CARA JITU MEMOTIVASI SISWA BELAJAR DI DALAM KELAS

Hai Assalamua'alikum Wr. Wb. Sahabat....

Tentunya Bapak dan Ibu Guru tidak suka melihat siswa yang menguap saat belajar didalam kelas, tapi jangan buru2 menyalahkan siswa tsb mungkin cara mengajar kita yang membuat mereka mengantuk. Berikut ini beberapa cara agar siswa semangat dalam belajar dan tentu saja bebas kantuk.


TETAPKAN TUJUAN BELAJAR BESERTA PENILAIAN 

Sebelum kita menjelaskan wajib loh kita memberitahu siswa tujuan belajar serta cara penilaian di akhir pembelajaran.
Contoh: Writing Menulis
Tujuan Pembelajaran di akhir pembelajaran siswa dapat menyusun kata acak menjadi kalimat Present Tense yang benar dengan tema Animal.
Di akhir siswa akan diberikan test tertulis berupa 5 soal menyusun kata acak menjadi kalimat yang benar. Jika siswa menjawab dengan benar setiap 1 soal mempunyai bobot nilai 20 point.
   
BERIKAN REWARD DAN PUNISHMENT
Siswa yang mengikuti proses kegiatan belajar dengan baik akan diberikan hadiah dan siswa yang tidak mengikuti dengan baik ( bermain saat KBM) akan diberikan hukuman.
Contoh : Siswa dibagi menjadi beberapa grup.
Tiap grup yang mendapat skor terbesar akan mendapatkan hadiah ( tidak perlu mahal, bbrp buah permen saja cukup), sedangkan untuk grup yang mendapat skor terendah harus bernyanyi di depan kelas. 

BERIKAN SIMBOL PEROLEHAN DAN PENGURANGAN NILAI
Selama kegiatan belajar berlangsung berikan penghargaan kepada grup/siswa yang mengikuti pelajaran dengan baik berupa simbol yang dapat berupa nilai yang ditulis di papan tulis atau dengan pemberian simbol tertentu ( misalnya potongan2 kertas berbentuk bintang). Dengan cara ini biasanya siswa termotivasi untuk menyimak pelajaran.
Sedangkan untuk grup/siswa yang tidak mengikuti pelajaran akan mendapat hukuman berupa pengurangan nilai/ tanda bintang   

Selamat Mencoba....

Created by Susilowati Handayani
                  


No comments:

Post a Comment