RPP Kurikulum 2013 Bahasa Inggris Kelas 7 Speaking Greeting



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
http://kerjaonline-aisah.blogspot.com
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Topik : Greeting and Introduction
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit




A.      Kompetensi Dasar
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri
      dalam berkomunikasi dengan lingkungan
      sosial disekitar rumah dan sekolah
3.1 Mengenal berbagai cara berbeda dalam membuka percakapan
      ( menyapa, memperkenalkan diri, menginisiasi topic percakapan)
1.1 Membuka dan menutup percakapan interpersonal dengan ungkapan bervariasi
      melalui kegiatan menyimak dan berbicara

B.       Indikator Pencapaian  Kompetensi
1.       Menunjukkan motivasi untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris
2.       Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk menyapa dalam Bahasa Inggris (greeting)
3.       Melakukan tindak tutur menyapa dalam bahasa inggris dengan percaya diri
4.       Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk memperkenalkan diri dalam bahasa inggris (introduction)
5.       Melakukan tindak tutur memperkenalkan diri dalam bahasa inggris
6.       Melakukan percakapan interpersonal dengan menggunakan ungkapan sapaan melalui kegiatan terintegrasi menyimak dan berbicara bahasa inggris
7.       Melakukan percakapan interpersonal dengan menggunakan ungkapan perkenalan diri melalui kegiatan terintegrasi menyimak berbicara bahasa inggris dengan percaya diri

C.      Tujuan Pembelajaran
1.       Melalui contoh peserta didik dapat menggunakan ungkapan sapaan ke dalam praktik berbicara
2.       Melalui contoh, peserta didik dapat menggunakan ungkapan perkenalan diri ke dalam praktik berbicara bahasa inggris.

D.      Materi  Pembelajaran
1.       Ungkapan sapaan hello/hi, how are you?, how’s life, good morning/afternoon/evening/night/nice to meet you
2.       Ungkapan perkenalan ciri : my name is……..you can call me…….
3.       Kosakata yang berhubungan dengan aktivitas sapaan dan perkenalan diri: thank you, I am fine, thanks, nice to meet you too.

E.       Model /Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan scientific
2.       Strategi : observe, practice
3.       Metode : inquiry/ experiencial learning


F.       Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
 Waktu
Pendahuluan
·         Guru  masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa inggri agar English environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
·         Guru  dapat menggunakan kalimat, ‘good morning, student”.
·         Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “good morning teacher/sir/mam”.
·         Jika peserta didik belum merespon jangan dulu melanjutkan pelajaran
·         Jika memungkinkan, guru dapat bertanya ke beberapa anak secara individual untuk memastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru
10
menit
inti
Observing
·         Guru menjelaskan bahan ungkapan yang dapat disampaikan ketika menanyakan kabar tentang seseorang adalah “how are you”.
·         Saat ini pertanyaan “how are you?” “ what about you”,”what about yourself/’, “and your self?”
·         Oleh karena itu diperkenalkan bahwa pertanyaan “How are you?” dapat dijawab dengan “I’m feeling great”

Communicating

·         Peserta didik mengulang-ulang pengucapan ‘how are you?” hingga pengucapannya benar.
·         Peserta didik berlatih melakukan percakapan bersama rekan sebangkunya.
·         Guru  dapat menjelaskan mengenai penggunaan kalimat2 yang dapat digunakan ketika bertemu dengan orang lain, “ how are you?”,”I’m fine, thank you, and you?”, I’m fine too.Thank you.”
·         Kalimat-kalimat tersebut merupakan  kalimat dasar yang dapat digunakan  ketika menyapa seseorang.
·         Kata “sir”, yang menandakan kita berbicara kepada seorang pria yang lebih dewasa dalam hal ini guru laki-laki.
·         Untuk guru laki-laki, selain kata “sir”, kita pun dapat menggunakan kata “mister” yang diikuti nama keluarga, misalnya Mr.Ali Abu Bakar untuk Ali Abu Bakar.
·         Sedangkan untuk guru perempuan kita dapat menggunakan kata  “mam” atau “Ms”.
·         Dalam penggunaan kata sapaan untuk guru perempuan , kita dapat memberikan sedikit penjelasan bahwa untuk panggilan kepada perempuan yang belum menikah, biasa kita sebut dengan panggilan “Miss”.
·         Sedangkan  untuk wanita yang telah menikah kita dapat memanggilnya dengan kata “Mrs”, sedangkan untuk wanita yang masih belum diketahui status pernikahannya kita dapat memanggilnya “Ms”
·         Dibeberapa daerah yang sudah terbiasa dengan “Bapak” maupun “Ibu” , ungkapan-ungkapan ini tidak salah tentunya. Penggunaan kata “Mister’ maupun “Miss” digunakan dalam usaha untuk memunculkan English environment. Namun secara umum panggilan yang digunakan untuk menyapa guru adalah “Mister” atau “Miss”

Experimenting

·         Guru mengenalkan ragam ungkapan-ungkapan salam baik dalam situasi formal maupun situasi informal.
·         Dalam bagian ini, guru menjelaskan bahwa pertanyaan “How are you?” tidak selalu harus dijawab dengan “I’am fine”.
·         Sebagian pendapat mengatakan bahwa jawaban “I’m fine” merupakan salah satu bentuk motivasi diri untuk selalu merasa sehat dan menularkan semangat yang ada kesetiap orang walaupun mungkin sedang tidak terlalu baik.
·         Percakapan pertama bercerita tentang kondisi anak yang merasa sakit kepala.
·         Percakapan kedua bercerita tentang kondisi anak yang merasa flu.
·         Beberapa jenis penyakit umum yang dapat diperkenalkan diantaranya : stomachache,toothache,backache,flu/cold,cough.

30
Menit










30 menit
Penutup
·         Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya bagaimana perasaannya (Refleksi).
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakan siswa sudah memahami topic tentang “Greeting and introduction”.
·         Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
·         Siswa diberi tugas kelompok untuk pembelajaran minggu depan untuk penilaian projek.


G.       Sumber/Media Pembelajaran
1.        Sumber : Buku Paket Siswa
2.        Media : Audio/video, White board, board marker.

H.       Penilaian




No comments:

Post a Comment