arti kata yang sulit
4. Siswa mempelajari tujuan komunikatif dan
langkah retorika teks recount
5. Siswa membahas kalimat past tense
6. Siswa menjawab pertanyaan bacaan
c. Kegiatan Akhir
1. Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang
5. Siswa membahas kalimat past tense
6. Siswa menjawab pertanyaan bacaan
c. Kegiatan Akhir
1. Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang
diajarkan guru
2. Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal dan
2. Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal dan
telah dipahami maupun hal2 yang dipelajari baik yg
menyenangkan atau tidak menyenangkan
3. Siswa diberi tugas terstruktur untuk memantapkan kompetensi
4. Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg
3. Siswa diberi tugas terstruktur untuk memantapkan kompetensi
4. Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg
disampaikan guru
5. Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada
5. Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya.
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan ( LKS + English in Focus 2 )
b. Gambar yang relevan
c. Kamus
VI. Tugas terstruktur
Siswa mengindetifikasi langkah retorika dari buku B.Inggris di perpustakaan
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan ( LKS + English in Focus 2 )
b. Gambar yang relevan
c. Kamus
VI. Tugas terstruktur
Siswa mengindetifikasi langkah retorika dari buku B.Inggris di perpustakaan
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
a. Menentukan gambaran umum dari teks
b. Menentukan informasi yg tersurat
c. Menentukan makna kata dari teks
d. Menentukan tujuan komunikasi dari teks
Penilaian
Teknik Bentuk
b. Menentukan informasi yg tersurat
c. Menentukan makna kata dari teks
d. Menentukan tujuan komunikasi dari teks
Penilaian
Teknik Bentuk
Tes Tulis
Instrumen
Uraian
a. What is the text talk about ?
b. Who is shanty? Who is lulu ?
c. It can gallop away at….The underlined word means…
d. What is the purpose of the text above?
f. Rubrik Penilaian
Score Penilaian
2 Isi benar, tata bahasa benarc. It can gallop away at….The underlined word means…
d. What is the purpose of the text above?
f. Rubrik Penilaian
Score Penilaian
1 Isi benar, tata bahasa kurang tepat
0,5 Isi kurang tepat, tata bahasa kurang tepat
0 Isi salah, tata bahasa salah
g. Pedoman Penilaian
1, Tiap nomor yang benar diberi nilai 2
2. Jumlah score maksimal 2 x 5 = 10
3. Perhitungan nilai akhir adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = Perolehan score x score ideal (10)
Total score maks
Created by Susilowati Handayani SMPN 2 Cipeundeuy Kab.Bandung
No comments:
Post a Comment