ADAB-ADAB BERBICARA

 
Assalamu'alaikum warohmatullah
 Bismillah.. 
1. Selalu mengarahkan pada hal-hal yang baik. Rosulullah shollallahu alaihi wa sallam bersabda, ''Barangsiapa yang beriman kepada ALLAH dan hari akhirat, hendaklah ia berkata yang baik atau diam''. (Mutafaq alaih) 

2. Menjauhkan diri dari pembicaraan yang bercampur kebatilan. Abdullah bin Mas'ud berkata. ''Kesalahan manusia yang paling besar pada hari kiamat nanti adalah yang paling banyak campur baurnya dalam kebatilan. 

 3. Jauhilah hal-hal yang mendatangkan pertengkaran dan perkelahian walaupun dalam kondisi benar. Rosulullah shollallahu alaihi wa sallam bersabda, ''Saya menjamin sebuah rumah di dalam surga bagi orang yang meninggalkan pertengkaran walaupun dalam kondisi benar.'' (HR.Abu Dawud)

 4. Tidak berlebih-lebihan dalam berbicara. Rosulullah shollallahu alaihi wa sallam bersabda, ''Sesungguhnya orang yang paling aku benci dan jauh dariku pada hari kiamat adalah para penceloteh, orang yang banyak bicara tanpa teliti dan orang yang berbicara dengan sombong''. (HR.Tirmidzi) 

 5. Diam tatkala ada orang yang sedang berbicara dan tidak memotong pembicaraannya. Tidak main-main dan tidak memalingkan pandangan darinya. Rosulullah shollallahu alaihi wa sallam bersabda dalam haji Wada'nya, ''Maka diamkanlah manusia''. (mutafuq alaih) 

 6. Waspada terhadap ghibah, karena banyaknya madharat yang timbul darinya. ALLAH Subhanahu wa ta'ala telah melarang berbuat ghibah sebagaimana tercantum dalam firman-NYA, ''Dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati. Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya.'' (AL-Hujurat : 12) 

 7. Menjauhkan diri dari sifat namimah, yaitu menyebarkan perkataan di antara manusia dengan tujuan merusak. Rosulullah shollallahu alaihi wa sallam bersabda, ''Tidak masuk surga para penyebar fitnah''. (HR.Muslim)

Sumber : Cahaya Iman Wanita Sholehah.facebook

No comments:

Post a Comment