Tips Menghilangkan Bau Badan

Penulis : Ikarowina Tarigan, www.mediaindonesia.com

BAU badan yang akrab dikenal dengan BB bisa menjadi penghalang Anda dalam bergaul. Selain mengurangi rasa percaya diri Anda, orang di sekitar Anda juga pastinya akan terganggu. Dari mana sebenarnya asal bau badan? Menurut Nathan Howe, M.D., Ph.D., seorang dokter dari Department of Dermatology at the Medical University of South Carolina College of Medicine, beberapa ilmuwan meyakini kalau bau badan, sama seperti usus buntu, merupakan sisa dari evolusi manusia. Bau yang berasal dari area tertentu tubuh kita, khususnya ketiak dan selangkangan, terang Howe, mungkin sebelumnya berperan sebagai salah satu daya tarik seksual kita. Akan tetapi, terang Howe, apapun fungsinya, bau badan ini bisa dicegah dan dihilangkan.

Anda mengalaminya dan merasa mengucapkannya lebih mudah daripada mengerjakannya? Cobalah langkah-langkah sederhana berikut, dan nikmati ksegaran tubuh Anda sendiri setelahnya.

Scrub. Cara ini paling sederhana dan pastinya Anda sudah tahu kalau cara mudah menghilangkan bau badan adalah dengan menggosok tubuh menggunakan sabun dan membersihkannya dengan air."Khususnya di area tubuh yang cenderung mengeluarkan bau seperti ketiak dan selangkangan," terang Kenzo Sato, M.D., professor of dermatology di the University of Iowa, seperti dikutip situs mothernature.

Menurut Sato, bau badan seringkali disebabkan oleh kombinasi keringat dan bakteri. Dan, menggosok dengan sabun dan air, terang dia, akan mengangkat dan membuang kedua penyebab bau badan tersebut.

Dan pilihan sabun terbaik adalah sabun deodoran yang bisa mencegah kembalinya bakteri. Frekuensi mandi atau scrub Anda bergantung pada zat kimia tubuh, aktivitas, dan mood Anda serta musim. Anda tentunya akan lebih berkeringat di musim kemarau yang panas dibandingkan dengan saat musim hujan. Jika Anda belum yakin, tanyalah teman Anda. Jangan lupa, kelenjar keringat dan bakteri tetap bekerja baik siang mapun malam hari. Artinya, Anda perlu mandi di pagi dan malam hari.

Jangan lupa cuci pakainan Anda. Mandi dan menggosok badan hingga kulit badan mengerut, tidak akan menjauhkan Anda dari bau jika pakaian Anda tidak dicuci."Memakai pakaian dalam yang sama selama 7 hari pastinya akan mengganggu orang lain juga," terang Lenise Banse, M.D., seorang pakar dermatologi dari the Henry Ford Hospital di Detroit, Michigan. Berapa sering Anda harus mengganti baju? Itu bergantung pada Anda sendiri. Jika sudah merasa tidak nyaman, gantilah baju Anda.

Pilihlah kain yang alami. Kain alami seperti katun, menyerap keringat dengan lebih baik dibandingkan bahan sintetis. Jika sudah diserap, maka keringat akan menguap dari kain yang Anda pakai.

Scrub anti bakteri. Kadang-kadang, mandi dengan sabun deodoran tidak bisa menghilangkan bau jika Anda berkeringat terlalu banyak. Dalam hal ini, terang Howe, pilihlah scrub anti bakteri. 

Lawan dengan antiprespirant. Menurut Hridaya Bhargava, Ph.D., professor of industrial pharmacy di the Massachusetts College of Pharmacy, deodoran yang dijual di pasaran biasanya efektif menutupi bau di ketiak pada sebagian besar orang. Deodoran ini mengandung zat kimia yang bisa membunuh bakteri penyebab bau badan. Tapi, jika deodoran tetap tidak bisa mengatasi masalah Anda, terang dia, Anda mungkin memerlukan antiprespirant.Antiprespirant merupakan obat yang berfungsi mengurangi jumlah keringat yang diproduksi tubuh. Banyak antiprespirant yang dijual di pasaran telah dipadukan dengan deodoran. Tapi, deodoran sendiri tidak bisa mengontrol jumlah keringat.

Hindari iritasi. Jika deodoran dan antiprespirant menimbulkan bintik-bintik merah di kulit, pilihlah krim antibiotik yang biasanya tersedia di toko obat."Krim ini berfungsi sama dengan deodoran, tapi tidak mengandung parfum yang bisa memicu iritasi," terang Randall Hrabko, M.D., seorang pakar dermatologi dari Los Angeles, California.

Perhatikan makanan Anda. Ekstrak protein dan minyak dari makanan dan bumbu tertentu yang Anda konsumsi akan tetap bertahan dalam sekresi selama berjam-jam setelah Anda makan dan bisa memicu bau badan. Makanan yang termasuk dalam golongan ini adalah ikan dan bawang putih.

Tetap tenang. Tertarik secara seksual, cemas atau gugup akan membuat Anda berkeringat lebih banyak. Jadi jika Anda akan menghadapi saat-saat yang membuat Anda cemas dan sangat sulit bagi Anda mengontrol kecemasan meskipun telah menarik napas dalam-dalam atau bermeditasi, ada baiknya melakukan tindakan pencegahan dengan memakai lebih banyak deodoran di pagi harinya.

Tomat. Kalau sudah mencoba segala cara tetapi belum berhasil juga. Mungkin Anda belum mencoba semuanya. Jus tomat merupakan cara alami menghilangkan bau pada anjing. Dan menurut Alice Kilpatrick, R.N., seorang perawat dari the Veterans Administration Hospital di Fort Lyon, Colorado, cara ini juga berlaku bagi manusia. Anda tidak perlu memenuhi tub Anda dengan jus tomat."Cukup taburkan 2 gelas jus tomat ke dalam air mandi Anda dan berendamlah selama 15 menit," terang dia


No comments:

Post a Comment