| Tweet | 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan  :
SMP
Kelas/Semester  :
VII/1
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Topik :
Berpamitan(farewell)
Pertemuan ke :
2
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
A.      Kompetensi
Dasar
2.1
Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan
lingkungan sosial disekitar rumah dan sekolah
3.1 Mengenal
berbagai cara berbeda dalam membuka percakapan ( berpamitan, menginisiasi topic
percakapan)
1.1 Membuka dan
menutup percakapan interpersonal dengan ungkapan bervariasi melalui kegiatan
menyimak dan berbicara
B.       Indikator Pencapaian  Kompetensi
1.      
Menunjukkan motivasi untuk mengembangkan
kemampuan berbahasa Inggris
2.      
Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk
berpamitan dalam Bahasa Inggris 
3.      
Melakukan tindak tutur menyapa dalam bahasa
inggris dengan percaya diri
4.      
Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk
berpamitani dalam bahasa inggris (farewell)
5.      
Melakukan tindak tutur berpamitan dalam bahasa
inggris
6.      
Melakukan percakapan interpersonal dengan
menggunakan ungkapan berpamitan melalui kegiatan terintegrasi menyimak dan
berbicara bahasa inggris
7.      
Melakukan percakapan interpersonal dengan menggunakan
ungkapan berpamitan melalui kegiatan terintegrasi menyimak berbicara bahasa
inggris dengan percaya diri
C.      Tujuan
Pembelajaran
1.      
Melalui contoh peserta didik dapat menggunakan
ungkapan berpamitan ke dalam praktik berbicara
2.      
Melalui coontoh, peserta didik dapat menggunakan
ungkapan berpamitan ke dalam praktik berbicara bahasa inggris.
D.      Materi  Pembelajaran
1.      
Ungkapan berpamitan 
expression 
 | 
  
Response 
 | 
 
Good bye 
Bye 
Bye bye 
See you 
Cheerio 
Take care 
So long 
Farewell 
I really have to go now 
Sorry I have to go 
 | 
  
Good bye 
Bye 
Bye bye  
see you 
cheerio 
take care 
so long 
farewell 
ok, take care 
ok, bye 
 | 
 
2.      
Kosakata yang berhubungan dengan aktivitas berpamitan
: bye, farewell, go, ok, take care, see you, so long
E.       Model
/Metode Pembelajaran
1.      
Pendekatan scientific
2.      
Strategi : observe, practice
3.      
Metode : inquiry/ experiencial learning
F.       Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan 
 | 
  
Deskripsi Kegiatan 
 | 
  
Alokasi 
 Waktu 
 | 
 
Pendahuluan 
 | 
  
·        
  Guru  masuk ke kelas dan langsung menyapa
  menggunakan bahasa inggris agar English environment dapat langsung tercipta
  di pertemuan pertama, setelah itu guru menceritakan cerita tentang temannya yang
  pada tadi pagi kembali pulang ke desanya setelah selama 3 hari menginap
  dirumahnya untuk berlibur. 
·        
  Guru menggunakan
  kalimat, ‘good bye, see you soon”. Ketika berpisah dengan temannya 
·        
  Pastikan peserta
  didik memperhatikan guru dan guru menanyakan apakah siswa pernah berpamitan 
·        
  Jika peserta
  didik belum merespon jangan dulu melanjutkan pelajaran 
·        
  Jika
  memungkinkan, guru dapat bertanya ke beberapa anak secara individual untuk
  memastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru 
 | 
  
10 
menit 
 | 
 
inti 
 | 
  
Observing 
·        
  Guru membagi
  siswa dalam beberapa kelompok. 
·        
  Guru menjelaskan  bahan ungkapan yang dapat disampaikan
  ketika  berpamitan dgn seseorang adalah““good
  bye, bye bye, so long, take care, ”etc.” dapat dijawab dengan “good bye, bye
  bye, so long, take care” etc 
·        
  Siswa memperhatikan
  ungkapan berpamitan dalam berbagai situasi yang disajikan dalam bentuk penayangan
  film  
Communicating 
·        
  Peserta didik
  mengulang-ulang pengucapan ‘“good bye, bye bye, so long, take care, ”etc.”
  hingga pengucapannya benar. 
·        
  Peserta didik
  berlatih melakukan percakapan bersama rekan sebangkunya. 
·        
  Guru  dapat menjelaskan mengenai penggunaan
  kalimat2 yang dapat digunakan ketika berpamitan dengan orang lain ““good bye,
  bye bye, so long, take care, ”etc.” 
·        
  Kalimat-kalimat
  tersebut merupakan  kalimat dasar yang dapat
  digunakan  ketika berpamitan dgn
  seseorang. 
·        
  Guru dapat
  menjelaskan mengenai situasi  ketika
  menggunakan kalimat berpamitan.” I  really
  have to go now”, diucapkan ketika seseorang sedang terburu-buru  
·        
  Kalimat, “Sorry,
  I have to go” diucapkan seseorang dalam situasi formal dan sedang
  terburu-buru 
·        
  Dalam menjawab kata/kalimat
  berpamitan tergantung dengan situasi formal atau informal, untuk informal
  bisa menjawab dengan kata yang sama ““good bye, bye bye, so long, take care”
  etc  
·        
  Sedangkan  untuk  situasi formal dapat dijawab dengan “ ok , take
  care”, “bye, thank you for your time”  
Experimenting 
·        
  Guru memberikan role
  card kepada tiap kelompok 
·        
  Tiap kelompok
  menerima role card yang berbeda, 
·        
   Siswa membaca dan memahami perintah yang ada
  didalam role card 
·        
  Siswa
  harus berekperimen membuat kalimat berpamitan dan menampilkannya  di depan kelas disesuaikan dengan perintah
  yang ada dalam role card 
 | 
  
30 
Menit 
30 menit 
 | 
 
Penutup 
 | 
  
·        
  Setelah
  mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya bagaimana
  perasaannya (Refleksi). 
·        
  Guru memberikan
  pertanyaan untuk mengetahui apakan siswa sudah memahami topic tentang
  “farewell”. 
·        
  Siswa diminta membuat
  kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini. 
·        
  Siswa diberi
  tugas kelompok untuk pembelajaran minggu depan untuk penilaian projek. 
 | 
  
G.      
Sumber/Media
Pembelajaran
1.       
Sumber : Buku
Paket Siswa
2.       
Media : video,
White board, board marker, role card
H.      
Penilaian
Rubrik Penilaian KLIK DISINI

No comments:
Post a Comment