Tweet |
SMP : SMP NEGERI 2 CIPEUNDEUY
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/2
Tahun Pelajaran : 2009-2010
Waktu : 2 x 40’ (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :
Reading
11. Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar :
11.2 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Menentukan gambaran umum dari teks short message
b. Menentukan informasi yg tersurat
c. Menentukan tujuan komunikasi dari teks short message
d. Menentukan referensi kata
11. Materi Pembelajaran
1. Vocabulary berkaitan dengan Teks dengan short message
2. Spelling & Prononciation
3. Tujuan Komunikasi dari teks
4. Contoh teks
Langkah Retorika Contoh Teks
Address Jalan Sriwijaya 2
Semarang 40252
29th July
Receiver Dear Miss Titik,
Body Selina wasn’t at school yesterday,
because she was at the dentist.
She had a toothace.
Closing Your sincerely
Signature H. Asbullah
Taken from English in Focus 2 page 120practice 3
III. Metode Pembelajaran
a. Tanya jawab
b. Diskusi
c. P-P-P
IV. Langkah –Langkah Kegiatan Pembelajaran,
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Siswa merespon pertanyaan guru agar tercipta
suasana kekeluargaan
b. Siswa merespon pertanyaan guru tentang kehadiran
c. Berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
d. Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
e. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
f. Menyampaikan cakupan materi dan penilaiannya
2. Kegiatan Inti
a. Siswa membaca teks undangan selama 15 menit
b. Siswa mencari kata-kata yang sulit dalam teks
c. Siswa menemukan arti kata yang sulit
d. Siswa mempelajari tujuan komunikatif dan langkah retorika teks
e. Siswa menjawab pertanyaan bacaan
3. Kegiatan Akhir
a. Siswa memperhatikan simpulan tentang hal2 yang diajarkan guru
b. Siswa memberi refleksi/komentar tentang hal-hal
dan telah dipahami maupun hal2 yang dipelajari baik
yg menyenangkan atau tidak menyenangkan
c. Siswa diberi tugas terstruktur untuk memantapkan kompetensi
d. Siswa memperhatikan harapan2 dan nasihat yg disampaikan guru
e. Mempersiapkan materi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya.
V. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku teks relevan ( LKS + English in Focus 2 )
b. Kamus
VI. Tugas terstruktur
Siswa mengindetifikasi langkah retorika teks pesan pendek
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
a. Menentukan gambaran umum dari teks
b. Menentukan informasi yg tersurat
c. Menentukan tujuan komunikasi dari teks
d. Menentukan referensi kata
Penilaian
Teknik : Tes Tulis
Bentuk: Uraian
Instrumen
Jalan Mataram 84
Semarang 40512
10th August
Dear Miss Titik,
Benu wasn’t at school last Friday, because he was ill. He had a temperature and sore throat
Your sincerely,
Ahmad Yusen
Questions:
1. What is the text talk about?
2. Who wasn’t at school last Friday?
3. What was the matter with him?
4. What is the purpose of the text?
5. …he was ill. He refer to…..
e. Rubrik Penilaian
Score Penilaian
2 Isi benar, tata bahasa benar
1 Isi benar, tata bahasa kurang tepat
0,5 Isi kurang tepat, tata bahasa kurang tepat
0 Isi salah, tata bahasa salah
f. Pedoman Penilaian
1, Tiap nomor yang benar diberi nilai 2
3. Perhitungan nilai akhir adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = Perolehan score x score ideal (10)
Total score maks
Created by Susilowati Handayani SMPN 2 Cipeundeuy KBB
No comments:
Post a Comment