RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Kelas 7, Teks Lisan dan Tulis Sederhana utk Perkenalan Diri



By : Ali Abdurochman
SMPN 1 Cibugel
Rencana Pelaksanaan Pembelajaraan
Sekolah                        : SMP Negeri 1 Cibugel
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : VII/ 1
Materi Pokok               : Teks lisan dan tulis sederhana untuk perkenalan diri dan responnya
Alokasi Waktu             : 2 JP ( 2 X 40 Menit )
A. Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,   peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


http://2.bp.blogspot.com/-4WsiOSBbjMQ/UwiEn2XkHeI/AAAAAAAAAvw/unt5v-GtFtA/s1600/KURIKKULUM+2013.bmp
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
3.2
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
·      Mendapatkan informasi tentang ungkapan perkenalan diri serta responnya
·      Menentukan ungkapan perkenalan diri dan responnya
·      Mendapatkan informasi tentang struktur teks perkenalan diri
4.2
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan,   menanyakan, dan merespon perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
·      Melafalkan ungkapan perkenalan diri
·      Merespon ungkapan perkenalan diri dari orang lain
·      Mendemonstrasikan dialog perkenalan diri dan memperkenlkan orang lain
·      Membuat teks dialog sederhana tentang perkenalan diri dengan memperhatikan struktur dan unsur bahasa secara benar
2.1
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
·      Santun dalam melakukan komunikasi dengan guru/teman


C. Tujuan Pembelajaran :
1. Diberikan peragaan percakapan/monolog ungkapan perkenalan diri serta responnya, siswa dapat:
1.    Mendapatkan informasi tentang fungsi teks, struktur bahasa, dan unsur bahasa yang berkaitan dengan ungkapan perkenalan diri
2.    mendemonstrasikan ungkapan perkenalan diri.
2.      Diberikan percakapan acak dan teks rumpang tentang perkenalan diri, siswa dapat :
1.      menyusun dan mengungkapkan teks tulis dan lisan sederhana untuk menyatakan,  menanyakan, dan merespon perkenalan diri serta menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi.
2.      Melengkapi teks rumpang perkenalan diri dengan benar

D. Materi Pembelajaran :
1. Fungsi Sosial :
Memperkenalkan diri untuk menjalin hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
2. Struktur Teks :
Myname is ...,
I’m ...,
I live in ... ,
What’s your name?,
Where do you live?,
Nice  to meet you,
How do you do, ... dan semacamnya.
a. Pendahuluan            :  Salam pembuka
b. Isi                            :  Perkenalan diri kepada orang lain
c. Penutup                   :  Salam penutup
3. Unsur Bahasa :
·         Personal pronoun        :  I, You, He, She, They, We
·         Possesive pronoun       :  My, your, his, she, their, our
·         Intonasi                      
·         Pronounciation           

4. Contoh Ungkapan :
a.    Pendahuluan :
Good morning
Hello
Hi
I would like to introduce myself
This is Iwan
How do you do
b.    Isi
My name is Jamal Mirtad
This is my friend, Iwan
He is from Jakarta
He is a student in our school
His hobby is reading Quran
c.    Penutup
Nice to meet you
See you
See you later
5. Contoh Teks
Introduction

(Diadaptasi dari Buku Siswa Kelas VII “When English Rings a Bell” Hal. 25)
 
Teks Introducting Others :
A: Hi, Rika. This is my friend, Gina.
B: Hi, Gina. Nice to meet you.
C: Hi, Rika. Nice to meet you too.
B: Where are you from?
C: I'm from Brazil.
B: Ow, Welcome to Indonesia.
C: Yes, your country is very beautiful.
 
 


(Diadaptasi dari Buku Siswa Kelas VII “When English Rings a Bell” Hal. 28)


 



E.       Metode Pembelajaran :
Scientific Learning
F.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media                   : Slide Powerpoint, Gambar, Video percakapan perkenalan diri
Alat & Bahan       : Infocus, White board, Board marker
Sumber belajar     : Buku Paket Siswa kelas VII “When English Rings a Bell” , Gambar.

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Agenda Pembelajaran
Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
a.    Mengucapkan salam, menyapa siswa, mengecek kehadiran siswa dan berdoa.
b.    Memberikan motivasi dan apersepsi tentang materi pertemuan sebelumnya tentang : greeting, thanking, take leaving, apologizing
c.    Menginformasikan tujuan pembelajaran.
10 Menit 


Inti (Observing)
a.    Menampilkan/menyajikan video/rekaman tentang interaksi perkenalan diri.
b.    Guru mencatat/menilai aspek sikap dan kesungguhan/keaktifan siswa.
c.    Guru memberikan contoh/model interaksi perkenalan diri.
10 Menit
Questioning
Dengan bimbingan dan arahan guru,  siswa :
a.    menanyakan atau mempertanyakan antara lain perbedaan antara ungkapan perkenalan diri dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain.
b.    siswa menanyakan atau mempertanyakan ciri-ciri interaksi perkenalan diri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan)   
10 Menit
Exploring
a.    Secara individu siswa berlatih mendemonstrasikan untuk memperkenalkan diri
b.    Siswa dibagi dalam kelompok dengan 3 orang anggota, kemudian diminta melengkapi teks rumpang tentang memperkenalkan orang lain.
c.    Masih dalam kelompok, siswa berlatih memperkenalkan orang lain dalam kelompok tersebut baik secara lisan maupun tulisan.
d.   Guru mengamati dan menilai siswa yang melakukan role-play dan kegiatan lain yang terstruktur
15 Menit
Associating
a.      Membandingkan ungkapan greeting, leave-taking, dan perkenalan diri (introducing ourselves) yang telah
      dipelajari dengan teks meperkenalkan orang lain (introducing to others) yang sedang dipelajari.
b.     Membandingkan beberapa teks memeperkenalkan orang lain (introducing to others) dari sumber atau buku yang berbeda.
c.     Membandingkan ungkapan memeperkenalkan orang lain (introducing to others) dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia
15
Communicating
a.       Meminta siswa secara berkelompok memperkenalkan orang lain dengan bahasa Inggris di depan kelas.
b.      Guru meminta siswa secara individu memperkenalkan diri dengan bahasa Inggris, di dalam kelas.
c.       Mengamati, menilai, memotivasi, mengarahkan presentasi siswa
15 Menit
Penutup
a.       Guru dan siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.       Memberikan tugas, baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
d.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

5 Menit

H.      Penilaian
1.         Jenis/ Teknik Penilaian : Unjuk Kerja (Speaking) dan Writing
2.         Bentuk Penugasan/Instrumen :
a.    Siswa diminta melengkapi sebuah teks rumpang tentang memperkenalkan diri kepada orang lain
 

b.    Siswa mendemonstrasikan ungkapan perkenalan diri !
c.    Siswa secara berkelompok diminta membuat dialog tentang memperkenalkan orang lain & mendemonstrasikannya

I.     Pedoman Penskoran :


No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Pengucapan
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

2.
Intonasi
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

3.
Kelancaran
5 = sangat lancar
4 = lancar
3 = cukup lancar
2 = kurang lancar
1 = tidak lancer

4.
Pilihan Kata
5 = sangat variatif dan tepat
4 = variatif dan tepat
3 = cukup variatif dan tepat
2 = kurang variatif dan tepat
1= tidak variatif dan tepat


           

No comments:

Post a Comment