Karakteristik Pendekatan Kontekstual


1. Pembelajaran  merupakan proses pengaktifan pengetahuan yang sudah ada (activiting knowledge), artinya pada yang akan dipelajari tidak terlepas dari pengetahuan yang sudah dipelajari.

2. Pembelajaran yang kontekstual adalah belajar dalam rangka memperoleh dan menambah pengetahuan baru (acquiring knowledge).Pengetahuan baru itu diperoleh dengan cara deduktif, artinya pembelajaran dimlai dengan mempelajari secara keseluruhan kemudian memperhatikan detailnya.

3. Pemahaman pengetahuan (understanding knowledge) artinya pengetahuan yang diperoleh bukan untuk dihafal tetapi untuk dipahami dan diyakini , misalnya dengan cara meminta tanggapan dari yang lain tentang pengetahuan yand diperolehnya dan berdasarkan tanggapan tersebut baru pengetahuan itu dikembangkan.
4. Mempraktikan pengetahuan dan pengalaman tersebut (applying knowlegde), artinya pengetahuan dan pengalaman yang diperolehnya harus dapat diaplikasikan dalam kehidupan siswa sehingga tampak perubahan perilaku siswa.

5. MElakukan refleksi (Reflecting knowledge) terhadap strategi pengembangan pengetahuan. Hal ini dilakukan sebagai umpan balik untuk proses perbaikan dan penyempurnaan strategi.

No comments:

Post a Comment