Membuat Sendiri Alat Peraga Untuk Mengajar Speaking Shopping

Assalamualaikum.....

Mengajar dengan menggunakan alat peraga yang menarik akan membantu bapa/ibu guru untuk  mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Selain itu point penting lainnya yang bisa diraih adalah menumbuhkan ketertarikan / motivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran serta memudahkan siswa untuk memahami materi yang disampaikan bapa/ibu guru.
Berbagai alat peraga bisa dibuat sendiri oleh bapa dan ibu guru,untuk mengajar Speaking Shopping saya merubah kelas menjadi sebuah pasar kecil yang terdiri dari 4 toko, (Fruitstall, Stationary Shop, Clothes Shop and Cafe). Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap siswa secara berkelompok akan melakukan dialog shopping. berikut alat peraga yang dibutuhkan:


Alat peraga pertama Untuk setiap toko saya membuat 20 gambar barang berserta label harganya ( gambar bisa diperoleh dari majalah, internet atau bahkan menggambar sendiri).
Contoh : Nama Toko : Cafe
               
Contoh : Nama Toko : Fruitstall






    

Alat peraga kedua yang dibutuhkan adalah Shopping List. Tiap kelompok ( 8 orang) akan menerima sebuah shopping list yang berisi 8 macam barang yang harus dibeli di 4 toko.
Contoh Shopping List

Alat peraga ketiga yang dibutuhkan adalah uang dollar mainan yang dibuat sesuai kebutuhan
Contoh : Uang Dollar Mainan  
Gambar uang dapat di download dari internet, kemudian difotokopi ke kertas berwarna

By Susilowati Handayani

2 comments:

  1. assalamu'alaikum, hi aisah ! i'd like to introduce me because I'd like to know you more. I think you're a creatif english teacher. I like you. See you next time, wassalam. dedekosimharyadi_banjar_jabar

    ReplyDelete