BELAJAR DARI BURUNG

Al-Quran merupakan kitab suci yang didalamnya banyak mengandung kisah dan pelajaran (ibrah) yang sangat berharga. Kisah atau kejadian itu meruupakan salah satu uslub dalam mendidik umat manusia.
Add caption
Diantara pelajaran yang bisa diambil dari al-Quran yaitu berhubungan dengan burung. Allah SWT beberapa kali menyebut dan menceritakan hewan ini dalam berbagai peristiwa. Dan dari peristiwa atau apa yang dilakukan oleh hewan ini telah menginspirasi manusia untuk melakukan sesuatu yang lebih baik. Dibawah ini terdapat beberapa kisah atau pelajaran dari burung:

Pertama, Berkaitan dengan seekor burung gagak yang menggali tanah untuk memperlihatkan kepada Qabil bagaimana seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Setelah membunuh saudaranya Qabil membawa mayatnya kemana-mana karena tidak tahu apa yang harus dilakukannya. Sampai kemudian Allah SWT mengirimkan dua ekor burung gagak yang berkelahi. Salah satunya mati, dan yang hidup menggali tanah dengan cakarnya untuk menguburkan bangkai burung yang dibunuhnya. Ini dijelaskan dalam surat Al-Maidah (5) ayat 31. Setelah Qabil melihat burung gagak menguburkan kawannya, ia pun menggali kubur bagi saudaranya dan menutupinya dengan tanah.

Kedua, berkaitan dengan penemuan pesawat terbang yang terinspirasi oleh burung sebagaimana firman Allah SWT dalam surat An-Nahl (16) ayat 79.
Penelitian tentang burung mengungkapkan bahwa ia dirancang khusus untuk terbang. Tubuhnya diciptakan dengan kantung udara dan tulang brongga untuk mengurangi massa tubuh dan berat keseluruhan. Sifat cairan kotorannya memastikan agar kelebihan air dalam tubuhnya dibuang. Bulu2nya berbobot sangat ringan bila dibandingkan dengan volumenya. Bulu2 dengan atribut2nya itu menahan mereka di udara. Sedangkan sayap aerodinamis dan metabolisme merespon kebutuhan energinya. Sifat2 ini adalah beberapa bukti bahwa burung adalah desai produk yang bisa dicontoh.
Kemudian instrumen tersebut dipakai para ilmuwan untuk membuat pesawat. Mereka meniru kesimbangan bobot dan tenaga pendorong yang digunakan burung dan memperhatikan sistem aerodinamisnya. Sehingga dengan percobaan bertahun2, akhirnya ditemukan kendaraan yang mirip burung.

Ketiga, diantara kisah dan kejadian unik tentang burung yang ditayangkan Al-Quran adalah kisah burung hud2 dnegan Nabi Sulaiman as. Burung ini telah melakukan kerja pengintaian terhadap aktivitas suatu kaum yang kemudian ditiru dalam aktivitas spionase dewasa ini. kerja burung ini dijelaskan dalam surat An-Naml (27) ayat 22 dan 23.

Deretan ayat di atas menjelaskan kekuasaan Allah SWT melalui burung. Peristiwa tersebut memberikan kesadaran dan dorongan bagi manusia untuk mendapatkan pelajaran yang berharga. Terbukti, rahasia keajaiban burung itu kemudian dikuak oleh berbagai penelitian modern dengan akurasi yang benar. lalu, hasil penelitian itu disebut ilmu pengetahuan. Ini membuktikan bahwa apa yang diungkap oleh al-Quran dipastikan ada rahasia dibalik pengungkapan itu.

Sumber : Bahrul Ulum Suara Hidayatulloh

No comments:

Post a Comment